Cara Mengecat Velg Motor Agar Tidak Mengelupas dan Tahan Lama

Cara mengecat velg motor agar tidak mengelupas dan tahan lama - Hallo dulur... Pelek Merupakan salah satu bagian terpenting dimana berfungsi sebagai pengerak maju ataupun mundur. Umunya velg terbuat dari matrial besi dan aluminium Ibarat manusia sebagai kaki yang perlu dirawat secara berkala agar tidak menggangu perjalan dan harus kuat untuk menahan beban kendaraan dan si penumpang, tak jarang yang mengalami penyok akibat benturan yang cukup keras.

Agar berjalan mulus melintasi aspal dan mengurangi getaran saat berjalan bagian terluar velg dilapisi ban karet yang ukuranya sudah disesuaikan dengan bobot kendaraan. Namun bagi pencinta modifikasi banyak yang mengganti ban standar dengan ban cacing yang ukuranya lebih kecil sehingga tampilan motor lebih menarik dan makin sporty.

Ya.. Bisa dikatakan velg bisa mempercantik dampilan motor, tak heran jika ada cat yang mengelupas si pemilik mengesegerakan untuk membawanya ke bengkel sekedar repaint ulang. Tak sedikit pula yang ingin merubah warnanya yang awalnya hitam jadi magnesium atau warna gold pada velg pcx yang lebih terlihat elegan.

Dibanding menggunakan cat komprosor, mengecat ulang velg motor lebih banyak pakai cat pilox karena lebih irit dan tidak terlalu ribet mencari thiner, kompresor atau spraygun. Namun tak sedikit yang mengeluhkan hasil repaintnya justru terkelupas atau tidak bertahan lama.

Cara mengecat velg motor agar tidak mengelupas dan tahan lama

Langkah pertama,

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah tahap pengamplasan dimana bertujuan untuk menghilangkan jamur atau kotoran lain yang membuat cat tidak menempel. Saat mengamplas gunakan sabun colek untuk menghilangkan bekas minyak dan oli yang menempel.

Proses pengamplasan ini nemang sangat penting dilakukan ya masbro, dimana jika langsung ditembak cat justru sangat gampang terkelupas terutama saat terjadi benturan atau terkana sikat saat membersihkan nya.

Kedua,

Selanjutnya adalah memberi lapisan epoxy, sebetulnya setelah diamplas langsung dicat sih aman-aman saja, dengan catatan yang kita timpa masih cat ori bawaan pabrik dan kondisinya masih bagus.

Baca juga Deretan Merk Pilox Yang Bagus Buat Body Motor dan Mobil

Jika sudah pernah direpair ulang atau cat lama dikerok, maka wajib memberi lapisan epoxy terlebih dahulu. Fungsi poxy sendiri bertujuan sebagai lapisan anti karat sekaligus menghindari cat lama keriting atau ngangkat saat dicat ulang.

Untuk epoxy ada banyak pilihan yang bisa dipakai salah satunya adalah poxy samurai 2K04 yang mampu memberi lapisan cat halus dan waktu pengeringan lebih cepat.

Ketiga,

Cara mengecat velg motor agar tidak mengelupas dan tahan lama adalah memberi lapisan cat dasar, namun sebelumnya epoxy harus benar-benar kering setidaknya 4-7 jam, yang ditandai dengan permukaan terasa keras saat ditekan dan tidak meninggalkan bekas.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika memang sudah kering proses selanjutnya adalah mengamplas lapisan epoxy dengan amplas bekas ukuran 400 yang sudah kita pakai tadi. Pengamplasan bisa dilakukan secara perlahan agar lapisan poxy tidak habis terkikis amplas. Setelah selesai kita bisa mengkeringkanya untuk naik ke steep berikutnya.

Fungsi cat dasar sendiri sangatlah penting ya masbro, dimana membuat cat inti lebih menempel sempurna serta menghemat cat terutama pada warna-warna tertentu seperti merah, hijau stabilo atau warna candy.

Jika tanpa cat dasar, warna-warna bening yang kami sampaikan tadi akan susah nutup meski disemprotkan berulang kali.

Keempat,

Langkah berikutnya adalah tahap cat inti, namun sebelumnya cat dasar perlu diamplas dengan ukuran yang lebih halus yakni 1500. Pengamplasan juga dilakukan dengan perlahan agar cat dasar tidak terkikis amplas. Cukup diamplas secara ngambang hingga partikel kasar pas permukaan cat hilang.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Setelah cat dasar halus, aplikasikan cat inti secara merata dengan memberi jeda di setiap lapisnya. Jika terlalu tebal cat justru terlihat menumpuk dan menebal yang berpotensi akan meleleh.

Untuk jeda kita bisa menunggu setidaknya 10 sampai 20 menit, namun semua tergantung kualitas dan waktu pengeringan tipe cat pilox yang kita pakai.

Kelima,

Langkah kelima adalah pemberi lapisan clear Coat, dimana bertujuan melindungi cat dari beberapa goresan serta dari panas matahari yang membuat warna cat cepat pudar.

Untuk clear Coat ada dua pilihan ya masbro, yakni tipe mengkilap/glossy atau matte/doff.

Pada saat tahap clear Coat butuh kehati-hatian dan ketelitian salah sedikit saja akan meleh dan akan sulit hilang sehingga mengurangi nilai estetika hasil pengecatan kita yang memakan waktu cukup lama. 

Proses clear Coat juga sama saja saat mengecat yakni dengan memberi jeda disetiap lapisnya 10 sampai 15 menit untuk menimpanya kembali. Agar tidak banyaknya partikel debu yang menempel aplikasikan diruang tertutup.

Kesimpulan

Poin terpenting agar cat tidak terkelupas adalah pada tahap pengamplasan serta memberi lapisan epoxy. Semakin bersih objek yang diamplas maka cat akan semakin kuat menempel. Jika urutan mengecat dilakukan dengan baik dan benar serta di dikung bahan berkualitas tentu hasil repair akan sama dengan mengecat pakai kompresor.

Nah, demikianlah urutan cara mengecat velg motor agar tidak mengelupas dan tahan lama dengan cat pilox. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk menghasilkan repaint yang lebih halus tidak bertekstur kulit jeruk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas