Perbedaan Honda Vario Terbaru 125 CBS dan ISS, Mana Yang Lebih Unggul

Banyak yang bertanya-tanya dan masih binggung beda honda vario terbaru 125 cbs dan iss baik keluaran 2020 atau 2021 kemarin. Selain dari harga tentu ada perbedaan lain baik itu dari segi fitur yang tersematkan dan beberapa teknologi pendukungnya yang patut kamu ketahui.

Namun sebelum lanjut membahas tentang perbedaanya, CBS merupakan singkatan dari Combi Brake Sytem  sementara ISS adalah Idling Stop System. Kedua teknologi canggih ini memang memudahkan pengendarai dalam pengendaliman motor sehingga berkendara makin aman dan nyaman.

CBS Combo Brake System  merupakan penggabungkan pengereman depan dan belakang, sehingga ketika tuas rem sebelah kiri ditekan maka kedua rem yaitu depan dan belakang akan bekerja secara bersamaan. Singkatnya ketika kamu mengerem belakang maka rem depan secara  otomatis juga melakukan pengereman. Tentu ini sangat efisien untuk menggurangi kecepatan saat akan berbelok atau sekedar ingin berhenti.

Salah satu ciri motor matic Honda yang sistem pengeremanya sudah CBS adalah terdapatnya stiker yang bertuliskan Combi Brake System yang menempel pada spakbor depan, seperti gambar berikut ini.

Sedangkan Idling Stop Sytem ISS adalah teknologi dimana mesin akan mati secara otomatis meski kontak ON saat motor berhenti minimal 3 detik, misal saat lampu merah dan akan menyala dengan sendirinya saat tuas gas diputar. Jadi tidak perlu menekan starter lagi untuk menyalakannya. Dengan adanya sistem canggih ini motor akan lebih hemat bensin.

Motor matic yang sudah dilengkapi fitur ISS sudah dilengkapi tombol/saklar on/off, sehingga kita bisa mengaktifkan fitur ini atau tidak. Pada Vario CBS ISS saklar ini berada di handle kanan dengan tulisan IDLING dan IDLING STOP.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jadi jika kamu tidak mengingkan mesin mati saat motor berhenti, misal diarea lampu merah kita cukup menekan tombol tersebut ke posisi IDLING. Sedangkan jika ingin mengaktifkan fitur ISS kita tinggal tekan tombol tersebut ke posisi IDLING STOP, setelah aktif (mesin mati) maka indikator lampu berwarna hijau pada panel spedometer akan berkedip-kedip.

Lantas apa perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS ?

Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua jenis motor matic tersebut, yang menjadi garis pembeda secara garis besar adalah sebagi berikut :

1. Warna

Pada motor matic Honda Vario 125 tipe CBS saat ini hanya tersedia dua pilihan warna saja yakni Titanium Black dan Sonic White Red. Sedangkan tipe ISS lebih banyak pilihan warna diantaranya Bionic Red, Vigor Black dan Sonic White Red.

2. Fitur

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Beda antara Vario 125 CBS dan ISS tentu saja ada pada fitur yang disematkan. Jika tipe CBS hanya dilengkapi fitur pengereman ganda CBS saja, sementara ISS lebih unggul yang dilengkapi dua fitur yakni rem ganda CBS Combi Brake System dan teknologi ISS Indling Stop System.

3. Perbedaan harga

Karena minim fitur Vario 125 CBS dijual lebih murah dibandingkan tipe CBS ISS, namun semua tergantung daerah masing-masing karen biasanya harga OTR berbeda. Perbedaan harganya hanya terpaut sekitar 600 ribuan. 

Bacaa juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Jika Vario 125 eSP CBS dijual dengan harga berkisar Rp 18.475.000, sedangkan untuk Vario 125 tipe CBS ISS harga jualnya sedikit lebih mahal Rp 19.075.000. Mungkin ada perbedaan harga disetiap provinsi masing-masing.

Kok perbedaanya hanya sedikit ?

Berdasarkan pantauan tim kami saat mengunjungi salah satu dealer resmi Hondo. Perbedaanya memang tak jauh beda antara tipe CBS dan CBS ISS, sehingga harga jualnya pun hanya terpaut sedikit. Mungkin ini startegi petinggi Honda agar keduanya menguasai pasar otomotif tanah air.

Pilih Vario 125 CBS atau Vario CBS ISS  ?

Semua kami kembalikan pada selera masing-masing dan menyesuaikan budget saat ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas perbedaanya tidaklah terlalu signifikan.

Jika budget terbatas dan tidak terlalu perlu sistem Ideling Stop sytem yang mati dengan sendirinya, maka bisa memilih yang tipe CBS sudah cukup, toh keduanya sama-sama sudah menggunakan head lamp LED dibagian depan, sistem starter AC, ban tubless dan ruang bagasi berkapasitas 18 liter yang muat satu helm.

Nah, demikianlah ulasan dari beda Honda Vario terbaru 125 CBS dan ISS yang perlu kamu ketahui. Sementara dari sisi kenyamanan keduanya sama-sama enak dikendarai dengan suspensi yang lebih empuk. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas