Cara Aman menghilangkan Bekas Cat Di Lantai Granit

Cara menghilangakan bekas cat di lantai granit - Hallo dulur... Saat proses mengecat dinding, kusen atau plafon presentasi cat menetes pada keramik sangatlah tinggi. Tetesan tersebut pada akhirnya akan meninggalkan noda yang mengurangi nilai estetika atau keindahan pada ruangan rumah tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama justru akan mengering dan sulit dihilangkan.

Bukanya tanpa alasan, proses pengecatan merupakan langkah untuk memperbarui atau mempercantik interior rumah agar terlihat lebih segar dan membuat rasa nyaman saat menghuninya. Umumnya pengecatan rumah menggunakan cat air atau cat minyak yang diaplikasikan dengan roll, kuas atau jika ingin lebih halus dan cepat bisa pakai spray gun. 

Seperti yang sudah kami singgung tadi, jika mengecat dinding dilakukan asal asalan bukan tidak mungkin banyak tumpahan atau cipratan cat yang jatuh dan menempel dilantai. Untuk menghindari banyaknya percikan cat sebaiknya gunakan kardus atau plastik berukuran besar untuk menutupi permukaan keramik.

Cara menghilangkan bekas cat yang kering di lantai granit 

Untuk membersihkan noda cat pada lantai tentu tidak dilakukan secara asal, sebab bisa meninggalkan beberapa goresan yang justru membuat lantai rumah kamu kehilangan nilai estetikanya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jadi, agar lebih aman dan yang pasti ampuh buat membersihkan bekas noda cat yang mengering anda bisa menggunakan beberapa bahan sederhana yang sudah kami rangkum dibawah ini :

1. Menggunakan Paint Remover

Bahan pertama yang paling efektif untuk menghilangkan semua jenis cat yang mengering dan mengeras adalah dengan memakai paint remover.

Paint remover merupakan jenis cairan kimia yang memang berfungsi buat menghapus cat pada semua benda tak terkecuali pada permukaan granit, keramik atau marmer selipun.

Ada banyak jenis paint remover yang terjual dipasaran, namum umunya hanya dibedakan pada tingkat agresivitasnya.

Jika dipakai pada permukaan lantai, sebaiknya gunakan jenis/varian dengan tingkat agresifitasnya yang rendah agar tidak merusak glasur keramik.

Berikut cara penggunaanya :

Sebelum dibuka sebaiknya kemasan paint remover jangan dikocok ya masbro, agar saat tutup dibuka isi didalamnya tidak mucrat layaknya air soda. Dan gunakan sarung takangan saat menggunakanya karena jika terkena kulit akan terasa panas seperti terbakar.

Kemduan oleskan cairan paint remover diatas noda cat secera merata, bisa dengan kuas kecil atau ujung sikat gigi.

Diamkan selama tiga sampai lima menit agar bereaksi, kemudian angkat menggunakan kape. Jika masih terasa keras oleskan kembali paint remover, begitu seterusnya.

Terakhir bersihkan lantai dengan lap basah. Dan lantai pun terlihat bersih dan kinclong kembali.

2. Menggunakan Thinner


Nah, selain dengan paint remover kamu juga bisa pakai thinner untuk menghilangkan noda cat diatas lantai. 

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Thinner merupakan cairan kimia yang dipakai sebagai pelarut cat, sehingga jika thiner dituangkan pada cat yang sudah kering tentu akan kembali melunak dan mudah untuk diangkat atau dibersihkan.

Berikut penggunaanya :

Tuangkan thinner pada permukaan cat atau cukup menuangkanya pada lap kemudian oleskan.

Tunggu hingga beberapa menit agar cat yang keras menjadi lunak, jika tinner sudah menguap tidak ada salahnya untuk menuangkanya kembali.

Kemudian kamu bisa mengosoknya dengan lap yang kering dan halus. Jika bekas cat terlalu tebal bisa diangkat dengan kape terlebih dahulu.

Jika sudah selasai bersihkan dengan air sabun untuk mengangkat sisa tinner dan menghilangkaan bau yang menyengat.

3. Menggunakan Lap Basah

Jika noda cat yang menempel msih baru anda cukup menggunakan kain yang sudah dibasahi air, kemudian gosok beberapa kali agar bekas cat terangkat. Agar tidak menimbulkan bekas baret gunakan lapa yang halus dan bertekstur kesat.

Namun cara ini hanya bisa dipakai buat menghilangkan bekas cat tembok, jika yang dihilangkan bekas cat minyak sebaiknya gunakan cara diatas dengan menggunakan thinner.

4. Cuka Putih


Campurkan air bersih dengan cuka putih dengan perbandingan sama, kemudian didihkan. Setelah mendidih oleskanm cairan cuka pada kain yang bersih dan seka secara perlahan diatas noda cat secara berulang hingga keramik kembali bersih. 

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Karena masih panas, kamu perlu hati-hati saat melakukan cara ini. Larutan cuka yang panas akan melembutkan/melunturkan noda cat yang kemudian bisa kamu gosok dengan sikat hingga noda cat terangkat.

5. Menggunakan Kape



Membersihkan noda cat yang mengering diatas lantas tak memulu harus dengan cairan kimi, tapi bisa menggunakan scrup kape atau bisa cutter.

Kape merupakan sebuah alat yang berbentuk menyerupai spatula yang ujungnya tipis dan cukup tajam dana banyak dijual ditoko bangunan. Namun dalam penggunaanya kamu perlu ketahi-hatian agar tidak menimbulkan beberapa goresan.

Berikut cara penggunaanya :

Pegang kape dengan sudut 45 derajat, jangan menekanya terlalu kuat.

Kemudian angkat cat yang sudah mengering tadi, agar lebih licin dan menghindari baret basahi lantai dengan sedikit air.

Terakhir bersihkan cat yang terangkat dengan lap basah atau kain pel.

Demikianlah 5 cara aman menghilangkan bekas cat di lantai granit tanpa meninggalkan goresan. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya. Dengan hunian yang bersih tentu kamu akan merasa nyaman dan betah dirumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas