Penyebab dan Cara Memperaiki Kipas Angin Berputar Lambat

Penyebab kipas angin berputar lambat - Hallo dulur... Sama halnya dengan AC air conditioner fungsi kipas angin adalah untuk meredam atau membuat hawa sejuk didalam ruangan baik saat siang atau malam hari. Cara kerjanya sendiri menggunakan baling-baling yang berputar kencang sehingga menimbulkan angin sehingga rumah tidak terasa panas yang dibantu tenaga listrik. 


 Kipas angin merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling banyak digunakan ketimbang AC. Ya.. Selain harganya yang jauh lebih terjangkau biaya listrik pemakian kipas angin lebih murah sehingga banyak yang menggunakan nya sebagai penyejuk ruang. Namun sama halnya dengan peralatan elektronik lainya, seiring lamanya pemakian kipas angin juga bisa rusak. 

Salah satu masalah/kerusakan yang sering terjadi adalah putaran kipas yang lemah saat dinyalakan meski sudah diatur pada speed yang paling kencang. Kerusakan ini tentu bisa menggangu kinerjanya saat suhu ruang sedang panas-panasnya.

Penyebab dan cara memperbaiki kipas angin berputar lambat

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kipas angin kamu yang berputar lambat, lemahnya putaran mesin disebabkan karena beberapa faktor. Berkut beberapa penyebabnya.


Kapasitor sudah melemah

Kapasitor melemah bisa juga menjadi penyebab utama mengapa kipas tidak bisa perputar dengan kencang. Hal ini bisa terjadi jika umur kapasitor yang sudah tua dan sudah terlalu lama digunakan.

Penurunan kinerja kapasitor ini bisaa ditandai dengan mengeringnya cairan elektrolit pada bagian fisik yang menggembung. Namun tak jarang kondisi ini juga tidak ditandai dengan kondisi fisik yang menggembung.


Jika kinerja kapasitor sudah mulai melemah, maka kamu perlu menggantinya yang sesuai dengan kapasitor yang baru.

Yang perlu diperhatikan saat akan mengganti kapasitor kipas adalah kapasitas dari kapasitor tersebut. Pastikan kapasitasnya sama dengan kapasitor yang dipakai sebelumnya agar tidak mengalami korsleting.

Jika bisa menggantinya sendiri, kapasitor kipas angin bisa kita dapat dengan harga yang sangat murah antara 10 hingg 50 ribuan tergantung kualitasnya.

AS rotor sudah aus/kotor

AS rotor merupakan salah satu komponen yang ada pada kipas angin, tepatnya ada pada bagian dinamo. Fungsinya adalah memutarkan baling-baling kipas.

Pemakian kipas angin yang sudah terlalu lama maka bisa menyebabkan tumpukan debu dan partikel lainya yang akan menggangu putaran AS rotor tersebut, sehingga membuat baling-baling kipas berputar lebih lemah.


Agar kipas angin yang berputar lambat bisa kencang kembali maka kamu perlu membersihkan tumpukan debu yang ada pada AS rotor tersebut dan lakukan pembersihan juga pada sistem dinamonya.

Jika ditemukan kondisi as rotor kering, kamu bisa memberi pelumas secukupnya agar putaranya lebih enteng.


Namun jika ditemukan kondisi as rotor yang sudah aus karena faktor usia, maka disarankan untuk melakukan penggantian dengan yang baru.

Nah temen-temen demikianlah beberapa penyebab dan cara memperbaiki kipas angin yang berputar lambat atau lemah. Namun jika mengalami kendala saat proses perbaikan tidak ada salahnya untuk membawanya langsung pada ahlinya agar kerusakan tidak semakin parah. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas