Perbedaan Ban mobil Radial dan Biasa, Mana Yang Unggul

Jenis ban mobil terdapat dua jenis yakni tipe radial dan biasa baik dipakai kendaraan pribadi atau besar sekalipun. Sebetulnya perbedaan dari keduanya sangatlah sederhana, namun membawa dampak yang cukup signifikan pada kemampuan pengendalianaya saat bermanufer. 

Dikutip dari Manager of training & product evolution PT Brigestone Tire Indonesia, Deni Arif Pratama menuturkan, perbedaan dari ban biasa dan radial hanya pada bagian kostruksi benang. Ia mengungkapkan di dalam ban terdapat kerangka yang tersusun dari jalinan benang.

Untuk jenis ban bisa terbuat dari struktur atau jalinan benang yang membentuk diagonal, menyilanga atau zig zag. Sementara tipe radial terbentuk dari jalinan benang yang searah atau melintang dari sisi kiri ke sisi kanan begitu sebaliknya. Jadi, bedanya hanya pada kostruksi benang saja.

Meski meski perbedaanya hanya pada kostruksi benang, namun membawa pengaruh cukup besar terhadap kemampuan masing-masing baik pada tipe radial atau biasa. Selain itu kekuatan dinding ban atau traksi yang dihasilkan pun beda.

Perbedaan ban mobil radial dan bisa 

Strukut benang

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Pada dasarnya ban memang terbuat dari beberapa struktur benang bari beberapa lapisan. Terdapat lapisan belt yang meruapakan rangka sebuah ban. Ada juga sidewall yang merupakan bagian samping ban. 

Bahkan ada lapisan tread yang merupakan permukaan ban. Struktur dari benang terdapat pada lapisan belt yang berfungsi sebagai kerangka. Tak  hanya itu, lapisan benang tersebut termasuk komponen pembentuk ban.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Untuk tipe radial, terbuat dari strukur benang yang lurus dari sisi kenan dan ke kiri, jadi serat ini melingkar dari satu arah penuh. Tentu ini beda dengan jenis ban lainya.

perbedaan ban biasa dengan radial dari struktur benang memang sangatlah jelas. Sementara untuk ban biasa memiliki struktur benang yang saling menyilang. Benang-benang tersebut terlihat dan membentuk dan membentuk sudut terhadap sumbu roda.

Anda bisa lebih mudah untuk menentukan pilihan ban sesuai dengan fungsinya. Sehingga ban bisa lebih cepat menyesuaikan jenis kendaraan yanag kamu gunakan.

Daya cengkram

Perbedaan lain ada pada kekuatan daya cengkramnya. Biasanya daya cengkram adalah pengaruh dari bentuk tread atau pola dari permukaan ban. Tak hanya itu, konstruksi ban juga membawa dampak besar pada daya cengkramnya.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Jenis ban radial yang terbuat dari serat baja memiliki daya cengkram yang lebih baik untuk jalanan. Karena jenis ban ini lebih lentur dan mudah beradaptasi diberbagai tipe velg. Sementara ban biasa terbuat dari serat yang lebih tebal.

Hal ini tentu membawa dampak besar pada daya cengkram ban tersebut. Sehingga menunjukan adanya perbedaan bahwa ban radial memiliki daya cengkram yang lebih bagus bila dibandingan dengan ban biasa yang kekuatan cengkramnya lebih sedikit.

Ketebalan ban

Perbedaan lainya bisa kita lihat dari tingkat ketebalanya. Serat benang dari ban radial terbuat dari bahan serat baja lentur. Hal tersebut membuat membuat lapisan pada belt tidak terlalu tebal.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil - Suryadidik.com

Meski begitu, ban radial tetap memiliki ketahanan yang sangat baik. Ban berukuran tipis ini cenderung lebih tahan lama dan memiliki kekuatan besar, sehingga cukup kuat untuk melibas jalan yang penuh lubang.

Berbeda dengan ban biasa yang terbuat dari serat nylon atau polyester. Serat tersebut tentu kekuatanya tidak sekuat serat baja. Sehingga bagian belt roda tersusun dari beberapa lapisan. 

Perbedaan ban radial dan biasa memang bisa kita amati dengan jelas dari tingkat ketebalanya. Ban biasa jauh lebih besar untuk memberi kekuatan besar dan tahan lama. Ban biasa pun tidak mudah rusak saat digunakan berkendara dalam waktu yang lama.

Fleksibilitas 

Perbedaan lainya bisa kita lihat dari fleksibilitasnya, tipe ban radial tentu lebih fleksibel karena bentuknya lebih tipis. Beski begitu ban ini tidak gampang bocor karena pada permukaan utamanya tersusun dari beberapa layer. 

Pada ban radial bagaian sidewall atau sisi samping terlihat sangat tipis. Lain halnya dengan jenis ban biasa yang seluruh lapisanya serta permukaan utama memiliki permukaan serat berlapis. Jadi ban bisa kurang fleksibel.

Namun pada kendaraan berukuran besar atau berbobot berat mungkin hal ini menjadi nomor sekian. Fleksibilitas pun bisa anda lihat dari jenis kendaraan yang digunakan.

Pemakaian

Perbedaan terakhir bisa anda lihat dari pemakian ban. Biasanya ban biasa cocok buat mobil besar dan berbobot seperti kendaraan komersil bus atau truk. Sedangkan ban radial memang direkomendasikan buat kendaraan ringan agar handling terasa lebih nyaman.

Nah, itulah uraian singkat dari perbedaan dari ban radial dan biasa untuk kendaraan mobil. Pemakian yang sesuai kebutuhan dan jenis kendaraan tentu membuat berkendara samkain nyaman meski melewati jalan berlumbang. Tentu pemakianya pun perlu disesuaikan dengan standar pabrik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas