Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Menguning Dengan Pasta Gigi

Cara membersihkan mika lampu mobil yang menguning dengan pasta gigi - Hallo dulur... Seiring berjalanya waktu dan seringnya pemakian kondisi mobil tentu tidak seperi kondisi semula yang masih baru. Mulai dari warna cat yang sudah kusam, bahkan ada beberapa penyok dan sudah pernah dicaat ulang untuk membuatnya kembali mulus.

Menjaga kondisi cat senantiasa kinclong memang penting, namun mengkondisikan park lain agar tetap bersih juga perlu dilakukan. Salah satu contoh ada pada komponen headlamp, dimana berfungsi mengeluarkan cayaha sebagai penerang jalan saat berpergian waktu malam hari atau sebagai penanda saat berkabut. 

Alasan mengapa mika lampu perlu dibersihkan

Menjaga kebersihan lampu mobil sangatlah penting dilakukan, karena akan berdampak langsung dengan penampilan sebuah kendaraan. Jika kondisinya kusam dan menguning tentu membuat tampilan mobil kehilangan nilai estetikanaya.

Kondisi lampu yang kusam ini banyak dijumpaki pada mobil yang usia pakainya lebih dari 5 tahunan. Penyebanya sendiri disebabkan oleh residu jamur yang menumpuk serta pandulan panas dari bohlam didalamnya. Tentu jika dlam kondisi seperti ini kendaraan akan kehilangan nilai jualnya atau kurang percaya diri saat mengendarainya.

Alasan lebih penting, perawatan mobil yang satu ini diperlukan karena berkaitan dengan faktor keselamatan dalam berkendara. Kondisi mika lampu mobil yang menguning sudah dipastikan cahaya lampu yang keluar akan redup. Tentu hal ini mendatangkan mala petaka saat berkendara dimalam hari.

Cara membersihkan lampu mobil yang menguning dengan pasta gigi

Jika kondisi mika lampu mobil anda kotor karena banyaknya partikel debu yang penempel atau sebatas noda ringan, cara paling mudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan lap yang halus dan air bersih.

Baca juga Cara Mematikan Lampu Indikator Airbag yang Menyala Tanpa Reset

Cukup dengan dua bantuan alat tersebut, maka anda sudah bisa mengembalikan kondisi lampu seperti semula tanpa perlu trik khusus atau tambahan biaya sepeser pun.

Namun lain ceritanya jika kondisinya butuh penanganan khusus untuk membuatnya kembali mulus, seperti cahaya yang keluar lebih redup akibat mika lampu yang tertutup jamur yang berimbas warnanya lebih ke kuningan.

Nah untuk mengembalikan warna mika lampu yang buram kembali putih, anda bisa memanfaatkan pasta gigi odol yang berwarna putih. Sebetulnya cara ini bukanlah rahasia lagi dan terbukti ampuh membersihkan lampu mobil yang menguning, Prosesnya pun relatif simple, simpel dengan alat pendukung yang gampang ditemui.

Alat yang perlu disiapkan meliputi pasta gigi atau odol, sedikit air dan lap microfiber atau kain yang bertekstur kesat dan halus. 

Sementara untuk prosesnya, anda bisa mengikuti turtorial dibawah ini :

Pertama, bersihkan lampu dari partikel debu atau anda bisa mencucinya hingga bersih dan keringkan. 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Selanjutnya oleskan odol secara merata pada permukaan lampu kemdian gosok berulang dengan memberi sedikit tekanan agar partikel jamur dan noda kuning terangkat. Jika masih kurang tambahkan pasta gigi dan gosok kembali hingga cover lampu nampak bersih kembali.

Proses ini memang butuh kesabaran dan tenaga ekstra, jika dilakukan dengan benar dan telaten kodisi cover lampu yang kuning akan kembali cemerlang.

Namun, jika noda kuning berada dibagian dalam reflektor maka anda perlu membongkarnya untuk bisa mempoles bagian dalamnya. Jika ada rasa ragu untuk membongkar sebaiknya serahkan pada ahlinya untuk menghindari mika pecah akibat salah membukanya.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Agar kondisi lampu senantiasa bersih proses poles ini dapat dilakukan sebulan sekali atau saat mulai menguning kembali.

Kesimpulan

Fungsi pasta gigi sebetulnya tak jauh beda dengan kompon yakni bersifat ambrasif saat digosokan pada permukaan objek. Namun si pasta gigi ini tidak kami sarankan buat menghilangkan baret ya, pasalnya menggunakan odol untek menghilangkan lecet pada cat meninggalkan bekas yang malah susah hilang.

Nah, sampai disini sudah tahu ya cara membersihkan mika lampu mobil yang menguning dengan pasta gigi atau odol. Agar kondisinya senantiasa jernis anda perlu menjaga kebersihanya, terutama saat musim hujan seperti ini, jika dibiarkan bekas air hujan justru meninggalkan jamur yang sulit hilang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas