Mengintip Perbedaan Ban Biasa dan Radial, Awas Keliru..

Perbedaan ban biasa dan radial - Hallo dulur.. Bicara soal komponen mobil tentu banyak sekali yang tersematkan ya masbro, mulai dari yang ada di dalam interior guna kenyamanan berkendara atau beberapa park pendukung lainya. Beberapa komponen yang cukup vital menyangkut amanan berkendara adalah ban, dimana berperan penting sebagai penggerak sebuah kendaraan.

Secara umum ban terbuat dari bahan karet yang memiliki masa exspired setelah lima tahun dari awal pembuatanya. Setidaknya untuk kendaraan mobil terdapat dua tippe jenisnya yakni biasa dan radial. Untuk perbedaanya sih cukup sederhana ya masbro, namun dampaknya cukup signifikan dalam keampuan dan pengendalianya saat berakselerasi. Baca juga Penyabab dan Mengatasi Lampu Indikator Handrem Mobil Nyala Terus

Dikutip langsung dari manager of training & product evalution PT Brigestone Tire Indonesia, Deni arief menuturkan, ban biasa dengan radial prebedaanya hanya pada bagian konstruksi benang. Ia mengungkapkan, di dalam ban itu terdapat kerangka yang tersusun dari jalinan benang.

Pada ban biasa struktur atau jalinan benang membentuk diagonal, menyilang atau zig zag. Sedangkan tipe radial jalinan benang lebih searah atau melintang dari sisi kiri ke kanan dan begitu sebaliknya. Jadi  hanya beda konstruksinya.

Meski perbedaanya hanya pada konstruksinya, Deni menyebut struktur benang berpengaruh cukup besar terdapat kemampuan masing-masing. Selain itu traksi dan kekuatan pada dinding ban yang dihasilkan pun juga berbeda. Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Perbedaan Kendaraan Pakai Ban Biasa dan Radial

Jika dilihat dari performanya antara ban radial dengan biasa, ban radial memiliki telapak yang yang lebih flat. Jadi kontruksinya lebih bagus saat menempel diatas permukaan jalan ketimbang jenis biasa.

Lebih tepatnya ban radial dipakaia buat mobil berpenumpang, sementara ban biasa lebih cocok dipakai untuk kendaraan besar atau kendaraan pengangkut barang.

Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem Alteco di Body Mobil

Sedangkan ban tipekal radial idealnya dipakai buat passanger car atau mobil berpenumpang, dengan alasan lebih ringan dan mampu menahan panas saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Sebaliknya pada ban biasa memiliki telapak ban yang tebal sehingga mampu menopang bobot kendaraan berat beserta muatanya.

Soal performa, kemampuan dalam mencengkram aspal pun jelas beda. Ban biasa dan radial sesuai dengan kegunaan ban dan sesuai dengan jenis kendaraanya.

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan bedanya adalah ban radial memiliki unggulan daya cengkram ke permukaan jalan yang lebih baik, sementara yang biasa mampu menahan bobot kendaraan yang lebih berat dibanding dengan ban radial.

Nah, demikianlah beberapa perbedaan ban biasa dan radial untuk kendaraan mobil. Penggunaan yang disesuaikan dengan besar kecil ukuran kendaraan tentu akan merasa safety saat menumpuh jarak yang cukup jauh. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas