4 Perbedaan Oli SPX dan MPX Yang Perlu Kamu Ketahui

Beda oli SPX dan MPX untuk motor honda - Hallo dulur... Keberadaan oli tentu sangatlah penting pada semua kendaraan bermotor ataupun mobil, dimana berfungsi untuk melumasi semua komponen yang ada di dalam mesin. Pengunaanya pun tidak asal, pilihlah pelumas sesuai spesifikasi kebutuhan mesin sehingga masa pakainya bisa lebih lama dengan performa yang selalu stabil.

Setiap pabrikan sebetulnya sudah mengeluarkan oli yang sudah dirancang khusus untuk kebutuhan motor produksinya. Misal untuk yamaha bisa pakai Yamalube, sementara Honda bisa pakai SPX dan MPX. Namun bisa jika pakai produk komersil lain seperti TOP 1, Castro, Shell Advance dan merk lainya. Semua bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing terutama pada budget.

Paran pecinta motor Honda mungkin sudah tak asing lagi dengan merk oli SPX dan MPX. Dimana kedua oli tersebut memang direkomendasikan buat kendaraan bermesin Honda, baik untuk jenis matic, bebek atau motor sport. Untuk MPX 2 dipakai buat motor matic sedangkan MPX 1 buat mesin bertrasmisi manual, baik untuk tipe bebek atau sport.

Beda oli spx dan mpx untuk motor Honda

Sebelum memilihnya sebagai pelumas mesin motor kamu. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbedaan antara oli spx dan mpx ini, pilihlah mana yang memang sesuai dengan kebutuhan, penggunaan pelumas yang sesuai membuat suara mesin lebih halus dan mampu menjaga performanya. Berikut penjelasanya,

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

1. SPX merupakan singkatan dari Superior Protextion Expert dengan kemasan botol berwarna orange. Sementara oli MPX singkatan dari Maximum Protection Expert dengan botol kemasan berwarna putih bersih.

2. Oli SPX merupakan jenis oli full sintetis (Full Synthetic) yang berasal dari minyak bumiyang diseleksi kembali. Sedangkan oli MPX merupakan merupakan oli mineral yang merupakan hasil sulingan minyak bumi yang menjadi bahan standar pembuatan sebuah pelumas mesin. 

3. Dari segi harga oli SPX sedikit lebih mahal ketimbang MPX, karna pelumas SPX merupakan oli sintetis yang tidak mudah menguap meski pada titik terpanas mesin serta memiliki molekul yang merata sehingga membuat kinerja mesin jadi lebih maksimal saat suhu mesin sudah tinggi.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

4. Oli SPX terdapat dua varian yakni SPX 1 dan 2, kode 1 diformulasikan khusus buat motor tipe kopling basah seperti pada motor bebek atau sport. Sedangkan SPX 2 dibuat untuk motor matic tipe kopling kering. 

Beda dengan SPX, MPX malah memiliki 3 varian. MPX 1 buat khusus motor yang menggunakan mesin trasmisi manual baik tipe bebek atau sport, MPX 2 untuk motor bertransmisi otomatis seperti motor matic dan MPX 3 sama halnya dengan MPX 1 namun penggunaanya lebih ke motor keluaran lama.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Yang jelas gunakanlah jenis oli yang sesuai spesifikasi mesin motor kalian, sehingga performanya tidak akan terganggu. Khusus untuk motor matic jangan lupa untuk mengganti juga oli gardan setaip dua kali penggantian oli mesin.

Dan pastikan saat mengisi oli jumlahnya disesuaikan dengan kapasitas mesin, untuk motor bebek dan matic 110 cc butuh pelumas 800cc sedangkan motor sport berCC besar 150 CC butuh 1 liter oli. Penggunaan oli yang melebihi atau malah kurang dari kapasitas tentu akan berdampak buruk dikemudian hari.

Nah demikianlah penjelasan mengenai beda oli spx dan mpx untuk motor honda. Penggunaan yang sesuai dengan kebutuhaan dan spesifikasi mesin tentu membuat performanya selalu optimal. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas