KENALI Ciri-ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti

Ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti - Hallo dulur... Menjaga performa kendaraan tetap prima bukanlah perkara mudah terutama kendaraan tua yang usia pakainya terbilang lama 10 tahun lebih, dimana jika perawatan tidak dilakukan secaraa rutin kemungkinan besar mesin cepat over heat. Kejadian semacam ini sebetulnya bisa dihindari jika rutin menggati pelumas dan selalu pakai air coolant sebagai pendingin radiator.

Dalam penggantin oli mesin banyak pemilik kendaraan sudah tahu kapan pelumas perlu diganti dengan mengetahui jarak tempuh 10.000 km. Penggantian oli bisa lebih cepat jika terlalu sering melewati jalan yang macet, dimana meski mobil tidak bergerak mesin masih dalam kondisi menyala. Namun fakta dilapangan menyatakan tak sedikit yang tahu kapan oli gardan perlu diganti, kalaupun diganti jika ada kerusakan yang membuat biaya perbaikan semakin membengkak.

Oli gardan sebetulnya juga memiliki fungsi yang cukup vital lo masbro, karena membawa tenaga putar yang dihasilkana dari mesin ke roda pengerak, umumnya roda pengerak gardan ini ada dibelakang pada tipe mobil mpv (Avanza, Innova, Ertiga dan lainya) dan di posisi depan ada pada semua mobil jenis sedan.

Agar berfungsi secara normal dan stabil saat tanjakan, pelumas gardan ini perlu diganti setidaknya selama jarak tempuh 40.000 km atau selama dua tahun sekali tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu. Jadi agar usia pakai lebih lama dan melindunginya dari keausan tidak ada salahnya pakai oli yang berkualitas, paling tidak standar bawaan pabrik.

Ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti

1. Munculnya suara mendengung dari bawah mobil

Tanpa pertama yang bisa kita ketahui adalah terdengarnya suara mendengung dari bawah mobil terutama saat muatan terlalu berat. Ditambah adanya getaran yang tiba-tiba muncul getaran saat mobil melewati jalan yang murun cukup dan terdengar suara ketika dibuat berbelok kanan/kiri.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Aibon Fox Kuning Yang Sudah Kering dan Mengeras

Gejala tersebut bisa muncul karena oli gardan yang mampu melumasi gigi-gigi secara sempurna. Jika fungsi pelumas sudah hilang tentu akan membuat pertemuan antar gigi gardan tidak menjadi licin yang akhirnya menimbulkan suara atau getaran yang sebelumnya belum pernah terjadi. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Untuk menghindari masalah makin parah seperti keausan pada gigi gardan yang membuat biaya perbaikan semakin membengkak, segara bawa ke bengkel langganan anda jika beberapa tanda-tanda diatas terjadi pada kendaraan anda dan lakukan penggantian oli.

2. Batas penggantian oli gardan mobil terlewat

Pada dasarnya oli gardan sama halnya dengan oli mesin, ada batas waktu pemakian dan kapan perlu diganti agar tidak menimbulkan masalah yang terjadi didalamnya. Namun semua jenis mobil baik mpv atau sedan memiliki batas waktu penggantian yang berbeda.

Jika memilihat petunjuk penggunaan, oli gardan sudah bisa diganti jika jarak tempuh sudah mencapai angka 40.000 km atau selama pemakian dua tahun lamanya.

Baca juga Perbedaan Ban Mobil Bridgestone Vs Michelin, Mana yang Bagus ??

Tidak ada salahnya setelah mengganti oli gardan atau mesin, anda bisa mencatat tanggal penggantian serta nominal angka pada panel angka km pada speedometer. Dengan begitu anda bisa mengetahui kapan oli akan diganti kembali. Semakin cepat diganti maka semakin baik juga kinerja mesin mobil anda.

3. Perubahan warna oli gardan

Ciri lain yang bisa kita ketahui untuk mengganti oli gardan adalah dengan melihat dari perubahan pelumasnya. Jika kita cek warnanya sudah menjadi putih keabu-abuan dan cenderung gelap, maka menandakaan sudah layak dijadikan sebagai pelumas, dengan tingkaat keketalan yang krusial.

Baca juga Penyebab Shock Hidrolik Pintu Belakang Mobil Lemah

Perubahan warna pelumas ini disebabkan oleh dua faktor, pertama oli sudah tercampur/atau terkontaminasi air saat melewati genangan air hujan. Inilah yang membuat oli berubah keputihan dan cenderung lebih encer, penyebab ini memang sulit dihindari terutama saat musim hujan.

Jika warnanya berubah abu-abu metalik gelap disebabkan terlama lama masa pakainya alias tidak pernah diganti. Jika sudah begini bergegaslah untuk ke bengkel untuk melakukan penggantian, jangan sampai menunda terlalu lama. Karena posisi oli pada posisi kaki-kaki mobil sangatlah penting guna menjaga performanya saat berakselerasi. Dari pada menimbulkan masalah dikemudian hari yang lebih parah.

Oke, diatas merupakan beberapa tanda atau ciri-ciri oli gardan mobil harus diganti semakin cepat dilakukan tentu membuat kinerja mesin jadi lebih enteng terutama saat membawa beban berat. Untuk menjaga performanya sebaiknya pilihlah pelumas yang bagus sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas