Cara Cepat Menghilangkan Dempul Yang Tebal Pada Tangki Motor

Cara menghilangkan dempul yang tebal pada tangki motor - Hallo dulur... Belakangan ini banyak yang mencoba mengecat body motor sendiri atau hanya clear ulang body motor untuk membuatnya kinclong kembali tanpa menghilangkan warna aslinya. Bukanya tanpa alasan, jika dilakukan sendiri tentu akan menghemat biaya restorasi dibeberapa bengkel body repair.

Proses pengecatan sendiri bisa dilakukan dengan dua metode yakni pakai pilox yang lebih simpel atau cat kompresor dengan hasil yang setara dengan kualitas pabrik. Meski pengecatanya dengan alat spray gun namun jika penggunaan cat yang biasa tentu hasil yang didapat juga kurang maksimal, jadi bila mengingkan pengecatan yang kilap basah tahan lama sebaiknya gunakan bahan auto refinis jenis PU poly urethane.

Proses pengecatan mungkin tak luput dengan yang namanya dempul, dimana berfungsi untuk meratakan objek akibat mengalami penyok atau sekedar baret yang tidak bisa hilang meski telah dicat berulang. Namun tahukah kamu jika pendempulan sering dilakukan tentu akan semakin menebal dan terlihat kurang menarik meski catnya sudah kinclong.

Jika ingin membuatnya tipis kembali tentu dempul yang sudah tebal tersebut perlu di kerok agar body tersebut kembali terlihat tipis setelah dicat. Namun tahu kah kamu dempul yang sudah kering terlalu lama teksturnya akan kerang seperti batu sehingga akan susah di 

kupas dengan alat seadanya, dibutuhkan cairan khusus agar mudah rontok hanya beberapa kali oles.

Cara Menghilangkan dempul yang tebal pada tangki motor

Setidaknya ada dua metode yang bisa anda terapkan, pertama dengan cairan kimia dan proses pembakaran. Berikut ulasnya satu persatu.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Remover Soda Api

Cairan pertama yang dapat kita pakai adalah paint remover, ya cairan kimia ini sangat keras dan panas, bahkan jika terkena body plastik saya akan meleleh atau berlubang bila mengenainya. Jadi persiapkan sarung takan agar tidak mengenai kulit saat memakainya.


Sebelumnya tangki perlu dilepas dari motor dan kurang bensin didalamnya. Kemudian oleskan remover dengan sikat gigi secara merata dan tunggu berberapa saat 10 sampai 20 menit agar beraksi, ditandai dengan ngangkatnya lapisan teratas cat.

Jika sudah beraksi kita tinggal mengupasnya dengan bantuan scrap atau dengan sikat kawat , kerok secara berurutan dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Jika masih terasa keras tidak ada salahnya untuk menoleskan soda api kembali agar mudah dihilangkan.

Namun soda api atau paint remover hanya mampu menghilangkan dempul dengan intensitas tidak terlalu tebal. Jika kondisi dempul cukup tebal akan sulit hilang, namun tenang masih ada cara kedua yang bisa anda aplikasikan.

Memanaskan Dempul

Ya, memanaskan dempul merupakan cara efektif untuk menghilangkan dempul yanag sudah terlalu tebal. Saat ini sudah bannyak toko online yang menyediakan alat untuk membakar dempul dengan mengguanakan gas LPG sebagai sumber apinya.


Yang perlu diingiat saat mengupas dempul dengan cara dipanaskan adalah menyesuaikan ukuran api, pastikan api yang dipakai tidak terlalu besar agar plat tangki tidak melengkung akibat terlalu panas. Yang terpenting adalah memastikan bensin sudah dikuras dan bagian dalam tangki sudah dicuci bersih dengan air mengalir agar tidak meledak.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Mengamplas dengan Mesin Gerinda

Selain kedua langkah tadi, masih ada cara lain yang bisa anda pakai buat mengupas dempul pada tangki motor yakni dengan mengamplasnya pakai amplas babat gerinda.

Hanya saja penggunaan mesin gerinda ini saya rasa kurang efektif ya masbro, pasalnya jika kurang hati-hati bahan plat besi pada tangi yang tipis akan semakin terkikis amplas. Jadi pemakainya perlu kehati-hatian dan gunakan pelindung diri seperti masker.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Jika sudah bersih dan kembali kaleng, sebelum tangki di dempul kembali atau dicat, sebaiknya tangki diamplas terlebih dahulu hingga merata dan aplikasikan epoxy filler sebagai lapisan anti karatnya. Dengan memberi lapisan poxy dempul juga lebih menempel sempurna.

Sekian dari kami seputar cara cepat menghilangkan dempul yang tebal pada tangki motor semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mengunjunginya. Anda juga bisa menuangkan epoxy filler ke bagian dalam agar mendapatkan pelapis anti karat luar dalam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas