Perbedaan Oli samping 2 Tak dan Oli mesin Yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan oli samping 2 tak dan oli mesin - Hallo dulur... Oli merupakan cairan atau pelumas yang dibutuhkan untuk sebua benda yang bermesin, baik itu, motor, mobil, diesel atau alat kompresor. Tujuanya adalah untuk melumasi bagian yang bergesekan. Bentuknya sendiri berupa zat cair dengan warna yang beragam sesuai fungsinya dan kandungan dalam oli tersebut. 

Menggunakan kendaraan bermotor memang pilihan tepat ketimbang mobil, selain menghemat jarak tempuh perawatan juga terbilang gampang dan lebih murah dari mobil. Namun, penting juga untuk memahami perawatan kendaraan motor, salah satunya adalah penggantian oli mesin/gardan buata motor matic memang perlu dilakukan secara rutin.

Bicara soal motor, apakah kamu tahu ada beberapa motor yang performanya tak hanya butuh satu oli saja, misalnyan saja motor 2 tak. Motor bermesin 2 tak adalah teknologi mesin terbaik yang pernah ada. Mesin 2 tak dapat menggabungkan kombinasi kecil dan tidak terlalu besar. Hal ini mengakibatkan motor 2 tak performanya jauh lebih tinggi dengan tarikan yang lebih enteng, namun sayangnya terdapat asap yang keluar dari knalpot.

Mengapa disebut 2 tak ? Karena masuk dan keluar pada mesin 2 tak dilakukan hanya dalam dua langkah siklus kerja. Saat peston berputar satu putaran (dibawah putaran itu dan kemudian naik keatas), siklus hisap dan pembuangan selesai.

Khusus untuk motor bermesin 2 tak membutuhkan dua jenis oli agar mesin dapat bekerja, yaitu oli mesin dan oli samping. Keduanya perlu diganti dan di isi secara rutin agar kinerja motor selalu maksimal. Namun tahukah kamu apa beda oli samping dan oli mesin ? Jika tidak mengerti, simak artikel berikut ini.

Perbedaan oli samping 2 tak dan oli mesin

OLI SAMPING

Sama halnya dengan oli mesin, oli samping juga memiliki peran penting dan berfunsi melumasi transmisi bukan silinder. Oleh karena itu, oli dua tak jarang diganti, karena memiliki fungsi yang ringan dan tidak mengalami gesekan yang terlalu besar, paling-paling kalau jumlah/volumenya berkurang tinggal mengisinya kembali.

Sistem kerjanya, oli samping akan mengalir keruang engkol dan silinder bersamaan dengan bahan bakar. Setelah itu oli samping akan bertuga melumasi beberapa komponen mesin yang dilewatinya, kemudian dicampur dan ikut terbakar ke ruang pembakaran dan dibuang ke knalpot. Itulah mengapa motor 2 tak ngebul.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Bisa dikatakan oli samping pada motor dua tak bagaikan nyawa. Ini dikarenakan jika oli samping yang ada diruang bakar sampai habis maka akan menimbulkan dampak yang sangat merugikan. Seperti proses pembakran yang tidak sempurna, piston tidak terlumasi pelumas, sehingga dampaknya piston akan macet dan motor akan berhenti dijalan. Selain itu, mesin motor akan sulit dinyalakan, jadi peran oli samping sangat vital pada motor bermesin 2 tak.

Fungsi oli samping pada motor 2 tak

1. Sebagai pelumas

Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, salah satu fungsi oli samping adalah sebagai pelumas piston dan beberapa komponen tertentu yang dilalui oli samping pada ruang bakar. Oleh karena itu, peran oli samping jauh berbeda dengan oli mesin pada motor 4 tak.

2. Menjaga Silinder dan head

Karena oli samping juga bertugas melumasi silinder dan head dapa mesin ruang bakar sehingga mampu mengurangi gesekan sehingga memperawet masa pakai komponen silinder dan head motor saat proses kerjanya.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

3. Sebagai parfum

Ya.. Saat kita mencium bau asap yang keluar dari knalpot motor 2 tak akan mencium bau yang wangi seperti permen karat. Ini jelas beda jikaa yang keluar asap pada motor 4 tak yang baunya kurang sedap bahkan warnanya cenderung kehitaman yang menganggu pengendara lain.

4. Penambah performa

Maksud dari menambah performa adalah sebagai tambahan khusus diruang bakar karena oli samping jenis, merk dan tibe yang berbeda-beda sehingga akan berdampak langsung dengan performa mesin dan juga menghemat konsumsi bensin yang berbeda. 

Beberapa merk oli samping apabila dipakai pada motor 2 tak akan mengurangi atau malah menambah jumlah asap yang keluar dari knalpot, maka tak asing apabila terdapat merk oli sambing berlabel low smoke. Label tersebut menandakan oli samping akan berpengaruh langsung pada kinerja ruang pembakaran.

OLI MESIN

Oli mesin umunya banyak digunakan untuk motor 4 tak atau 4 langkah yang memiliki fungsi untuk bagian komponen-komponen didalam mesin kendaraan. Saat motor memiliki merk ratusan oli dipasaran, baik tipe motor bebek dengan transmisi manual maupun motor matic. Memilih jenis dan merk oli mesin merupakan tantangan tersendiri, sebab akan berdampak langsung dengan performanya.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Oli mesin merupakan salah satu cairan yang memiliki peran penting dalam sistem kerja pada sebuah mesin. Mengingat fungsinya yang sangatlah penting dimana bertugas gesekan-gesekan antar komponen komponen yang ada di dalam mesin seperti piaton, gear dan mekanisme kopling. Tujuanya agar semua komponen vital tersebut tidak cepat aus sehingga suara mesin terdengar lebih halus tanpa luar asap khusus 4 tak.

Fungsi oli mesin pada kendaraan motor

1. Sebagai perapat

Fungsi utama dari sebuah oli adalah mengurangi gesekan. Oli akan melumasi semua komponen yang dilaluinya dengan sempurna untuk membuat gesekan yang terjadi akan lebih aman.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Memang sistem kerja kedua komponen tersebut dengan cara saling bergesakan untuk menghasilkan sebuah tenaga, sehingga agar tidak cepat aus dan tidak menimbulkan suara maka perlu bantuan oli untuk melumasinya. Jika proses pelumasakan berjalan kurang baik, seperti salah dalam pemilihan oli maka bisa terjadi kerusakan yang lebih fatal.

2. Sebagai anti karat

Seringnya terjadi gesekan beserta panas akan menimbulkan komponen jadi lebih cepat berkarat jika tidak mendapatkan pelumas oli yang sempurna. karat juga bisa muncul karena permukaan komponen dari logam terkena air dan udara.

Utunya jika proses pelumasan selalu berjalan sempurna, maka semua komponen yang berbahan logam dapat tetap terjaga dari karat dan korosi.

3. Sebagai pembersih

Sebagai pembersih merupakan tugas kedua oli karena ketika oli bersirkulasi, seringkali kerak yang menempel ataupun kotoran yang terdapat pada part yang dilaluinya oli akan ikut terbuang ke knalpot, sehingga kondisi piston dan silinder akan selalu bersih.

4. pendingin temperatur mesin

Ada beberapa merk oli yang kemasanya bertuliskan ahlinya dingin. Beberapa pabrikan oli memang memproduksi pelumas yang difokuskan membuat oli yang memiliki karakteristik untuk mendinginkan suhu mesin. Oleh karena itu oli mampu menjaga temperatur dalam meskin meski motor tidak terlengkapi radiator.

Perbedaan oli samping 2 tak dan oli mesin

Bisa disimpulkan oli samping dan oli mesin memiliki peran yang sama yaitu melindungi dan meredam mesin dari gesekan sehingga masa pakainya bisa lebih awet. Tapi ada beberapa perbedaan dari kedua jenis oli tersebut yang perlu kamu ketahui.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

1. Oli mesin

  • Bisa dipakai buat mesin 2 tak, tetapi hanya untuk melumasi bagian kopling dan transmisi.
  • Tidak perlu ditambah kecuali volumenya berkurang akibat bocor atau tumpah saat pengisian.
  • Letak pengisian berbeda, dimana terletak dibagiaan bawah kanan mesin dan melumasi hampir keseluruhan bagian mesin dalam motor/mobil.
  • Bisa untuk 4 tak tetapi oli mesin 2 tak tidak bisa dipakai buat mtoor jenis 4 tak karena beda tingkat kekentalan dan sistem kerjanya.
  • Wajib diganti dan ditap juga sudah waktunya setiap 4.000 km atau selama dua bulan sekali, mana yang tercapai terlebih dahulu.

2. Oli samping 2 tak

  • Hanya diperuntukan buat mesin 2 tak.
  • Pengguaanya bisa dicampur langsung dengan bensin, jika tidak tersedia tangki penampung oli. Bersiko jika takaranya tidak sesuai.
  • Jika jumlah/volumenya berkurang bisa langsung ditambah tanpa perlu mengurasnya.
  • Hanya bertugas melumasi bagian tertentu yang dilewati oleh jalur bahan bakar dan mengeluarkan bau wangi dari asap yang keluar dari knalpot.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang perbedaan oli samping 2 tak dan oli mesin buat kendaraan bermotor. Jangan sampai salah pakai ya masbro, sekian semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas