Cara Mengatasi Kunci Kontak Motor Yang Longgar

Cara mengatasi kunci kontak motor yang longgar - Hallo dulur... Bisa dikatakan kunci merupakan bagian terpenting pada semua tipe kendaraan, dimana berfungsi untuk menyalakan semua sistem kelistrikan untuk menyalakan mesin saat di starter. Jika hilang atau lupa menaruhnya tentu kita akan merasa sangat kebingguan, jadi sebaiknya anda perlu memiliki duplikatnya agar bisa dipakai saat kondisi mendesak.


Pernah ngak temen-temen mengalami hal aneh diaman saat kunci dalam posisi on dan mesin sudah menyala tapi kontak malah terlepas dalam kondisi motor yang masih berjalan. Seharusnya sih memang tidak bisa terlepas, jika ini terjadi artinya kunci sudah mulai aus karena faktor usia dan lamanya pemakian.

Jika ini dibiarkan tentu saat kunci akan rawan terjatuh atau terlepas dijalan jika tidak diberi tali dan dikaitkan pada setang agar saat terlepas tidak hilang. Namun rasanya kurang pas dipandang mata bila motor tipe modifikasi kunci kontak terdapat gantungan tali pengait. Lantas bagaimana agar bisa kencang kembali ?

Sayangkan jika harus ganti yang baru, toh kunci lama masih bisa dipakai dan masih ori bawaan pabrik. Nah agar bisa dipakai kembali kami ada satu trik rahasia membuat kunci kontak kembali berfungsi secara normal.


Cara mengatasi kunci kontak motor yang longgar

Nah untuk cara penangananya pertama kita perlu menyiapkan tatakan besi, pokoknya benda keras yang permukaanya datar/rata yang lebih keras dari kunci kontak, tidak disarankan pakai alas batu ya masbro, karena kunci malah rawan bengkong. 


Kemudian kita bisa memukul-mukul ujung kunci dengan palu beberapa kali, karena kunci tidak terbuat dari material besi jadi memukulnya tidak boleh terlalu keras/over karena justru bisa merusak kunci.



Jadi cara mukulnya memang harus pelan ya, yang penting ada sedikit kerenggangan. Agar tidak berlebih ada baiknya setelah dipukul beberapa kali kita bisa mencobanya terlebih dahulu. Jika masih longgar bukul kembali dan coba kembali, begitu seterusnya. 


Dan selesai, kunci pun sudah tidak bisa ditarik atau terlepas saat posisi on.

Tips agar kunci kontak tidak cepat longgar

Agar dapat berfungsi secara normal lakukan perawatan pada kunci motor anda, caranya cukup dikasih pelumas pada lubang kontak dengan mencelupkan ujung kunci pada oli. Tidak disarankan pakai oli bekas yang justru meninggalkan kotoran didalamnya atau bisa menyemprotkan cairan anti karat seperti WD-40.


Tidak disarankan menggunakan gantungan kunci dengan beban yang berat, cukup seperlunya agar tidak merusak geritan atau gigi kunci.

Saat mencuci motor usahakan jangan menyemprotkan air ke rumah kunci, begitupun juga biarkan air sabun masuk ke dalamnya.

Pastikan saat memasukan dan mengeluarkan kunci pada posisi yang pas ya sob, jika keras jangan dipaksan. Jika keras atau susuah masuk biasanya posisi kunci kurang pas.

Jangan sekali-sekali memasukan kunci motor lain saat kondisi terdesak, tindakan ini justru bisa membuat rumah kontak gampang rusak.

Bagaimana, cukup simpelkan cara mengatasi kunci kontak motor yang longgar kembali kencang. Agar berfungsi secara normal lakukan perawatan seperti yang diatas tadi,  karena untuk bisa mengoprasikan kendaraan kumponen kecil ini penting untuk dijaga. Semoga bermanfaat dan terima kasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas