Cara Membersihkan Kerak Di Dalam Radiator Mobil Tanpa Bongkar

Cara membersihkan kerak di dalam radiator mobil tanpa bongkar - Hallo dulur... Radiator merupakan serangkaian komponen yang berfungsi menstabilkan suhu pada mesin kendaraan termasuk motor. Sistem ini akan bekerja saat mesin telah mencapai bahas suhu tertentu. Pada kondisi tersebut cairan pendingin coolant bersirkulasi agar panas pada mesin dapat berpindah.

Seiring berjalanya waktu dan lamanya pemakian, radiator bisa menjadi kotor, rusak atau tersumbat. Tentu ini akan membuat sirkulasi air pendingan akan terhambat yang berdampat suhu mesin jadi cepat panas atau overheat. Jika ini dibiarkan tentu menimbulkan kerusakan cukup fatal komponen didalam mesin termasuk stang seher/piston.

Cara membersihkan kerak di dalam radiator mobil tanpa bongkar

Jika kamu ingin menghemat biaya perawatan mobil kamu bisa membersihkan sendiri radiator dirumah agar sirkulasi air tidak terhambat. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dicoba.

1. Gunakan detergen

Pertama-tama kamu perlu menguras semua air yang ada didalam radiator. Caranya cukup membuka baut pembuangan yang posisinya biasanya berada dibawah radiator.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Setelah semua air didalam terkuras, isi kembali radiator dengan air bersih yang sudah dicampurkan detergen. Jangan lupa untuk menutup kembali keran pembuangan yang ada dibawah agar air tidak kembali keluar.

Selanjutkan nyalakan mesin seperti biasa, tunggu hingga termostat. Jika sudah terbuka, buanglah air yang sudah tercampur detergen tadi dari radiator. Kemudian tinggal isi air bersih selama beberapa kali hingga air didalam radiator bersih/jernih dan tidak terca,mpur air sabun,

2. Air cuka

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Selain dengan detergen, kamu juga bisa memakai air cuka untuk membersihlan radiator yang kotor dan tersumbat. Sama seperti yang daiats kamu perlu menguras air yang ada didalam radiator terlebih dahulu.

Jika sudah isi tangki radiator dengan air bersih, tidak usah terlalu banyak cukup setengah tangki saja. Karena setengahnya lagi akan kita isi dengan cuka putih yang berukuran kurang lebih 4.5 liter. 

Selanjutnya tutup kembali radiator, kemudian nyalakan mesin dan tunggu hingga termostat terbuka. Kemudian biarkan air cuka didalm radiator selama semalaman, kemudian air cuka bisa kamu keluarkan dan bersihkan radiator dengan air bersih.

3. Minuman bersoda

Cara membersihkan radiator mobil yang kotor selanjutnya adalah dengan coca cola atau minuman bersoda. Ya kandungan dalam air soda ini memang sangat ampuh merontokan kerak yang menempel pada logam besi. 

Sementara cara penggunaanya tidak jauh beda dengan yang diatas, pertama kamu perlu menguras air yang ada didalam radiator, jika sudah tinggal kita masukan air coca cola dan tutup kembali. 

Selanjutnya nyalakan mesin hingga termostrat terbuka, lalu buang kembali air coca cola yang ada didalam tangki tersebut kemudian bilas dan setelah bersih tinggal masukan air coolant.

4. Asam sitrum

Jika ingin cara yang lebih alami, ada juga cara membersihkan radiator mobil yang kotor dengan sireum. Sitrum merupakan serbuk asam sitrat yang berasal dari tanah atau buah sejenis jeruk yang diekstrat.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kamu perlu mencampurkan sitrum ke dalam air yang sudah dicampur sabun cuci piring, untuk takaranya cukup kamu kira-kira. Kemudian gunakan sikat gigi untuk mengosok seluruh bagian radiator hingga semua kotoran dan kerak terangkat.

Bisa dibilang pemakian asam sitrum ini palinga efektif dan cukup cepat untuk membersihkan radiator yang kotor.

Cara membersihkan kisi-kisi radiator mobil

Selain bagian dalam atau tangki radiator, pada bagian kisi-kisi sebaiknya juga perlu dibersihkan. Hanya saja proses pembersianya beda dengan yang didalam.

Kamu tidak perlu menyiapkan cairan pembersih khusus untuk mencuci kisi-kisi radiator. Untuk melakukanya cukup memakai air yang sudah dicampur sabun cuci piring atau detergen. 

Celupkan sikat gigi ke dalam air sabun kemudian gosok bagian sela kisi-kisi radiator hingga bersih. Jika sudah cuci dengan air yang mengalir, kondisi kisi-kisi yang bersih tanpa kotoran yang tersumbat tentu membuat sirkulaisi angin lebih lancar sehingga air didalamnya cepat dingin.

Seberapa sering radiator mobil perlu dibersihkan ?

Semua jenis mobil bisa mengalami overheat bila radiator mobil lama tidak dibersihkan atau tersumbat. Sebaiknya, jangan memutuskan untuk mencuci radiator hanya setelah radiator tersebut mengalami kerusakan dan mesin menjadi overheat.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Mesin yangs udah overheat tentu akan berbahaya ketika dipaksa untuk berkendara. Oleh sebab itu setidaknya lakukan pembersihan radiator setidaknya 6 bulan sekali, jika tidak ada waktu anda bisa menyerahkanya ke bengkel radiator.

Cara lain merawat radiator mobil

Selain mencucinya, sebetulnya masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk merawat radiator agar lebih awet. Cara-cara ini mungkin sedikit lebih simpel, tapi tidak kalah penting dari cara membersihkan radiator mobil yang kotor tanpa bongkar. 

Selalu gunakan coolant

Air coolant merupakan cairan yang sudah dirancang untuk mestabilkan temperatur radiator dan suhu mesin. Jadi agar radiator tetap awet dan selalu bersih pastikan gunakan air coolant.

Cairan coolant memang sudah diformulasikan dengan alat pembersih yang bisa menceah terjadinya tumpukan kerak yang menimbukan sumbatan pada lubang kisi-kisinya.

Pastikan tutup radiator terpasang dengan benar

Jika sudah dibersihkan, pastikan untuk menutup kembali tangki radiator hingga rapat, jika tidak air akan rentan bocor keluar. 

Tidak hanya mencegah agar air tidak merembes keluar, tutup radiator juga berfungsi untuk meningkatkan suhu pada radiator, menjaga agar tempertur radiator tetap stabil karena air dapat bersirkulasi keluar masuk ke tangki penyimpanan.

Jika tutup sudah rusak maka jika air didalam jumlahnya berkurang air yang ada didalam bak penampungan tidak dapat masuk ke dalam radiator, atau sebaliknya.

Memperhatikan volume air radiator

Air cadangan pada tangki radiator yang habis atau volumenya kurang membuat mesin mengalami overheat. Jadi pastikan sebelum berpergian untuk selalu mengecek ketersediaan air pada tangki penampungan.

Langkah ini sama pentingnya sebagai cara merawat radiator mobil agar lebih awet dan berfungsi dengan benar. Karena saat kamu memperhatikan volume air yang tersedia, kamu bisa mencegah terjadinya kerusakan dan menimbulkan kerak yang lebih parah.

Nah demikianlah bagaimana cara membersihkan kerak di dalam radiator mobil tanpa bongkar yang bisa kamu coba langsung dirumah. Kondisi sistem pendingin yang selalu baik dan bekerja dengan normal tentu menghindari mesin jadi cepat panas overheat. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas