Cara Menghilangkan Getaran Pada Stang Motor Nmax

Cara menghilangkan getaran pada stang motor nmax - Hallo dulur... Yamaha Nmax merupakan jenis skutik dengan ukuran atau body yang besar layaknya Harly Davidson. Ukuranya yang besar membuat motor ini semakin nyaman dikendarai dengan kapasitas mesin 155 cc membuatnya lebih bertenaga dan tampilanya yang selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun membuatnya semakin lebih berkelas. 

Jikaa dilihat dari depan dari Yamaha Nmax ini, kita akan melihat posisi lampu yang pemasanganya diletakkan pada bagain tengah stang, tepanya disisi bawah dengan headlamp dan lampu sein terpisah. Lampu truningnya memang sengaja dipasang secara terpisah pada sisi bagian depanya. 

Sementara untuk bagian stangnya sendiri, Yamaha Nmax memang sengaja memasang stang dengan model nacked tanpa menggunakan cover apapun untuk untuk membuatnya semakin berkesan lebih elegan dan mewah dikelasnya.

Dengan kata lain, desain stang Yamaha Nmax jauh berbeda dengan generasi tipe motor matic sebelumnya dan penempatan spedoometer yang terpasang menjadi satu dengan bagian body depanya atau terpisah dengan stang. Semenatra untuk bagian bawah stangnya juga terdapat dashboard kecil untuk menyimpanan yang akan sangat membantu pengendara meletakkan barang bawaanya.

Dengan banyaknya fitur canggih yang disematkan pada skulit besar ini, nyatanya ada salah satu kendala/problem yang banyak dikeluhkan mengguna Nmax ini yaitu kondisi stang yang terasa bergetar. Sekilas masalah ini terasa biasa saja dan tak perlu dikhawatirkan, namun saat dipakai buat menempuh jarak yang cukup jauh tentunya akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman dan bisa menggangu konsentrasi dalam berkendara.

Sebetulnya ada beberpa hal yang menjadi penyebab mengapa stang pada motor Nmax bergetar yang akan kami jelaskan dibawah ini beserta cara penangananya agar tidak bergetar kembali.

Penyebab dan cara menghilangkan getaran pada stang motor Nmax

Berikut ada beberapa penyebab mengapa stang Nmax bisa bergetar, diantaranya :

  • Kondisi ban yang tidak standar
  • Kondisi vleg yang kurang bagus
  • Terjadi masalah pada bearing roda
  • Shockbreaker depan yang tidak presisi dan lain sebagainya.

Nah, dan dibawah ini adalah beberapa tips cara mengatasi getaran pada stang motor Nmax yang bisa kamu coba sendiri untuk memperbaikinya, berikut penjelasanya.

Memperbaiki laker

Kondisi laker yang sudah oblak atau sudah mulai goyang juga bisa menjadi penyebab mengapa stang motor terasa bergetar, getaran ini akan semakin teras saat melintas jalan yang rusak. Umunya laker pada as roda ini ada dua yakni disisi kanan dan kiri, jika salah satu oblak tentu membuat perputaran roda tidak sempurna.

Hal inilah yang membuat motor matic kamu sulit dikemdikan dan menimbulkan rasa kurang nyaman terutama saat berbelok karena stang akan tiba-tiba akan bergoyang dan sulit dikendalikan. Laker yang sudah aus ini disebabkan kemasukan air saat sedang dicuci atau melintasi genangan banjir, penyebab lainya adalah seringnya motor melewati jalan yang kurang bagus.

Sementara untuk cara mengatasinya pun tidak begitu sulit karena kamu hanya perlu mengoleskan/memberi gemuk untuk melumasinya. Atau cara yang lebih praktis anda cukup menggantinya dengan yang baru dan beri gemuk agar pemakianya bisa lebih lama. Selalu guanakan  park asli agar lebih awet.

Memperbaiki piringan cakram

Tips mengatasi stang motor bergetar kedua adalah dengan memperbaiki piringan cakram. Perlu kamu ketahui bahwa permasalahan stang motor begetar bukan hanya terletak pada bagian laher saja namun masalah lain yang umun terjadi adalah karena pringan cakram Nmax kamu sudah bengok sehingga mengalami gataran saaat berputar.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Adapun cara untuk mengetahui apakah memang piringan cakram motor kamu benar-benar bengkok adalah dengan melepas piringan tersebut kemudian letakan diatas meja/lantai yang permukaanya rata. Jika piringan kamu bergoyang maka pringan cakram memang mengalami masalah.

Cara lain untuk mengtahui apakah piringan cakram mengalami bengkok adalah dengan melihat kondisi kampasnya. Jika kamu menemukan kampas rem yang habisnya kurang rata/habis sebelah, maka kemungkinan besar cakram tersebut sudah bergoyang dan baru kamu ketahui.

Maka pada problem ini hal yang perlu kamu lakukan adalah mengganti piringan cakram tersebut dengan yang baru, kalaupun diperbaiki tentu tidak bisa kembali sempurna. Kami sarankan untuk mengganti piringan cakram asli agar sistem pengereman kamu tidak terganggu meski harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Melihat kondisi vleg

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Tips mengatasi getaran pada stang motor Nmax lainya adalah dengan memperbaiki velg motor kamu. Sekedar informasi, seringnya melintasi jalanan yang rusak dan berlubang bisa saja membuat velg menjadi bengkok bahkan pecah jika mengalami benturan.

Kondisi ini tidak bisa kamu angap remeh karena bisa membahayakan kamu dalam berkendara dan beresiko jatuh dari motor karena roda tidak mampu berputar dengan sempurna. Maka dari itu kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara memutar roda tersebut beberapa kali. 

Jika melihat goyangan saat ban berputar, maka besar kemungkinan velg motor kamu memang bengkok. Maka agar kembali mulus kamu perlu meluruskan kembali velg tersebut pada ahlinya.

Memperbaiki komstir

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan getaran pada stang motor nmax adalah dengan memperbaiki komstir. Kondisi komstir yang sudah mulai bermasalah ketika stang mulai bergoyang dengan sendirinya dan terasa berat saat berbelok. Jika terus dibiarkan justru membuat stang semakin begetar yang membuat semakin tidak nyaman saat motor dikendarai. Maka dari itu kamu bisa melakukan perbaikan komstir ini dengan mengencangkan komstir yang sudah kendor.

Namun jika sudah dikencangkan tapi stang masih tetap bergoyang, maka kamu perlu mengganti komstir tersebut sehingga motor Nmax kamu kembali nyaman dikendarai.

Memperbaiki shockbreaker depan

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Tips berikutnya adalah memperbaiki shockbreaker depan. Seiring lamanya penggunaan dan terlalu sering melewati kontur jalan yang berlubang membuat shockbreaker ini selalu bermasalah sehingga berdampak langsung dengan nyamanan dalam berkendara.

Kamu bisa melakukan pengecekan dengan mengamatinya, jika shockbreaker mengeluarkan oli yang banyak menempel pada AS. Maka ini bisa jadi indikasi shockbreaker motor kamu sedang tidak bagus. 

Untuk memperbaikinya kamu perlu mengganti seal yang bocor dengan yang baru. Jika shockbreaker terasa keras kamu bisa mengganti oli di dalamnya dengan takaran yang sama antara bagian kanan dan kiri agar lebih empuk saat melibas kontur jalan yang rusak. 

Selain melakukan perbaikan dari beberapa poin tadi, ada cara alternatif lain untuk meredam getaran pada stang Nmax yaitu dengan pemasangan jalu setang dengan ukuran yang lebih berat. 

Fungsi jalu setang disini adalah mengurangi getaran dan sebagai penyeimbang sekaligus membuat tampilan motor lebih cantik.

Nah demikianlah beberapaa ulasan cara menghilangkan getaran pada stang motor Nmax yang bisa kamu coba untuk memperbaikinyaa sendiri. Semoga artikel kali ini bisa membuat motor kamu nyaman kembali dikendarai. Sekian dan terikmakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas