Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Nmax Bergetar Saat Digas

Penyebab dan cara mengatasi motor nmax bergetar saat digas - Hallo dulur... Untuk menjaga skutik kamu agar selalu dalam peformanya perawatan penting dilakuakn secara berkala, dan yang paling penting adalah penggantian oli mesin dan oli gardan secara terjadwal dan servis pada blok CVT. Pasalnya tak sedikit motor yang masih tergolong baru keluaran baru tahun 2020juga mengalami masalah yang cukup seirus.

Terkenal sebagai motor matic tergesit dikelasnya, Yamana Nmax memang dibekali spesifikasi yang mumpuni dengan kapasitas mesin 155 cc dan tersematkan fitur menarik lainya. Namun sama halnya dengan jenis matic lainya motor Nmax juga memiliki kelemahan yang membuat jengkel saat dikendarai. Pasalnya jika bok cvt kotor, akan menyebabkan akan membuat kendaraan ini bergetar saat rpm rendah atau pas pagi hari.

Ya.. Karena box cvt ini tertutup rapat, partikel debu didalamnya disebabkan kotoran akibat kikisan kampas ganda, sehingga membuat kampas ganda jadi selip. Ketika kampas ganda mengalami selip atau tidak bisa traksi dengan sempurna terhadap rumah kampas gandanya. Hal ini lah menjadi penyebab mengapa motor matic menjadi bergetar saat gas rendah.

Penyebab dan cara mengatasi motor Nmax bergetar saat digas

Baca juga [KLIK DISINI] 5 Cri dan Perbedaan Oli Yamalube Asli dan Palsu

Yamaha Nmax merupakaan motor matic bercc besar yang pertama kali diproduksi tahun 2015 silam dan diakhir tahun 2017 pihak Yamaha melaakukan perombakan secara besar-besaran pada stutik tersebut akan mampu bersaing dengan pabrikan Honda PCX. 

Yamaha Nmax merupakan salah satu stutik yang cukup pomulir ditahah air yang nyaman dikendarai buat kaum adam dan hawa. Bahkan dari data statistik menunjukan bahwa Nmax merupakan jenis skutik yang menjualnya melebihi angka Yamaha Mio terdahulu. Sayangnya tak sedikit yang tahu bahwa motor matik bercc besar ini memiliki beberapa permasalah yang kerap kali muncul.

Seperti efek gredet atau seluruh body bergetar saat digas pada rpm putaran rendah memang kerap terjadi pada motor bertransmisi matik. Gejala tersebut tentu sangat menganggu kenyamanan dalam berkendara.

Lalu, apa yang penyebab dan cara mengatasi motor matic Nmax bergetar atau gredek agar kembali nyaman dikendarai ? Simak beberapa penyebabnya dibawah ini.

Stang kemudi ikut bergetar

Baca juga Cara Menghidupkan Motor Matic Nmax Aki Soak

Pada tarikan awaal beberapa pengendara banyak yang mengeluhkan adanya getaran yang sangat terasa sampai pada stang yang kita pegang. Getaran tersebut bisa saja muncul jika baut Engine Mounting kendur. 

Agar motor Nmax kamu tidak kembali bergetar saat rpm rendah, kamu cukup melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika baut dalam kondisi kencang, maka untuk meredam getaran tersebut kamu bisa pasang jalu atau pemberat stang.

Tensioner kendaraan lemah

Tak hanya terjadi pada motor matic, tensioner yang lemah juga kerap terjadi pada motor jenis apapun tak kecuali tipe bebek atau sport. Dalam jangka pendek saat tensioner sudah lemah akan menyebabkan suara kasar pada mesin tak kecuali pada Nmax.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jika tidak segera diatasi, jangka panjangnya justru menimbulkan kerusakan yang lebih berat lagi seperti gredek. Jika masalah ini terjadi pada motor kamu, cara mengatasi agar Nmax tidak bergetar kembali adalah dengan mengganti tensionernya.

Spring tensioner

Kondisi seperti ini kerap terjadi ketika idling berada diangka 1500 hingga 9000 Rpm. Pada kondisi seperti ini mesin matic kamu seperti mesin jahit yang terdengar kasar, akibat spring tensioner assy broken.

Sebetulnya matic Nmax kamu masih bisa digunakan dengan normal selama tidak melebihi bercepatan 50 km/jam. Kerusakan pada spring tersioner atasi dengan mengganti park tensioner assy di bengkel resmi Yamaha. Dengan melakukanya dibengkel resmi proses penanganan akan dilakukan sesuai prosedur untuk menghindari kerusakan pada komponen lain.

Mur pulley depan lepas

Penyakit seperti ini memang kerap terjadi pada motor Nmax yang baru melakukan penggantian Vbelt atau sedang bongkar pasang box cvt. Mulai dari bagian depan mur pulley hingga bagian belakang. 

Baca juga Tips Menggunakan Cat Pilox Agar Mengkilap Dan Tidak Mudah Mengelupas

Namun, umunya masalah ini kerap terjadi dalam mur pulley bagian depannya yang terlepas pada kruk as. Sehingga mengakibatkan kipas pully ataupun face drive rusak.

Parahnya, blok CVT bisa saja pecah/retak yang menyebabkan motor jadi bergetar. Jadi untuk mengatasinya, perhatikan tanda titik yang seharusnya yang serharusnya ada di posisi luar saat pemasangan mur pulley depan. Menggunakaan model mur pulley top juga efektif untuk mengikat posisi kruk as lebih kuat.

Bearing trasmisi

Masalah terakhir ini kerap terjadi pada Nmax keluaran tahun 2015-2016. Biasanya hal ini terjadiketika skutik berjalan dan terdengar suara dibagian trasmisi gear box. Jika ini terjadi, park yang perlu di ganti adalah bearing transmisi dengan kode 93306204XH.

Nah, demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi motor Nmax bergetar saat digas pada rpm rendah. Agar kerusakan tidak terjadi kembali dalam waktu dekat, sebaiknya selalu gunakan park yang asli agar berkendara lebih aman dan nyaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas