Cara Memperbaiki Aki Basah Yang Tidak Bisa Menyimpan Setrum

 

Cara memperbaiki aki yang tidak bisa menyimpan setrum - Tak hanya bensin, accu merupakan komponen yang berfungsi untuk menyalakan mesin kendaraan. Bahkan pada kendaraan tertentu seperti bus atau truk dilengkapi dengan 2 accu sekaligus sebagai penyimpan arus listrik. Fungsinya  sendiri untuk menyalurkan listrik ke ruang pembakaran saat mesin mulai dihidupkan, mungkin kita akan kerepotan jika kondisi aki sudah tidak normal atau soak.

Menjaga dan merawat aki  sangatlah penting untuk agar dapat berfungsi dengan semestinya. Jadi kapan pun mobil akan dinyalakan aki dalam posisi siap menyalurkan alur listrik untuk menyalakan mesin. Idealnya aki mampu bertahan selama lamanya satu sampai tiga tahun, itupun jika ampere dalam kondisi normal.



Seiring berjalanya waktu dan lama pemakian aki akan mengalami beberapaa gejala yang menandakan perlu diganti, atau mencharge ulang dalam kondisi darurat. Salah satu problem yang sering di temui pada aki basah adalah kemampuan menyimpan setrum mulai menurun, sehingga mesin susah dinyalakan meski di ulangi beberapa kali.

Cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum

Peralatan yang perlu disiapkan :

  • Air aki zuur
  • USP magnesium sulphate
  • Pengisi daya battry
  • Pisau tajam
  • Pipet (bisa pakai injector tinta) dan
  • Sarung tangan pelindung dari karet/jika diperlukan
Keluarkan Aki basah

Bisa semua peralatan sudah lengkap, kita tinggal melakukan proses memperbaiki aki basah yang rusak tidak bisa menyimpan setrum. Sebelum dimulai pertama kita perlu melepas aki dari tempatnya dengan membuka kap mesin dan lakukan secara perlahan.


Cara melepas aki dari mobil pun perlu dilakukan dengan hati-hati ya masbro, anda bisa melepas klem atau pengikat aki terlebih dahulu dan lepaskan kedua soket kabel secara perlahan agar tidak putus. Kemudian letakkan ditempat yang datar dan kering. Buka penutup aki, jika masih tersegel buka segel tersebut dari tepi dengan pisau tajam dan buang seluruh air aki yang ada di dalamnya.

Buang air aki

Untuk mengelurkan air aki, anda tak perlu mengeluarkan dengan cara membaliknya. Gunakan pipet atau injector yang sudah di persiapkan tadi. Tancapkan pipet pada sela-sela aki hingga tersisa 30-40% di dalam aki.Yang perlu di ingat adalah anda tidak perlu membuang seluruh air aki, sisakan air aki yang nantinya digunakan untuk pengisian ulang battry aki.


Siapkan magnesium sulfat

Tahap berikutnya memperbaiki aki yang lemah dan tidak bisa menyimpan setrum adalah mempersiapkan larutan ESP magnesium sulphate. Pertama larutkan magnesium sulfate dengan air mendidih, bila sudah larut, campur dengan air accu baru, aduk hingga keduanya tercampur dan menyatu. 

Jika sudah pindahkan/masukakan campuran air aki tadi ke dalam sel-sel aki basah dengan menggunakan pipet. Pengisian dilakukan hingga level batas air, tidak melebihi batas karena mengakibatkan accu tumpah saat mengalami goncangan.

Proses charge battery

Setelah semua sel-sel aki sudah terisi campuran air magnesium sulfat, terkahir kita tinggal mencahrgenya atau melakukan pengisian ulang battry. Lakukan pengisian dengan battery charge, sebelum dicas pastikan sel-sel aki atau tutup aki dalam kondisi terbuka agar udara didalam aki dapat keluar. Waktu lamanya pengisian battery menyesuaikan kondisi aki, jika sudah rusak parah mungkin lebih lama 8 jam.


Selain dengan caharge battery, dulur bisa pakai altenator untuk melakukan pengisian daya pada aki basah. Jika dengan altenator, tutup sel-sel aki perlu ditutup rapat-rapat dan pasang kembali ke dalam mesin mobil. Pastikan terpasang sempurna kemudian nyalakan mesin seperti biasa, altenator akan mengisi battery aki.

Jika ada kemauan cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum dapat kita lakukan sendiri dirumah secara mudah. Jika tidak punya cahrge battry saat ini banyak jasa pengisian battery aki, misalpada bengkel mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas