PENYEBAB Oli Bercampur Air Radiator Pada Motor

Penyebab oli bercampur air radiator pada motor - Seiring berjalanya waktu dan lamanya penggunaan tentu performa mesin akan semakin menurun atau ada beberapa park yang sudah aus dan perlu diganti. Untuk menjaganya tetap prima servis secara rutin penting dilakukan serta melakukan penggantian oli secara terjadwal sehingga aktifitas sehari-hari anda tidak terganggu.

Problem atau masalah pada kendaraan motor semua dapat terjadi di semua tipe motor baik yang masih baru sakalipun. Kerusakan dapat terjadi baik sekala ringan atau yang lebih parah sehingga harus tune up untuk memperbaikinya. Salah satu penyebab mengapa motor cepat rusak adalah karena perawatan atau servis yang kurang diperhatikan dengan baik dan benar.

Oli mesin bercampur air radiator

Tak hanya satu, banyak sekali permasalahan pada kendaraan motor yang menyebabkan performa mesin semakin penurun bahkan mengalami mogok ditengah jalan. Macam-macam kerusakan motor dapat terjadi baik sekala ringan yang bisa diatasi sendiri atau kerusakan berat yang bisa diatasi bengkel resmi dengan alat khusus.

Beberapa kerusakan pada komponen motor tersebut dapat menganggu perfoma mesin saat bekerja atau bahkan menimbulkan resiko yang cukup berbahaya bagi kendaraan tesebut ataupun pengemudinya. Untuk menghindari resiko keamanan dalam berkendara, permasalahan/kerusakan pada sepeda motor sebaiknya harus diperhatikan dengan baik dan sebisa mungkin dicegah agar tidak terjadi saat motor digunakan.

Diantara beberapa bentuk kerusakan yang sering terjadi di akibat perawatan yang kurang sesuai, kerusakan pada komponen mesin menjadi hal yang sangatlah fatal dan berakibat buruk dimana performa mesin langsung berkurang. Bahkan yang lebih parah motor tidak dapat berfungsi sebagai semestinya.

Dan salah satu permasalah yang dapat berpeluang terjadi pada motor ialah bercampurnya air radiator dengan oli mesin. Nah sebelum membahas lebih jauh dengan masalah ini, tidak salahnya untuk mengetahui satu persatu fungsi masing-masing komponen tersebut.

Oli merupakan cairan kental kehitaman yang fungsinya untuk melumasi komponen mesin saat bekerja. Oli membantu meredam terjadinya gesekan berlebih antara komponen lain saat bergerak. Sehingga dengan adanya pelumas usai pakai mesin bisa lebih awet dan tidak mudah panas. Namun penggantian oli perlu diganti secara rutin agar mampu melumasi mesin secara maksimal.

Sementara air radiator air yang berada di dalam komponen radiator, dimana perfungsi untuk mendingkan mesin saat mencapai titik panasnya, air ini bersirkulasi ke dalam komponen mesin dan berputar kembali ke radiator. Radiator ini banyak dijumpai pada motor keluaran terbaru dan yang ber cc besar, tentu jika air radiator sampai bercampur oli dapat menimbulkan masalah jika tidak segera diatasi.

Penyebab oli bercampur air radiator pada motor

Kompone seal waterpump sudah aus


Seal merupakan komponen penutup yang mencegah terjadinya kebocoran air radiator ke dalam ruang mesin. Air radiator memang akan selalu berada disekitar area mesin untuk bersirkulasi untuk mendinginkan suhu mesin yang panas. Komponen radiator berupa seal waterpump tersebut berfungsi untuk menutup bagian lubang di water pump yang mengarah langsung pada head mesin.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika seal ini sudah aus air radiator dapat merembes dan masuk ke dalam ruang mesin dan silinder. Masuknya air tersebut dapat menyebabkan bercampurnya antar oli dengan air. Seal waterpump yang aus perlu diketahui dengan cepat dan segera diganti untuk mencegah terjadinya masalah yang semakin parah.

Packing head bermasalah


Untuk menyatukan antara dua komponen mesin diperlukan packing head sebagai pemisah agar tidak ada celah sehingga perekatan menjadi sangat rapat. Saat bersirkulasi air radiator akan melewati packing head sebelum akhirnya masuk ke bagian silinder. Packing head yang sudah uas ini menjadi penyebab air dapat merembes ke dalam ruang mesin dan bercampur oli.

Masuknya air radiator bisa menyebabkan performa mesin semakin berkurang karena proses pembakaran akan terganggu karena fungsi oili sebagai pelumas sudah berkurang. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah packing head yang bermasalah perlu segera diatasi dengan mengganti yaang baru.

Leher waterpump aus



Sealin ausnya seal pada waterpump, komponen lain yang bermasalah dibagian yang sama yang dapat terjadi adalah pada leher dari waterpump. Ausnya leher weterpump ini memang jarang terjadi dan menjadi penyebab bercampurnya oli dengan air radiator. Jika saat memeriksanya komponen waterpump tidak ditemukan masalah pada seal, maka bisa jadi yang bermasalah pada bagian lehernya.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Untuk bisa mengecek rusaknya leher waterpump ini, kita bisa mengetahuinya dengaan cara menggerakkan waterpump. Sementara untuk mengatasi leher yang sudah aus maka anda perlu mengganti leher tersebut dengan yang baru agar tidak terjadi kebocoran.

Munculnya reteakan pada head mesin

Penyebab lain air radiator bercampur dengan oli pada motor adalah adanya retakan pada head mesin. Retakan tersebut menyebabkan air radiator merembes masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli.

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Bercampurnya air radiator dengan oli ini tentu dapat menyebabkan terjadinya masalah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh pemilik motor tersebut. Air yang keluar dari retakan head mesin tersbut awalnya hanya berupa rembesan saja, namun jika tidak segera diatasi menyebabkan kebocoran yang semakin besar.

Akibat terbesar dari percampuran tersebut ialah menyebabkan fungsi dari pelumas oli tidak mampu bekerja maksimal untuk melupasi komponen mesin. Jika oli tidak mampu melumasi secara maksimal tentu menyebabkan baretnya blok dan seher serta komponen lainnya di dalam mesin. Jika tidak segera diatasi kondisi ini tentu dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar dikemudian hari.

Nah demikianlah pembahasan dari penyebab oli bercampur air radiator pada motor yang bisa kita ketahui sejak dini. Semoga beberapa ulasan tadi dapat bermanfaat untuk perawatan kendaraan anda, sekin dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas