Tips Cara Setting Karburator Honda Beat Biar Irit Bensin

Cara setting karburator beat biar irit bensin - Hallo dulur... Tak sedikit pengguna kendaraan motor yang menginginkan performa motornya kencang namun tidak boros bensin. Dibanding dengan sistem injeksi motor matik yang masih pakai teknologi karbu tentu memerlukan suplay bahan bakar yang lebih, terutama buat kamu yang suka memainkaan gas.

Agar motor kamu lebih irit namun tetap dalam topspeed nya, perlu setelan karbu yang sesuai. Untuk menghasilkan campuran bahan bakar dan angin yang pas maka harus diperhatikan bahwa mesin wajib dalam kondisi standar. Sehingga pengaruh karburator yang masih orisinil tidak terganggu dari kenaikan tenaga oleh modifikasi yang dilakukan. dikarenakan setingan putaran mesin sudah diseting sesuai besaran pilot jet dan main jet 

Cara setting karburator beat biar irit bensin bisa dilakukan dengan menyetel angin standar beat sebesar 2 dan seperdelapan putaran. Hal ini sering tidak bisa didapatkan dengan pasti karena keausan pada park tertentu.

Settingan untuk motor matic yang lebih dua seperti honda vario atau beat karbu bisa sampai dengan 3 putaran angin. Akan berbeda jika masalahnya angin distel hingga masuk mentok putaran mesin masih normal tidak mati maka kerusakan terjadi pada choke otomatis rusak, dengan kerusakan ini pastinya motor akan menjadi sangat baros konsumsi bahan bakar.

Dengan setelan seperti ini maka akan menghasilkan putaran mesin yang lebih ideal pada putaran atas dan bawah. Dengan demikian mesin akan menghasilkan tenaga yang merata disemua putaran mesin. Apabila putaran bawah mengalami kendala seperti tarikan brebet seperti akan mati bisa jadi permasalahan berasal dari karet skep yang robek.

Dengan kondisi motor yang masih standar dan terdapat keinginan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal dengan cara setting karburator honda beat biar irit maka bisa dilakukan pada contohnya penyetelan 2 setengah putaran, dengan demikian akan menghasilkan putaran langsam yang nyaman tidak mudah mati dan teteap bertenaga.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Sama halnya dengan motor matc keluaran pertama kali Honda Vario yang masih memakai karburator settingan angin juga sering didapatkan antara 2 seperempat hingga 2 setengah putaran. Akan tetapi berbeda dengan jenis motor bebek tenaga dan stasioner maksiaml dapat dihasilkan pada setelan satu setngah putaran saja. 

Hal ini bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan unruk menghafalkan setelan angin standar setiap motor, karena bisa dicari dengan mudah dengan mencari putaran tinggi disetiap rpm yang diinginkan.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Ada pula masalah bensin yang borostidak sekedar dari kurangnya settingan angin, tetap karena choke otomatis yang rusak. Terlebih lagi masalah semacam bensin bocor pada karburator harus ditanagani dengan cepat.

Namun demikian pula motor yang setelan anginya terlalu irit justru menjadi motor kurang bertenaga dan sering mati saat tutup gas. Setelah dilakukan pengecekan ternyata setelan anginya macet. Untuk menanggulangi permasalahan macetnya setelan anginnya ini maka perlu dilakukan trik agar mesin dapat bekerja dengan normal kembali.

Warna busi yang sempurna menjadi tanda penyetelan motor yang memiliki settingan karburator yang irit bertenaga. Pada pembakarann yang sempurna busi menjadi warna merah bata 

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Beberapa permasalahan bensin boros atau langsam tidak bagus walau sudah dilakukan penyetelan 2 setengah putaran sangat mungkin hal ini terjadi karena auto choke atau cok otomatis yang bermasalah. Selain langsam yang kurang nyaman juga bisa dikarenakan dari tenaga motor yang ngedrop walau bensin sudah terasa boros.

Untuk mengaatasi chock otomatis yang bermasalah sangatlah mudah yakni dengan cara menyetel angin hingga kekanan mentok. Apabila mesin tidak mau mati dan motor masih bisa langsam maka itu menandakan choke yang sudah bermasalah. jadi kamu perlu menggantinya. sementara harga choke otomatis terbilang sangat murah hanya 100 ribuan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara setting karburator hondas beat agar irit namun bertenaga, semoga setelah membaca artikel kali ini anda mengetahui setingan mana yang sesuai buat motor kaarbu kamu. Sekian dan terimakasih banyak kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas