Mana Yang Terbaik, Perbedaan Clear Coat HS Dan MS

Perbedaan clear Coat hs dan ms - Hallo dulur... Proses pengecatan mobil tentu bukanlah perkara mudah dibutuhkan skill khusus serta jam terbang tinggi untuk menghasilkan pengecatan yang kilap basah tanpa tekstur kulit jeruk. Tak sedikit yang mengalami kegagalan, beberapa kesalahan yang sering ditemui adalah cat lama justru keriting atau pernis tidak bisa keras akibat lupa mencampur hardener.

Tentu beberapa permasalahan tadi bisa dihindari jika urutan cara mengecat ulang body mobil dilakukan dengan benar, baik saat tahap epoxy hingga proses poles untuk menghilangkan tekstur kulit jeruk pada cat baru.

Sementara teknik atau metode mengecat ulang yang benar adalah dilakukan secara tipis-tipis terlebih dahulu dan beri jeda disetiap lapisnya. Untuk jeda kita bisa menggungu setidaknya 5 sampai 10 menit baru kita timpa kembali. Sementara untuk pemakian thinner cat dasar bisa pakai tipe A atau HG dan cat intinya pakai thinner super, untuk jenis cat metalik sebaiknya pakai tiner PU.

Perbedaan Clear Coat HS dan MS kilap mana ??

Untuk menghasilkan pengecatan yang lebih mengkilap peran clear coat disini sangatlah penting, dimana berfungsi untuk mengkilapkan cat sekaligus melindunginya sehingga tidak pudar meski sering terpapar panas matahari. Tidak hanya mengkilapkan pernis juga dapat membuat cat jadi matte/doff sementara untuk campuranya sama-sama pakai thinner PU Polyurethane.


Namun tahukah kamu ternyata clear untuk mobil atau motor terdapat dua tipe yakni jenis HS High Solid dan MS Medium Solid. Dimana keduanya memiliki perbedaan yang signifikan terutama dari kualitas glossy yang dihasilkan serta waktu pengeringanya. Meski beda keduanya sama-sama bisa kering dalam luar rungan tanpa mesin pengering oven.

Clear Coat HS

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Tipe HS merupakan pernis dengan kualitas yang lebih tinggi, baik dari tingkat glossy yang dihasilkan serta menghasilkan lapisan film yang tebal dan lebih keras setelah kering, tak heran jika disebut pernis anti gores. Efek kinclong HS mampu bertahan 5 tahun ke depan tanpa perlu perawatan khusus, seperti melakukan proses poles ulang.

Karena tipe clear coat terbaik, efek glossy yang dihasilkan dari pernis HS tidak akan susut setelah kering nanti dan efek kilapnya tidak akan ngedrop setelah selesai di poles. Bahkan tanpa di polespun cat sudah nampak mengkilap layaknya kendaraan baru.

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Salah satu merk clear coat HS yang memberi efek kilap basah adalah produk dari clear coat belkote 2100 dimana menghasilkan cat yang kilap basah sebanding dengan produk refinish dari Eropa sana. Beda dengan merk lain memakai clear belkote ini tidak rewel dan gampang diaplikasikan, jadi sangat cocok di pakai buat pengecatan ulaang tanpa khawatir cat lama akan keriting. 

Tak hak hanya tipe 2100, clear coat belkote juga banyak pilihan sesuai budget anda mulai dari 350 ribuan hingga 100 ribuan. Mulai dari clear coat belkote 8200, belkote 6300, belkote 4100 atau belkote clear coat 3000 penggunaan yang lebih praktis tanpa thiner, jadi tinggal campur hardenner kemudian langsung diaplikasikan.



Clear Coat MS

Baxa juga Ini Dia Takaran Untuk Mencampur Cat Dengan Thinner

Sementara tipe MS kualitasnya dibawah HS, baik dari efek glossy yang di dapat setelah kering serta dari tingkat kekerasan. Sementara untuk lapisan filmnya mencapai 85% mendekati HS. Sementara untuk waktu keringnya justru lebih cepat jenis MS medium solid dalam cuaca panas.

Dari beberapa pengalaman yang kami dapat efek glossy yang di dapat dari clear coat MS tidak mampu bertahan 2 tahun ke depan. Jadi agar tetap mengkilap perlu rajin mempolesnya dengan kompon putih setidaknya 5 sampai 6 bulan sekali. 

Tipe clear coat MS ini banyak dipakai untuk pengecatan bak atau box truk, namun terkadang banyak juga di aplikasikan pada kendaraan pribadi dengan alasan harga yang lebih murah. Namun meski pakai pernis biasa jika proses clear coat dilakukan dengan benar, tentu efek glossy yang di dapat tak kalalah dengan jenis HS.

Oke temen-temen diatas merupakan penjelasan singkat perbedaan clear coat hs dan ms untuk pengecatan ulang mobil dan motor. Pemilihan bahan yang berkualitas tentu menghasilkan lapisan pernis yang lebih keras dan efek glossy yang lebih lama tanpa perlu perawatan khusus. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas