6 Perbedaan Oli Mesin dan Oli Gardan Motor Matic

Perbedaan oli gardan dan oli mesin - Hallo dulur... Dari tahun ke tahun pengguna motor matic semakin meningkat, bahkan kaum adam saat ini lebih memilih menggunakanaya untuk aktifitas sehari-hari. Bukanya tanpa alasan, penggunaan skutik memang lebih prakatis jika dibanding motor transmisi yang perlu menggonta-ganti posisi gigi.

Untuk menjaga performa motor matic kamu tetap stabil perawatan penting dilakukan, toh jika terjadi kerusakan biaya servis matik lebih mahal dari manual. Perawatan yang penting dilakukan adalah selalu memperhatikan memperhatikan pelumasnya dan segeralah untuk menggantinya jika jarak tempuhnya sudah melebihi batas atau selama pemakian dua bulan sekali. 

Bagi kamu pengguna motor matic tentunya tidak menginginkan motor kasayanganya mengalamai kerusakan yang mendadak. Untuk menghindari problem ditengah jalan anda harus mengetahui jadwal/kapan oli gardan dan oli mesin perlu diganti. Selain itu, kamu juga wajib dituntut mengatuhi jenis dan kualitas oli yang akan digunakan. Pilihlah oli mesin dan oli gardan yang sesuai buat motor kamu atau yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Perbedaan oli gardan dan oli mesin untuk motor matic

Perbedaan fungsi

Oli gear atau sering disebut juga oli gardan hanya digunakan pada motor bertrasmisi atau matik saja. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi beberapa komponen yang ada di dalam box cvt, jelas oli gardan ini sangat berbeda dengan oli mesin. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

sementara oli mesin dipakai untuk melupasi komponen yang ada didalam mesin agar berkeja lebih maksimal, penggunaan oli terbaik untuk mampu menjaga performa mesin sehingga tarikan lebih enteng  dan tidak cepat panas.

perbedaan zak adiktif

Sebagaimana yang sudah kami ulas tadi, bahwa oli mesin tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelumas. Ada beberapa fungsi lain yang mungkin baikers yang mungkin belum diketahui seperti menjadi perapat, pendingin, sebagai zat anti karat dan juga melindungi dan membersihkan elemen logam yang ada di dalamnya.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Dengan beragam  fungsi yang dimilikinya, maka zat adiktif yang terkandung pada oli mesin sangatlah beda dengan zat adiktif yang terdapat pada oli trasmisi. Jika dibandingkan, oli mesin merupakan pelumas yang memiliki kandungan zat adiktif yang lebih kompleks.

Waktu penggantian

Jika saat ini kamu menggunakan motor jenis matic, oli mesin motor matik perlu diganti saat jarak tempuh motor sudah mencapai 4000 kilometer. Namun jika motor sering digunakan untuk keperluan kinerja yang berat, seperti sering melewati jalur tanjakan perbukitan naik turun maka penggantian oli bisa dilakukan lebih cepat untuk menghindari mesin cepat panas.

Jika motor sering melewati medan yang berat dan sering digunakan setiap hari menempuh jarak yang cukup jauh, ada baiknya untuk mengganti oli sebelum jarak tempuh 4000 km dan kelipatanya.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Sementara untuk mengganti oli gardan/gear baiknya diganti setiap dua kali penggantian oli mesin. Jadi setidaknya waktu penggantian oli gardan adalah setelah jarak tempuh 8000 km atau setidaknya 4 bulan sekali.

Perbedaan volume oli

Pada setiap jenis motor tentu kapasitas oli motor yang dibutuhkan berbeda-beda. Jumlah kapasitan oli mesin yang populer pada semua pabrikan motor adalah 0.8 L sampai 1 L baik pada tipe bebek atau skutik dengan kapasitas mesin 100 sampai 150 CC. 

Baca juga Cara Yang Benar Mematikan Alarm Kunci di Motor Scoopy

Sementara untuk jenis motor sport dengan kapasitas mesin 250 CC keatas jumlah oli yang diperlukan bisa 2,4 L. Sedangkan jumlah/volume oli gardan yang diperlukan buat motor matik berkisar 100 sampai 12o ml tergantung kapasitas mesinya.

Pemakian oli yang tidak sesuai kapasitas mesin atau terlalu banyak dengan alasan agar lebih awet justru membuat kinerja mesin jadi lebih berat bahkan bisa mengurangi performanya. 

Dampak jika oli sampai habis

Ketika mesin kehabisan oli, dampak yang paling dirasakan adalah performa motor mengalami penurunan dan suara mesin yang lebih kasar. Namun jika motor matic yang kehabisan oli gardan sksnn berdampak langsung pada komponen cvtnya yang akan menimbulkan suara kasar dan jika dibiarkan terlalu lama berpotensi merusak gear box yang ada didalam cvt.

Bahkan bagian gear trasmisi akan hancur sevara ekstrim. Oleh sebab itu, pastikann untuk salalu melindungi mesin dan komponen pendukung lainya dan jangan menyepelekan durasi penggantian oli baik oli mesin atau oli gardan. Dengan begitu kinerja mesin akan selalu stabil untuk masa pakai yang lama.

Perbedaan harga

Jika dilihat dari volume oli, tentu harga jual keduanya jelas beda. Selain itu masing-masing produsen mengeluarkan merk oli yang harga jualnya bervariatif. Secara umum harga oli mesin berkisar 45 hingga ratusan ribu tergantung keunggulan yang ditawarkan.

Sementara untuk oli gardan jauh lebih murah hanya kisaran belasan sampai puluhan ribu rupiah dengan isi 100-150 ml.  Sebelum menggunakanya pastikan untuk mengecek kadar kekentalan oli dan sesuaikan dengan kebutuhan mesin motor kamu.

Nah itulah beberapa perbedaan oli gardan dan oli mesin untuk motor matic penggunaan pelumas yang sesuai kebutuhan mesin tentu membuat masa pakai kendaraan kamu bisa bertahan lebih lama. Sekian dari tim kami semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas