Belajar Mengecat Warna Lembayung Untuk Pemula

Belajar Mengecat warna lembayung untuk Pemula - Hallo dulur.. Kondisi motor yang selalu kinclong dengan baluta chrome dibagian kaki-kaki tentu membuat tampilan kendaraan terkesan elegan dan terlihat lebih mewah. Kondisi seperti ini membuat rasa percaya diri saat mengendarainya terutama kaum Adam yang suka dunia otomotif modifikasi.

Membuat tampilan motor selalu kinclong dan bersih sebetulnya bukan perkara suit, bukan juga perkara gampang, atau singkatnya gampang-gampang susah gitu. Untuk menjaga cat motor senantiasa mengkilap bisa melakukan proses wax setidaknya seminggu sekali, sehingga cat terlindungi dari partikel debu dan sinar UV yang merusak struktur lapisan cat.

Walaupun banyak yang mengetahui cara merawat cat motor yang benar, namun tak sedikit yang merasa kebinggunan untuk mengecat ulang baik menggunakan cat pilox atau cat kompresor. Proses pengecatan ini dipilih karena beberapa faktor, diantaranya untuk mengembalikan warna cat yang rusak agar terlihat mulus kembali atau sekedar ingin ganti warna.

Beberapa warna yang sangat familiar saat ini adalah putih mutiara dan warna lembayung yang dapat berubah jika dilihat dari sudut pandang berbeda atau singkatnya mirip cat bunglon.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara mengecat warna lembayung yang benar untuk pemula.

Lembayung ini tidak seperti cat ya masbro, dimana warnanya bening atau tidak berwarna dan umunya banyak dipakai untuk melapisi warna solid hitam dan putih. Tak hanya satu lembayung memiliki beberapa pilihan yakni unggu hijau emas atau hijau. Lantas bagaimana cara mengaplikasikan, berikut adalah urutan mengecat lembayung.

Steep pertama

Seperti mengecat pada umunya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah tahap pengamplasan bidang yang akan dicat dengan ukuran amplas 400. Amplas hingga permukaan halus dan bersih dari kotoran dan minyak atau oli yang menempel.

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Steep kedua

Tahap selanjutnya adalah melakukan epoxy filler, cukup diaplikasikan sebanyak 2 lapis agar cat nanti tidak terlihat tebal. Sebelum dicat tunggu hingga lapisan poxy kering keras bila ditekan.

Jika sudah kering amplas poxy hingga permukaanya halus dengan ukuran amplas 400 kemudian keringkan untuk naik tahap pengecatan.

Sebetulnya pemberian lapisan poxy ini tidak perlu dilakukan dengan catatan cat lama dalam kondisi bagus atau masih ori pabrik. Jika cat lama sudah rusak atau bekas pilox sebaiknya aplikasikan epoxy untuk menghindari cat kriting atau ngangkat.

Steep ketiga

Tahap selanjutnya adalah pemberian lapisan cat dasar. Fungsi cat dasar ini sangat penting ya masbro, yakni agar cat inti menempel sempurna serta lebih menghemat pemakian cat inti.

Baca juga Bongkar..!! Perbedaan Cat Bakar Dengan Cat Biasa

Cat dasar bisa diaplikasikan hingga permukaan epoxy tertutup sempurna. Sementara untuk pemakaian thinner bisa pakai tipe A atau Super agar menghasilkan permukaan cat yang lebih halus.

Steep keempat

Langkah berikutnya adalah tahap pengecatan cat inti. Oh iya perlu anda ketahui warna lembayung hanya bisa diaplikasikan pada jenis cat solid yakni warna putih solid dan warna hitam. sajaSebetulnya sih warna lain bisa, hanya  warna lembayung yang seperti bungklon tidak bisa terlihat dengan sempurna.

Baca juga Perbedaan Thinner Cobra Merah dan Hitam Untuk Cat Mobil

Oh iya untuk thinner buat cat inti sebaiknya pakai tipe super ya masbro dengan memberi sedikit thiner PU agar hasil cat akhir lebih lembut seperti ori pabrik.

Steep kelima

Langkah kelima ini adalah proses pengaplikasian warna lembayung jika cat inti/akhir sudah kering dan merata.

Cara mengecat warna lembayung yang benar adalah dengan menggunakan 100 % jenis thinner PU sebagai pelarutnya dan diaplikasikan sebanyak dua sampai tiga lapis tergantung selera, jika menginginkan warna lembayung yang tipis cukup diaplikasikan sebanyak dua kali.

Yang tak kalah penting saat mengecat lembayung adalah pastikan kondisi spray gun dalam keadaan bersih terutama bagian dalam.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Penting, warna lembayung ini tidak bisa dicampur dengan cat ataupun clear cler Coat ya masbro. Jadi halus diaplikasikan sendiri setelah proses pengecatan cat akhir selesai dilakukan.

Steep ke enam

Proses terakhir adalah memberi lapisan clear Coat agar cat terlindungi dan memberi efek glossy yang bertahan lebih lama. Dengan jarak pengecatan 10 cm.

Untuk menghasilkan cat yang kilap basah aplikasikan clear Coat secara berkala, pada lapisan pertama aplikasikan setengah kering acara tipis dan lapis kedua ke tiga buat lapisan basah dengan menekan spray gun agak dalam.

Dan proses pemolesan bisa dilakukan setelah clear Coat kering keras 8 hingga 12 jam dengan menggunakan kompon putih. Baca juga cara yang benar mempoles cat baru agar halus dan mengkilap

Oke demikianlah tadi urutan bagaimana cara mengecat warna lembayung yang benar khusus untuk pemula. Kunci keberhasilan disini adalah campuran thinnernya yakni memakai tipe PU Poly Urethane, jika pakai super justru hasil 3D yang didapat kurang terlihat. Sekian dan terimakasih kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas