Penyebab Dan Cara Mengatasi Cat Clear Yang Keriting

Penyabab dan cara mengatasi cat clear yang keriting - Hallo dulur... Bisa dikatakan gagal dalam menyelesaikan pekerjaan terbilang hal yang wajar. Namun jika berfikir lebih jauh apapun pekerjaanya tentu akan mengalami resiko baik yang tidak sengaja atau faktor kelalaian dan mau tidak mau kita perlu memperbaikinya. Untuk pekerjaan yang cukup rumit seperti halnya body repair, bila terjadi kesalahan tentu sangatlah menjengkelkan, pasalnya meski sudah diperbaiki terkadang masalah tersebut bisa muncul kembali.

Beberapa kesalahan yang karap kali muncul adalah cat beraksi dan menjadi keriting, ini kerap di jumpai pada body mobil yang pernah dicat ulang atau habis dicat dengan cat pilox. Mengapa bisa muncul keriting ? Begini, Penyebab pernis ngangkat atau mengkerut bisa muncul jika kualitas cat yang kita pakai lebih bagus/tinggi dibanding dengan kualitas matrial cat lama yang kurang bagus.

Cara mengatasi clear coat yang keriting

Mungkin jika yang keriting hanya cat nya akan mudah diatasi, tanpa mengambil banyak resiko. Lantas bagaimana jika yang keriting adalah lapisan clear coatnya ? Tentu untuk membuatnya mulus kita perlu mulai dari awal kembali atau bisa dikatakan pekerjaan kita gagal. Itulah salah satu kesulitan dan resiko bekerja sebagai mekanik cat.

Nah disinilah kami akan memberikan sebuah turtorial cukup rahasia menghilangkan clear coat yang mengkerut tanpa perlu mengecatnya kembali. Penasaran bagaimana tekniknya ? Yuk simak penjelasan dibawah ini.


Pertama, kita perlu mengamplasnya dengan ukuran amplas halus nomor 2000, amplas hingga cat yang keriting rata dan terasa halus saat diraba tangan. Kemudian kita bisa melakukan proses pemolesan oleskan kompon putih pada lapisan cat diamplas tadi dan polesh hingga cat kembali mengkilap. Jika bekas keriting masih terlihat amplas kembali dan ulangi proses pemolesan, begitu seterusnya.


Jika proses polish selesai kita tinggal memberi lapisan wax untuk mengkilapkan sekaligus menghilangkan bekas kompon pada permukaan cat yang terlihat seperti kabut.

Yang perlu dingat adalah sebelum diamplas pastikan clear coat kering keras, anda bisa menunggu setidaknya semalaman atau 8 jam. Dan yang tak kalah penting adalah hati-hati saat mengamplas, pasalnya jika dilakukan secara asal justru clear coat akan botak terkikis amplas.

Cara mencegah agar cat lama tidak keriting saat di clear coat ulang


Sebetulnya permasalahan seperti cat atau clear coat yang keriting ini bisa dihindari jika teknik pengecatan dilakukan dengan benar serta pemakian bahan terutama pada thinner perlu disesuaikan, sehingga tidak menimbulkan reaksi pada cat lama.


Tehnik yang benar dalam pengecatan ulang terutama saat clear coat adalah pada lapisan pertama buat lah setengah kering atau semprotkan secara tipis-tipis kemudian tunggu sekitar 10 menitan. Kita anggap lapisan pertama ini sebagai pondasi untuk mengunci cat agar tidak bereaksi.

Kemudian pada lapis kedua dan ketiga buatlah lapisan basah dengan menekan spray gun lebih dalam dengan jarak pengecatan 10 sampai 15 cm. Dengan begitu anda bisa menghasilkan pengecatan yang kilap basah dan tidak bertekstur kulit jeruk. Begitun juga pada lapis kedua dan ketiga ini juga perlu memberi jeda ya masbro, jangan langsung digenjot.


Selain teknik dipakai pemilihan bahan juga tak kalah penting, baik penggunaan clear Coat atau thinnernya. Agar tidak menimbulkan reaksi pada cat lama gunakan clear Coat dari belkote dimana lebih aman khususnya dipakai buat pengecatan ulang dengan tingkat glossy yang tinggi dan mudah saat proses pemolesan nanti, sangat pas dipakai buat pemula yang ingin belajar mengecat.



Beda dengan produk lain pernis belkote efek kilapnya tidak susut setelah kering nanti dan bisa diaplikasi tanpa mesin pengering oven. Agar lebih ringan dan membuat kinclong cat lebih lama, andaa bisa pakai thinner PU merk belkote untuk campuran clear coat.


Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan penyebab cat clear mengkerut adalah proses pengecatan yang dilakukan tergesa-gesa tanpa memberi jeda pada setiap lapisnya. Pemilihan bahan juga penting dilakukan, pilihlah produk auto refinish yang lebih ringan sehingga aman dipakai untuk mengecat ulang mobil maupun motor.

Biar makin aman dan mantap aplikasikan epoxy sehingga cat lama tidak akan bereaksi jika kita timpa kembali.

Nah demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengetasi cat clear yang keriting untuk pemula. Semoga ulasan kali ini dapat membantu anda untuk belajar mengecat sendiri dirumah. Sekian dari kami dan terimakasih atas kunjunganya. Jika masih ada kebunggungan janganlah sunkan untuk bertanya pada kami langsung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas