Efek Buruk Akibat Telat Ganti Oli Gardan Motor Matic

Efek buruk akibat telat ganti oli gardan motor matic - Untuk menjaga performa kendaraan tetap prima seperti masih kondisi baru bukanlah perkara mudah. Ya.. Jika motor sudah berusia dua tahun atau lima tahun lebih tentu akan menuai beberapa masalah, mulai dari tarikan gas yang semakin berat atau kondisi mesin yang cepat penas meski berjalan beberapa meter saja.

Beberapa permasalahan yang kami sebut tadi sebetulnya bisa saja dihindari jika melakukan perawatan secara berkala, mulai dari melakukan servis setidaknya 3 bulan sekali dan yang paling penting adalah melakukan penggantian oli setelah menempuh jarak 2.000 km atau setidaknya dua bulan sekali. 

Jika motor sudah pakai mesin injeksi pemakianya lebih lama yakni 4.000 atau selama 4 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. 

Khusus buat motor matic sistem pelumas tidak bisa disamakan dengan jenis motor bebek/sport. Yaa.. Skuter matik memiliki dua jenis pelumas/oli yang perlu diperhatikan, yakni oli gardan dan oli mesin. Keduanya memiliki peran yang berbeda, namun saling bersangkutan satu sama lain. Jadi salah jika salah satu ada jumlah oli yang kurang bahkan lama tidak diganti tentu berdampak langsung dengan performanya.

Oli gardan atau oli gear ini berrfungsi untuk melumasi komponen gardan matik. Oli gardan jelas beda dengan oli mesin meski fungsinya sama sebagai pelumas. Perbedaan ini jelas terlihat dari tingkat kekentalan, dimana lebih kental ketimbang oli mesin.  Baca jugaPenyebab Dan Cara Mengatasi Rem Cakram Seret Saat Mundur

Efek buruk akibat telat ganti oli gardan motor matic

Komponen atau park mesin yang membutuhkan oli sebagai pelumas jika penggantianya sering telat melakukan penggantian oli gardan dengan oli mesin dalam waktu cukup lama tentu akan berdampak langsung pada kerusakan ratio gear.

Setidaknya ada dua kerugian akibat tidak ganti oli gardan motor matic dalam jangka yang lama. Berikut merupakan ulasanya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Breaking gardan goyang

Dampak buruk yang terjadi apabila telat ganti oli gardan bisa memicu kerusakan pada beberapa breaking yang ada didalam gardan. Breaking yang rusak atau goyang ditandai dengan suara yang kasar saat melaju dalam kecepatan tertentu dan motor terasa bergetar pada tarikan pertama.

Sebaiknya penggantian oli gardan motor matic dapat dilakukan setidaknya 4 bulan sekali atau dua kali penggantian oli mesin. Sebaiknya gunakan merk yang memang direkomendasikan khusus tipe mesin motor anda yang sudah disesuaikan kebutuhanya.

Namun jika sering menerjang genangan air hujan yang cukup dalam, dianjurkan untuk langsung diganti. Sebab air hujan yang bercampur lumpur dapat masuk ke dalam raung transmisi yang membuat fungsi oli kehilangan daya lumas akibat tercampur air, alhasil gesekan pada komponen terdengar cukup keras.

Suara CVT terdengar kasar

Penggantian yang terlalu lama membuat daya lumas oli berkurang karena sudah terlalu kental, otomatis gesekan antar komponen di dalam box cvt tidak dapat terlumasi dengan baik. Belum lagi ditambah dengan partikel pecahan logam yang tersirkulasi bersama oli sehingga membuat komponen cepat panas dan lebih cepat aus.

Baca juga Cara Yang Benar Menghilangkan Baret Pada Motor Doff

Akibat gesekan gear yang terlalu kuat tanpa ada peredam dari pelumas menjadi pemicu sura berisik dari belakang motor pada sisi bawah samping. Suara ini kerap terdengar dijalanan, khususnya pada motor matik honda beat.

Tak hanya menimbulkaan suara yang berisik gear ratio juga rentan aus akibat kehilangan pelumas, usai pakanya pun juga menurun.

Ciri oli gardan motor matic habis dan perlu diganti

Odometer merupakan merupakan indikator yang paling pas buat mengukur/mengetahui kapan oli gardan motor matic perlu diganti. Namun masih ada ciri lain untuk mengetahui pakan oli sudah kehilangan fungsinyaa, yakni dengan memperhatikan suara box cvt yang terdengar lebih kasar dan cepat panas, tidak seperti biasanya. 

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Lem G di Body Motor

Selain odometer dan gejala berisik, penggantian oli perlu memperhatikan intensitas pemakian motor. Semakin sering digunakan ada baiknya penggantian oli dilakukan lebih cepat dari yang seharusnya. Hal ini bisa dikonsultasikan pada mekanik dealer resmi atau bengkel pinggir jalan yang berpengalaman pada motor matik.

Nah, itulah penjelasan singkat apa saja efek buruk akibat telat ganti oli gardan pada motor matic dan kapan harus diganti. Gunakan pelumas yang memang sesuai dengan tipe mesin kendaraan anda, tidak ada salahnya berkonsultasi langsung dengan mekanik atau bengkel secara langsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas