Cara Mengecat Ulang Body Mobil Agar Mengkilap Untuk Pemula

Cara mengecat ulang body mobil agar mengkilap untuk pemula - Hallo dulur... Tidak dapat dipungkiri seiring dengan berjalanya waktu cat body kendaraan roda empat yang awalnya kinclong menjadi kusam dan banyak ditemui noda baret bahkan penyok akibat mengalami benturan. Banyak faktor yang jadi penyebab mengapa warna cat gampang sekali pudar, mulai dari seringnya terpapar sinar UV atau minimnya perawatan.

Untuk menjaganya tetap mengkilap beberapa perawatan bisa kita lakukan dengan rajin mencucinya terutama setelah kehujanan, dimana jika dibiarkan akan menimbulkan jamur atau menjadi penyebab munculnya noda kuning pada cat putih. Rajin memberi lapisan coating juga mampu menjaga kilau cat lebih lama dan bisa menjadi pelindung dari paparan panas matahari.

Proses poles dengan kompon putih juga jadi langkah alternatif untuk mengembalikan efek gloosy pada cat. Namun ini berbeda jika kondisi catnya rusak seperti baret terlalu dalam atau penyok, sehingga mau tidak mau kita perlu melakukan repair ulang agar kembali mulus seperti semula.

Tentu biaya pengecatan mobil terbilang cukup mahal ya masbro, untuk perpanelnya kena 450-700 ribuang tergantung tingkat kerusakan. Bahkan untuk cat ulang full body mencapai 7 sampai 10 jutaan, itu belum termasuk biaya las jika ada beberapa bagian yang keropos.

Ya.. Karena biaya pengecatan terbilang cukup tinggi, tak sedikit yang ingin mencoba melakukanya sendiri untuk lebih menghemat biaya. Namun tak sedikit yang mengeluhkan hasil pengecatanya malah tidak mau mengkilap. Lantas apa penyebabnya ??

Cara mengecat ulang body mobil agar mengkilap untuk pemula

Tentu proses awal dari pengecatan ulang body mobil atau motor adalah memberi lapisan epoxy filler dimana berfungsi agar cat menempel sempurna serta sebagai pelapis anti karat sekaligus menghindari cat lama keriting saat ditimpa ulang. 



Fungsi lainya adalah untuk melapisi permukaan dempul sehingga saat dicat nanti tidak terlihat seperti pulau atau sambungan dempul terlihat. Jika ingin lebih cepat anda memakai dempul odol wanda sebagai pengganti poxy. Sementara thinner untuk poxy kita bisa pakai tipe A atau HG juga bisa.


Setelah epoxy selesai kita bisa langsung naik ke tahap pengecatan, namun sebelumnya poxy perlu diamplas dengan nomor 400 hingga permukaanya halus. Kemudian bisa menimpanya dengan cat dasar yang warnanya menyesuaikan cat inti. 

Setelah proses cat dasar selesai, kita perlu mengamplasnya kembali dengan ukuran 1500 hingga halus. Lakukan pengamplasan secara perlahan untuk menghaluskan atau menghilangkan partikel debu, tidak perlu ditekan kuat saat mengamplas agar tidak botak terkikis amplas. Untuk pemakian thinner cat dasar gunakan jenis thinner HG atau super juga bisa.

Tahap selanjutnya adalah pengecatan cat inti, pada proses ini kita perlu memakai thiner tipe super, dimana mampu menghasilkan lapisan cat yang lebih halus, merata dan bisa dipakai buat tipe cat solid atau metalic.


Terakhir adalah dengan memberi lapisan clear coat atau lebih sering disebut pernis. Bisa dikatakan tahap akhir ini jadi penentu bagus tidaknya hasil pengecatan nanti, karena fungsi pernis adalah untuk mengkilapkan cat jadi perlu kehati-hatian dalam pemilihan clear coat yang dipakai serta teknik saat mengaplikasikanya. 

Untuk menghasilkan cat kilap basah anda bisa pakai produk dari Belkote. Ya.. Meski buatan Indonesia namun kualitas yang di dapat takmau kalah dari produk Eropa sekelas sikkens atau spies heacker.


Produk clear coat dari Belkote memang memiliki beberapa keunggulan diantaranya, cepat larut dengan thinner, tinggkat glossy tinggi meski diaplikasikan dalam cuaca mendung dan tanpa mesin pengering oven dan dapat dipakai untuk semua warna dan jenis cat solid metalik tanpa khawatir cat lama akan keriting.

Beberapa tipe clear belkote yang bisa kita pakai adalah Belkote clear coat 2100, 6300 atau 8200. Saya sendiri untuk pengecatan ulang full body sering menggunakan belkote 2100 sebagai lapisan perisnya, dimana mampu membuat kilau cat lebih tinggi, tahan dalam berbagai cuaca tanpa khawatir efek glossynya akan ngedrop atau turun setelah dikompon. 


Dan yang tak kalah penting saat proses clear coat adalah pemilihan jenis thinner yang dipakai, untuk pernis memang wajib pakai tiner PU poly urethane, dimana mampu meningkatkan efek kilau dari clear coat tersebut. Tiner PU sendiri terdpat dua tipe yang bisa anda pakai menyesuiakan kebutuhan yakni tipe slow dan ekstra slow.

Belkote juga menyediakan dua tipe thinner untuk clear coat yakni tipe Slow dry dan Slow dry recuder, dimana bisa di pakai untuk melarutkan semua merk clear coat. Bahkan meski pakai clear coat murah harga 100 an jika pakai thiner PU dari belkote tadi efek glossy yang di dapat juga sangatlah mantap dan cepat mengeras.

Proses mempoles cat baru

Mengecat ulang body mobil agar lebih mengkilap ditutup dengan proses poles, dimana bertujuan untuk menghaluskan lapisan clear coat sekaligus menghilangkan tekstur kulit jeruk pada cat baru sehingga menambah efek glossy.


Proses poles bisa dilakukan setelah clear coat kering keras, setelah kering kita bisa mengamplasnya dengan amplas nomor 2000 hingga permukaanya halus yang ditandai dengan tekstur kulit jeruk hilang/rata dan cat berubah doff.

Jika sudah diamplas tinggal mempolesnya pakai kompon putih hingga cat kembali mengkilap dan bekas amplasan hilang. Terkahir adalah mengaplikasikan obat pengkilap untuk menghilangkan bekas kompon sehingga cat mengkilap nampak baru lagi.

Nah demikianlah tadi penjelasan tehnik atau cara mengecat ulang body mobil agar mengkilap untuk pemula beserta jenis thinner yang dipakai. Jadi bisa disimpulakan pamakaian bahan dan thinner berdampak besar dengan hasil repaint anda, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjuganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas