Ciri dan Jenis Spray Gun Terbaik Untuk Cat Mobil dan Motor

Ciri dan jenis spray gun terbaik untuk cat mobil dan motor - Hallo dulur... Spraygun merupakan alat teknik yang dipakai untuk membantu proses pengecatan dengan hasil yang lebih baik, lebih halus/lembut dengan proses pengerjaan yang lebih cepat dan tentu saja lebih menghemat matrial cat ketimbang pakai kuas atau sejenisnya. Cara menggunkanya pun juga cukuplah simpel ya masbro, siapapun bisa saja memakainya. mudah dipelajari tanpa perlu keahlian khusus.

Agar bisa digunakan spraygun perlu angin bertekanan dari kompresor untuk proses antomisasi cat dari benda cair yang dikabutkan. Pemilihan ukuran kompresor untuk mengecat mobil juga perlu disesuaikan agar tekanan angin tetap stabil terutama saat proses clear coat, pasalnya jika angin kurang hasil repaint nanti malah kurang maksimal yang terlihat seperti kulit yang terlihat besar-besar dan rawan meleleh. Untuk ukuran kompresor setidaknya pakai 1 PK dengan tekanan udara 8 bar.

Sementara untuk spray gun terdapat dua tipe atau model yakni tabung atas dan bawah, namun kebanyakan yang dipakai adalah tipe gravity atau tabung atas, karena lebih praktis dan mampu menghemat matrail cat atau lebih irit. Sangat pas dipakai buat temen-temen pemula yang ingin belajar mengecat.

Ciri dan jenis spray gun terbaik untuk cat mobil dan motor

Sebetulnya semua jenis dan ukuran spray gun bisa dipakai buat pengecatan ulang buat body mobil atau motor, tidak perlu terpacu dengan pakai spraygun harga mahal hasil ngecatnya bisa lebih bagus. Pernyataan ini sebetulnya salah, pasalnya masih banyak diluar sana spraygun yang murah dengan kualitas yang cukup bagus baik untuk proses clear coat atau top coat.

Idealnya untuk pengecatan mobil gunakan spraygun tipe F100 atau F100, jika pakai lebih kecil ukuran K3 tentu proses pengerjaan butuh waktu lama dan parahnya bisa membuat cat belang karena semburan cat yang keluar terlalu kecil.

Baca juga Deretan Merk Cat Mobil Yang Bagus dan Awet Beserta Harganya

Jadi bisa disimpulkan untuk cat mobil pilihlah spraygun yang mampu mengantomisasi cat lebih lembut/halus dengan semburan cat yang keluar dari nozzel harus lebar, rata dan tidak pecah tengah atau tebal tipis. Jadi sebelum membelinya anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan air bersih sebelum dipakai buat mengecat

Rekomendasi merk spray gun murah yang berkualitas 

Setelah menentukan keriteria spraygun yang cocok digunakan untuk mengecat mobil, dibawah ini ada beberapa rekomendasi merk spray gun yang bisa anda pakai baik untuk pemula atau yang sudah berpengalaman sekalipun.

1. Kaisor SGL F75

Harga spray gun ini terbilang cukup murah ya masbro antara 100 sampai 200 ribuan dengan kualitas yang tak kalahh dengan merk ternama dari jepang. Kaisor SGL mampu menghasilkan semburan cat yang lembut dengan area penyebaran yang luas, dengan kekuatan tekanan udara 2.5 hingga 4.5 kgf. Spray gun ini dapat dipakai meski pakai kompresor berukuran kecil.

Anda dapat memakai spray gun ini untuk mengaplikasikan epoxy, base coat atau clear coat juga bisa, dengan cup penampung cat cukup besar 400 cc.

2. H&L F75

Baca juga Merk Clear Jahat Yang Bagus Untuk Cat Mobil dan Motor

Spray gun tipe kedua ini banyak dipakai para pemula yang ingin belajar mengecat dan bahkan hingga seniorpun lebih nyaman memakainya. Meski dijual dengan harga murah, semburan cat yang keluar dari lubang nozzel cukup lembut dengan daya sebar cat bisa satu jengkal tangan.

3. Tekiro ryu F75

Tekiro merupakan beberapa merk spray gun buatan jepang langsung dengan kualitas tinggi, anda bisa mendapatkanya dengan harga cukup murah 200 hingga 250 ribuan. Tabung cup penampung cat di bagian atas yang lebih fleksibel memudahkan anda untuk mengecat di berbagai sudut.

Untuk menghsilkan pengecatan yang halus dan tidak bertekstur kulit jeruk, anda perlu memperhatkan jarak pemakian spray gun. Jarak pengecatan yang pas adalah 10 hingga 15 cm dari objek yanag anda cat, jika terlalu jauh cay akan kasar dan pernis tidak bisa mengkilap, sementara bila terlalu dekat akan rawan meleleh.

4. Sagola F75

Baca juga Mengenal Macam-Macam Merk Tiner Yang Bagus Untuk Clear

Sagola merupakan merk spray gun lama yang sampai sekarang masih dipakai mekanik cat baik untuk pengecatan mobil, motor bahkan untuk pengecatan kayu ataupun besi juga bisa. Dengan semburan cat yang halus sehingga nyaman saat dipakai buat tahap coating clear coat, kami sendiri juga pernah memakinya dengan hasil yang tak kalah dengan merk ternama.

5. Meiji spray spray gun

Meiji merupakan salah satu merk spray gun ternama dengan kualitas tinggi yang banyak dipakai beberapa bengkel resmi ternama. Namun anda perlu hati-hati karena saat ini banyak beredar spray gun meiji palsu atau KW dengan harga murah. Dengan memkai meiji asli anda dapat menghasilkan pengecatan yang lebih lembut dengan masa pakai lama 3 tahun lebih jika rajin dibersihkan.

6. Wipro F75

Baca juga Kenali Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Filler

Mungkin sudah tidak asing dengan merk spray gun wipro ini, saya sendiri saat proses clear coat pakai spray gun F100 Wipro dengan hasil clear coat yang lembut dan lebih menghemat matrial. Untuk satu panel pintu saja cukup satu cup dengan tiga kali lapisan. Sangat rekomendasi jika menginginkan hasil pengecatan yang menyerupai cat ori pabrik.

Sebetulnya masih banyak deretan merk spray gun murah berkualitas, hanya saja ke enam tadi merupakan merk yang familiar dan banyak dipakai tukang cat baik yang masih pemula atau profesinal. Agar usia pakai bertahan lama rajinlah untuk membersihkanya dengan thinner sehabis digunakan dan pemakianya perlu disendirikan, jadi kita perlu 3 spray gun untuk tahap epoxy, top coat dan clear coat.

Nah, diatas merupakan ciri dan jenis spray gun terbaik untuk cat mobil dan motor, meski tidak merk ternama dan harga murah jika kita pintar mengaplikasikanya bukan tidak mungkin anda menghasilkan pengecatan yang lebih lembut dan halus. Sekian dari kami semogaa bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas