Cara Membuat Cairan Pengkilap Body Mobil dan Motor Sendiri

Cara membuat cairan pengkilap body mobil dan motor sendiri - Hallo dulur... Obat pengkilap sangat dibutuhkan ketika taimpilan cat kendaraan sudah mulai kusam dan kehilangkan efek kilaunya. Banyak faktor mengapa warna cat cepat kusam, mulai dari kurangnya menjaga kebersihan atau karena faktor usia dimana butuh repaint ulang untuk terlihat baru kembali.

Jika cat masih bawaan pabrik atau masih ori tentu efek glossynya mampu bertahan dalam waktu yanng lama setidaknya 10 tahun lebih jika rajin merawatnya. Namun ini berbanding terbalik jika pernah dicat ulang dimana efek glossy tidak mampu bertahan 5 tahun ke dapan, itupun kalau pakai bahan bagus, kalau tidak ? Ya.. Mungkin jangkau satu tahun lapisan clear sudah kusam dan warnanya sudah berubah/pudar akibat tidak kuat terpapar sinar UV berlebih.

Yaa.. Agar tampilanya selalu segar dan mengkilap proses poles dengan kompon putih penting dilakukan terutama jika sudah pernah dicat ulang. Namun jangan terlalu sering ya masbro, karena kompon bersifat abrasif atau mengikis cat. Poles dapat dilakukan setidaknya 6 bulan sekali atau saat warna cat kehilangan efek glossynya.

Agar cat senantiasa kinclong perawatan ringan bisa kita lakukan dengan cara menjaga kebersihanya dan rajin dicuci terutama saat musim hujan seperti ini. Pemakian obat pengkilap wax juga sangat disarankan ya masbro, tentu cairan pengkilap ini lebih aman dipakai berulang karena sifatnya yang tidak terlalu mengkikis cat layaknya kompon.

Cara membuat cairan pengkilap body mobil dan motor sendiri

Diluar sana banyak sekali merk pengkilap cat yang bisa anda apakai, mulai dari produk ternama berkelas atau tanpa merk alias buatan sendiri.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Yaa.. Ternyata obat pengkilap cat body motor dan mobil bisa kita buat sendiri, bahkan hasilnya tak kalah dengan merk ternama sekalipun. Nah jika ingin mencobanya berikut adalah turtorial cara membuatnya

Penyiapan bahan


  • Kedua ada Silicon Emulsi, berfungsi sebagai pengemulsi atau menyatukan antara air dengan silicon oil.
  • Bahan ketiga Gliserin, dimana berfungsi sebagai melembabkan dan memperkuat daya kilap pada lapisan cat body mobil dan motor.
  • Selanjutnya  siapkan air bersih, botol untuk mengaduk, pewarna sesuai keinginan dan bodol spray.

Proses pencampuran bahan

Tahap pertama masukan Silicon Oil sebaiknya 50ml pada botol kosong, selanjutnya masukan Silicon Emulsi sebanyak 100ml untuk hasil yang maksimal.  Berikutnya masukan Gliserin SEbanyak 30ml, terakhir tambahkan air setengah botol tau 300ml untuk tahap awal agar mudah dalam pengkocokan/pencampuran bahan. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering




Selanjutnya tinggl kita kocok beberapa kali hingga semua bahan menyatu dan akan berwarna putih susu. Biar makin menarik tambahkan pewarna lima tetes dan tambahkan air sampai penuh, kocok kembali hingga warna berbuah dan tercampur sempurna.

Jika sudah jadi tinggal tuangkan ke botol spray untuk siap digunakan untuk mengkilapkan body yang kusam.

Proses pengaplikasikan

Untuk mengetahui hasilnya kita coba buat mengkilapkan body mobil warna hitam yang sudah kami kasih garis dengan isolasi. Semprotkan cairan pengkilap buatan sendiri secara merata, kemudian gosok berulang dengan kain microfiber hingga permukaan cat menjadi halus dan mengkilap.


Kita bisa lihat hasilnya ya masbro, yang sisi kanan sudah kami semprotkan cairan pengkilap buatan sendiri hasilnya cat yang awalnya kusam kembali kinclong, warna aslinya terlihat dan lebih licin kilap basah dibandingan sisi kiri yang tidak kita apa-apakan.




Nah demikianlah sedikit turtorial cara membuat cairan pengkilap body mobil dan motor sendiri dengan bahan yang mudah didapat di toko kimia. Bahkan ini bisa jadi peluang usaha jika diproduksi secara masal yang bisa kita promosikan di bengkel cat atau car wash. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas