Cara Membuka dan Memperbaiki Tutup Tangki Motor Yang Macet

Cara membuka dan memperbaiki tutup tangki motor yang macet - Hallo dulur ... Jadi saat itu ceritanya mazz punya motor Vixion tahun 2012 warna merah dan sudah 5 tahun lebih maazz pakai. Selama pemakianpun tidak ada problem, Paling-paling ya ganti kampas rem sama kalau ganti oli sih lumprah ya. Malah jadi curhat ya masbro.. Ngak mutu banget. Hehhehee

Jadi saking jarangnya dirawat suatu ketika perjalanan dan mampir pom buat ngisi bensin, setalah mengantri panjang tiba waktu mazz buat ngisi pertamax, namun kejadian yang tidaak diinginkan tiba-tiba terjadi. Ya.. Tutup tangki motor malah tidak bisa dibuka meski sudah diutak atik pakai kunci, ketika saya paksa ujung kunci malah patah di dalam. Jadi bisa disumpulkan ternyata penting melakukan perawatan pada semua kendaraan.

Bicara soal tangki, pada umunya merupakan tempat untuk menampung bahan bakar yang ukuran dan bentuknya disesuaikan dengan tipe kendaraan. Sementara tutup tangki merupakan alat yang dipakai buat mengunci agar cairan bensin tidak merembes keluar. 

Faktor-faktor yang jadi penyebab tutup tangki rusak dan macet saat dibuka

Sering terkena air hujan dan panas-panasan

Dimusim hujan seperti saat ini memang penting untuk menjaga kebersihan motor, seperti yang kita tahu jika dibiarkan begitu saja air hujan akan menimbulkan karat serta kerak yang semakin menumpuk dan membuat beberapa park dibawah tutup tangki rusak.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Tutup tangki sering kotor

Memang debu tidak menimbulkan efek kerusakan secara langsung, namun secara perlahan jika tidak rajin dibersihkan maka hal itu akan menimbulkan kerak yang membuat tutup bensin macet.

Pemakian yang kurang hati-hati

Terkadang ketika sedang dalam  kondisi terburu-buru apapun yang kita lakukan tidak bisa terkendali, hal inilah yang bisa menyebabkan benda yang kita gunakan lebih gampang rusak.

Usia pakai yang lama

Minimnya perawatan serta usia pakai suatu benda membuatnya semakin lemah yang berujung pada kerusakan, jadi disimpulkan setiap alat/benda tentu ada batas masa pakainya dan agar lebih awet perawatan perlu dilakukan secara rutin.

Cara memperbaiki tutup tangki motor yang macet

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Untuk bisa berfungsi kembali tutup tangki yang sudah rusak perlu diperbaiki yakni dengan membongkar kepala tutup tangki, kemudian lakukan pemeriksaan karena terkadang ada penumpukan karat pada bagian dalam tutup tangki.

Bersihkan kerak atau karet dengan cairan WD-40 hingga bersih, atau bisa mencucinya dengan bensin dan sekat dengan perlahan.

Tutup tangki tidak bisa ditutup/dibuka

Beda lagi penangananya jika tutup tangki tidak bisa dibuka atau ditutup kembali, permasalahan ini biasanya disebabkan kerusakan pada per sehingga spin pengancing tidak mampu bekerja dengan baik. Bongksr kemudian ganti dengan yang baru.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Tutup tangki tidak bisa dibuka

Berdasarkan pengalaman mazz kemarin saat tutup tangki tidak bisa dibuka, ada beberapa penyebabnya.

  • Pertama terjadi penumpukan karat dibagian dalam tutup tangki.
  • Per berkarat atau patah
  • Pen sepi pengunci sudah aus 
  • Terjadi penumpukan kerak dan debu pada lubang kunci.

Untuk mengetahui apa yang menjadi penyebabnya anda perlu melakukan pembongkaran agar mengetahui komponen mana yang bermasalah.

Memperbaiki tutup tangki yang loss/dol 

Untuk dapat berfungsi kembali kita perlu membuka dua mur pada bagian tutup tangki, kemudian cek bagaian pernya. Karena masalah ini banyak disebabkan persudah lemah atau berkarat.

Cara merawat tutup tangki agar awet

Prenventif merupakan suatu tindakan yang perlu dilakukan untuk menimalisir terjadinya keruskan, untuk itu agar tutup tangki lebih awet maka perlu dilakukan perawatan sebagai berikut :

1. Berikan pelumas dapat lubang tutup tangki dengan cara mencelupkan ujung kunci lalu masukan, namun jangan terlalu banyak juga ya masbro. Karena jika pelumas oli terlalu banyak yang masuk justru perpengaruh pada tangki itu sendiri, jadi secukupnya saja secara rutin terutama saat kondisinya kering.

2. Jangan membiarkanya sering terkena air hujan, panas atau lubang kunci kemasukan air.

3. Agar lebih awet saat membuka tutup tangki tekan secara pelan-pelan.

4. Jika sudah susah untuk dibuka mau tidak mau kita perlu membongkarnya untuk mengetaui kerusakanaya.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa pengalaman diatas dapat diampil kesimpulan, sering-seringlah melakukan perawatan pada kendaraan anda dan hindari panas dan air hujan untuk memberi masa pakai yang lebih lama sehingga mengurangi biasa perawawatan yang tak sedikit.

Nah demikainlah sedikit tips cara membuka dan memperbaiki tutup tangki motor yang macet dengan mudah. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.




















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas