Cara Mengatasi Kunci Motor Yang Tidak Bisa Diputar

Cara mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar - Hallo dulur... Bisa dikatakan motor merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk berpergian baik yang tedak maupun cukup jauh. Ya.. Perawatanya yang murah, mudah dengan biaya pajak yang terjangkau membuatnya banyak digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Dibanding dengan mobil, motor mampu diandalkan untuk melibas jalan yang penuh kemacetan dan mampu masuk ke gang yang sempit. Nah, agar tidak mengalami problem saat dijalan perawatan pada motor perlu dilakukan secara berkala dengan melakukan penggantian oli secara rutin dan melakukan pengecekan komponen mana yang sudah aus dan perlu diganti.

Mungkin temen-temen baikers pernah mengalami kontak motor bermasalah seperti susah saat diputar atau kunci stang mengalami macet.Tentu jika kejadian ini terjadi akan sangat merasa jengkel dan merepotkan.

Apa lagi pas lagi terburu-buru sehingg akan merasa menjengkelkan karena tidak bisa diutak-atik meski sudah dicoba berulanag kali. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kondisi tersebut, salah satunya karena komponen di dalam komponen penuh kotoran dan kerak yang menumpuk.

Kerak yang menumpuk tentu akan menggangu kinerja atau fungsi kunci saat akan menyalakan mesin atau sekedar melakukan kunci stang. Apalagi kunci yang terbuat dari stainles steel yang tidak mudah berkarat.

Timbulnya kerak dan kotoran dapat terjadi saat mencuci kita mencuci kendaraan, sehingga secara tidak sengaja air sabun akan masuk dan mengering. Jika tidak, kotoran juga bisa ikut masuk terbawa air hujan.

kotoran akan masuk ke dalam rumah kunci dan mengering, inilah yang jadi penyebab timbulnya karat yang semaki menumpuk sehingga kunci akan susah saat diputar.

Macetnya kunci bisa menjadi masalah serius, sebab jika kontak tidak bisa diputar secara otomatis mesin tidak bisa dinyalakan, alhasil motor pun tidak bisa dipakai.

Sebagai pemilik kendaraan yang bijak, salalu rutin memberikan perawatan hingga bagian komponen terkecil pun seperti kontak motor. Jika masalah ini sudah terjadi, anda perlu mengetahui bagaimana acara mengatasinya.

Sebab jika dibiarkan begitu saja, tanpa penanganan serius tentu mengakibatkan kunci tidak bisa dipakai kembali. Jika membawanya ke tukang kunci tentu memakan waktu yang lama karena kita perlu mendorong hingga ke bengkel kunci.

Cara mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar

Jika kunci yang macet anda paksa justru membuatnya bengkok dan tidak berfungsi kembali. Dibutuhkan penanganan khusus, jika hanya dicongkel dengan besi kecil justru akan merusak rumah kunci yang malah memperparah masalah anda. Berikut adalah cara yang benar mengatasinya.

Gunakan cairan penetran/anti karat

Cara pertama yang bisa kita pakai adalah dengan memakai cairan penetran. Cara ini bisa mengurangi bahkan menghuilangkan kotoran dan kerak yang jadi penyebab kunci susah diputar.

Penyebab utama masalah kontak bermasalah karena kotoran yang tertimbun. Maka dari itu, sebaiknya gunakan cairan tersebut agar kontak dapat berfungsi kembali.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Semprotkana cairan tersebut pada lubang kunci, semprot berulang dangan memberi jeda hingga kerk didalamnya bisa keluar dan bersih. Hingga kunci bisa keluar masuk dan diputar tanpa kendala.

Agar masalah ini tidak terjadi kembali. sebaiknya lakukan perawatan sebulan sekali dengan cara mencemprotkan cairan penetran anti karat seperti WD-40 agar kunci dan kontak dapat perfungsi dengan baik.

Oli baru



Jika tidak memiliki cairan penetran, tidak perlu panik, Karena kita masih bisa mengatasi kunci motor yang macet dan susah diputar. Jika anda memiliki oli, sebaiknya gunakan untuk mengatasinya.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Anda perlu pakai li yang baru ya masbro, sebab jika oli bekas ditakutkan akan ada kotoran yang malah tertinggal di dalam rumah kontak jika anda gunakan. 

Oleskan atau celupkan ujung kunci pada oli baru dan tuangkan sedikit pada lubang nya hingga meresap ke dalam. Tunggu beberapa saat, coba untuk memasukan kunci apakah masih macet atau tidak.

Jika masih susah diputar tungakan kembali oli dan coba beberapa kali agar tidak ada hambatan saat kunci diputar ke kanan atau sebaliknya.

Minyak goreng

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Masih ada cara lain yang bisa kita pakai untuk mengatasi kunci motor yang seret akibat penumpukan karat yakni dengan memakai minyak goreng yang masih bersih atau bukan bekas jelantah.

Untuk caranya sih tak jauh dengan yang diatas ya masbro, cukup celupkan kunci pada minyak boreng kemudian coba untuk memasukan dan mengelurkanya agar minyak masuk ke dalam untuk merontokan kotoran dan kerak. Langkah ini bisa kita coba berulang kali dan buktikan hasilnya.

Oke, demikianlah cara mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar dengan memakai ketiga tehnik diatas tadi. Jangan biarkan kontak bermasalah, sepele memang namun akan berdampak besar pada kendaraan yakni mesin tidak bisa dinyalakan. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas