Cara Mencampur Cat Epoxy Besi Agar Tidak Mengelupas

Cara mencampur cat epoxy besi agar tidak mengelupas - Hallo dulur... Sama halnya dengan mobil proses pengecatan besi atau galvanis juga tidak dilakukan secara asal agar bertahan dalam waktu yang lama. Sebelum dicat amplas terlebih dahulu hingga kotoran, karat dan minyak bersih. Tentu menggunakan merk cat besi berkualitas sangat disarankan, selain memberi warna yang apik juga mampu memberi perlindungan saat cuaca ekstrim sekalipun.

Apakah perlu menggunakan epoxy besi sebelum dicat ? Sebagai cat dasar untuk besi cairan ini membuat hasil pengecatan lebih kuat dalam jangka yang lama, bahkan 5 tahun lebih jika diaplikasikan dengan benar sesuai petunjuk penggunaan.

Cara menggunakan cat epoxy besi agar tidak mengelupas

Cat epoxy merupakan lapisan cat dasar untuk membuat permukaan besi lebih keras sehingga semakin kaut menempel sekaligus sebagai lapisan anti karat. Untuk mendapatkan hasil maksimal pengguaanya pun tidak dilakukan secara asal, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Mengamplas besi terlebih dahulu

Langkah awal yang perlu diperhatikan adalah pengamplas besi terlebih dahulu, pastikann sebelum dicat kondisinya bersih dari debu, minyak dan kotoran lainya. Jika masih kotor dapat dipastikan hasil akhir pelapisan epoxy tidak dapat sempurna. Justru menambah kesan jelek, tentu hal ini tidak anda inginkan bukan? Oleh karena itu amplas secar keseluruhan hingga benar-benar bersih.\


Campurkan cat epoxy

Jika tahap pertama selesai tinggal saatnya mencampurkan cat epoxy. Ya anda tidak bisa memberikan cat dasar dengan epoxy saja, tindakan ini justru membuat poxy tidak kering/keras. Anda perlu mencampurkan hardener dan thinner A, campurkan epoxy, hardener dan thinner A dengan perbandingan 4:1:3, kemudian aduk hingga ketiganya menyatu. 


Sekarang anda sudah bisa menggunakan lapisan cat dasar epoxy secara merata. Aplikasikan satu lapis demi satu lapis dengan memberi jeda agar tidak meleleh.

Penggunaan alat spray gun

Untuk proses pengecatan dengan cat epoxy besi, kami sarankan menggunakan alat bantu spray gun. Mengapa demikian ? Jika memakai kuas, pertama hasilnya kurang rata, cenderung kasar dan bulu kuas dapat tertinggal dipermukaan besi. Kondisi ini tentu membuat hasil akhir kurang maksimal. Untuk spray gun anda bisa pakai tipe F75 tabung atas.

Aplikasikan secara tipis

Proses pengaplikasian harus dilakukan secara tipis merata terlebih dahulu, tunggu hingga kering. Inilah mengapa kami sarankan menggunakan menggunakan spray gun, karena jumlah cat yang keluar bisa kita atur sesuai kebutuhan.


Jika lapisan pertama sudah setengah kering anda bisa menimpanya kembali 2 sampai 3 lapis hingga permukaan besi tertutup sempurna. Penyemprotan secara tipis atau tidak langsung tebal dimangsudkan untuk menghindari cat meleleh, jika sudah memeleh tentu kita perlu mengeroknya dan melakukan poxy kembali. Capek bukan ?

Tunggu hingga kering sempurna

Jika sudah selesai kita perlu menunggunya hingga kering sempurna, setidaknya 4 jam sudah kering sempurna. Namun tidak disarankan untuk menjemurnya dibawah terik matahari langsung ya masbro, tindakan ini justru merusak struktur kapisan poxy yang berdampak buruk saat dicat nanti.


Setalah kering anda sudah bisa memberikan lapisan cat akhir sesuai warna yang kita inginkan. Sedangkan untuk pemakian thinner masih sama yakni tipe A dengan perbandingan 1:3, namun semua tergantung tingkat kekentalan cat yang anda pilih. Agar lebih tepat baca petunjuk penggunaan.

Nah demikianlah sedikit tips singkat cara mencampur cat epoxy besi agar tidak mengelupas dan tahan lama. Jika diaplikasikan dengan benar tentu bisa menjadi lapisan anti karat sehingga aman saat terguyur hujan terus menerus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas