Perbedaan dan Spesifikasi Oli Shell Helix HX6 dan HX7

Perbedaan oli shell Helix hx6 dan hx7 - Hallo dulur... Untuk menjaga performa mesin tetap stabil pengguaan pelumas terbaik tentu sangat disarankan terutama pada kendaraan tua yang cepat panas meski menempuh jarak yang tidak terlalu jauh. Sebaiknya pilihlah oli yang sesuai dengan spesfikasi motor kamu sehingga masa pakainya bisa bertahan lebih lama.

Memang betul, fungsi oli adalah sebagai pelumas. Namun fungsi detailnya adalah membantu melumasi komponen dan setiap partikel yang ada di dalam mesin. Pergerakan tiap komponen didalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kinerja yang dihasilkan lebih maksimal. 

Ya.. Oli mesin memenag berfungsi sebagai pelumas, lebih jelasnya oli membantu melumasi komponen dan setaip partikel yang ada di dalamnya. Kinerja tiap komponen yang ada di dalam mesin pergerakanya perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal sehingga bisa lebih irit konsumsi bensin.

Selain itu, semakin enteng komponen bergerak maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan oleh mesin. Ini merupakan suatu bentuk perbandingan lurus antar kondisi mesin dengan hasil kerjanya. Kamu perlu menggunakan oli kualitas terbaik agar fungsi sebagai pelumas dapat berjalan sebagaimana fungsinya.

Salah satu merk pelumas mesin yang banyak dipakai adalah produk dari shell, dimana mampu menjaga performa mesin dan melindunginya dari karat. Tak hanya satu pelumas shell mengeluarkan beberpa tipe yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan mesin, diantaranya shell helix hx6, hx7, hx5 dan ax5.

Perbedaan dan spesifikasi oli shell helix hx6 dan hx7


1. Beda shell helix hx6 dan hx7 pertama adalah dari harga jualnya. Dimana harga terbaru untuk HX6 perliternya 80 ribuan dan yang kemasan 4 liter 290 ribuan, sedangkan harga shell helix HX7 100 ribuan isi satu liter dan 360 ribuan untuk kemasan 4 liter.


2. Sementara untuk warna kemasan sell hx6 berwarna kuning dan warna biru unruk hx7.

3. Oli shell hx6 diformulasikan buat mesin tanpa turbo, sedangkan shell helix hx7 buat mesin turbo.


4. Perbedaan ke empat adalah SAE, apa itu SAE ? SAE merupakan kode tingkat viskositas atau kekentalan oli shell helix. SAE shell helix hx6 adalah 10w-40 artinya tingkat kekentalanya akan berubah saat cuaca sedang dingin dan panas. 

SAE 10w-40 berarti pada saat suhu rendah(dingin) memiliki sifat yang seperti SAE 10w, pada suhu tinggi seperti SAE 40. Sedangkan SAE Shell helix hx7 sekarang sudah berubah SAEnya dari 10w-40 semi synthetic menjadi 5w-40 full synthetic.

5. Perbedaan lainya adalah pada penggunaan. Shell helix hx6 lebih cocok dipakai buat mobil-mobil dengaan usia 5 tahun kebawah dan shell helix hx7 sangat cocok digunakan buat mobil-mobil dengan usia 5 tahun keatas.

6. Perbedaan selanjutnya adalah jenis oli. Shell helix hx6 merupakan oli semi sintetik sedangkan hx7 full sintetik. 


Seperti yang kita tahu oli semi sintetik terbuat dari bahann dasar minyak mineral dengan sedikit penambahan sintetis hasil rekayasa kimia. Komposisi antara oli mineral dan bahan kimia sintetik bisa cukup beragam, ada yang 80:20 dan ada juga 70:30.

Sedangkan shell helix hx7 merupakan oli full sintetik. Oli sintetik murni mengandalkan unsur-unsur kimia sebagai bahan dasar pembuatanya. Ada beragam jenis bahan kimia yang dipakai untuk membuat oli tipe full sintetik ini seperti, ester, diester hingga polyolester.

Jika dibandingkan penggunaan oli full sintetik lebih bagus, dibandingkan semi sintetik karena lebih kuat terhadap gesekan didalam mesin. 

7. Beda terkahir adalah tingkat kekentalan. Shell helix hx7 cenderung lebih encer dibandingkan kekentalan hx6.

Itulah beberapa perbedaan oli shell helix hx6 dan hx7 buat mobil kamu. Penggunaan pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin tentu membuat performanya sellau stabil dan lebih awet. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas