Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Berbunyi

Cara memperbaiki kipas angin yang berbunyi - Hallo dulur... Dimusim panas seperti saat ini keberadaan kipas angin sangat dibutuhkan agar udara didalam ruangan tidak terasa pengap. Selain menggunakan AC, hampir semua warga Indonesia menggunakan peralatan elektronik ini karena biaya listrik sangatlah murah dengan harga yang sangat terjangkau dan biaya servis yang terbilang sangat murah bahkan bisa diperbaiki sendiri.

Sistem kerja kipas angin sendiri memakai baling-baling yang bercabang tiga dengan desain dan bentuk yang sedimikian rupa sehingga memungkinkan bisa menghisap udara/angin dari belakang lalu dihembuskan ke dapan. Baling-baling ini akan terus berbutar searah jarum jam saat kipas dinyalakan. Namun agar lebih awet sebaiknya pemakiannya perlu diperhatikan dan sebaiknya jangan dihidupkan selama 12 jam penuh.

Beberapa kerusakan pada kipas angin yang kerap dijumpai adalah putaran baling-baling yang melemah atau munculnya bunyi kletek-kletek saat dinyalakan. Beberapa kerusakan ini bisa terjadi seiring dengan lamanya pemakian atau atau karena faktor usia.

Cara memperbaiki kipas angin yang berbunyi

Kipas angin yang mengeluarkan suara berisik saat berputar bisa kita perbaiki sendiri tanpa perlu membawanya ke tukang servis elektronik. Nah berikut adalah beberapa komponen yang perlu kamu perbaiki.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Bersihkan komponen secara menyeluruh

Udaraa yang ditarik dari kipas angin mengandung partikel debu dan sebagian debu ini akan menempel pada pada seluruh bagian kipas angin. Seiring berjalanya waktu partikel debu yang menempel akan semakin menumpuk dan menggangu kinerja kipas angin itu sendiri, dampaknya akan membuat kipas angin mengeluarkan suara berisik saat menyala serta membuat putaran baling-balin melemah.

Sehingga agar suara kipas angin kembali lembut kamu perlu membersihkanya dari partikel debu dan bersihkan mesin dinamonya, jika kondisi AS nya kering tidak ada salahnya untuk memberi sedikit pelumas agar tidak seret saat berputar sehingga suara berisik tidak kembali muncul.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Perbaiki posisi baling-baling yang tidak seimbang

Munculnya suara berisik pada kipas angin juga bisa disebabkan karena posisi baling-baling yang tidak lagi seimbang. Biasanya posisi baling-baling dengan As sudah longgar, sehingga saat berputar akan bergoyang dan menimbulkan suara yang cukup menggangu. 

Jadi agar suara berisik tidak kembali muncul kamu perlu memposisikan kembali baling-baling secara seimbang kemudian pasang mur/pengencang dengan kuat. Jika kondisinya memang sudah longgar kamu bisa mengakalinya dengan mengganjalnya pakai ban dalam bekas.

Kencangkan semua mur, baut dan sekrup

Kipas angin terbentuk dari beberapa komponen dirakit menjadi satu, seiring lamanya pemakian mur atau baut ini akan kendor akibat getaran kipas angin saat berputar. Jadi agar suara berisik tidak kembali muncul tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada semua baut dan baut, jika ditemukan memang kendur kamu bisa mengencangkan kembali

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul 

Pastikan semua komponen dalam kondisi kering

Secara tidak langsung kondisi kipas angin yang basah akan menimbulkan suara berdengung dan berisik saat berputar. Kondisi kipas angin yang basah bisa saja terjadi saat atap rumah bocor, sehingga saat hujan air mengenainya. Air hujan yang bersifat asam akan berdampak langsung pada kompon elektroniknya. 

Saat basah kamu bisa mengeringkanya dengan lap yang lembut hingga kondisinya benar-benar kering atau bisa menjemurnya dibawah terik matahari langsung untuk mengeringkan komponen pada dinamonya.

Kondisi baling-baling patah/retak

Kondisi balinng yang pecah aatau retak meski hanya beberapa cm juga bisa menmbulkan suara berisik/gemuruh saat berputar. Jika ini terjadi pada kipas angin kamu sebaiknya ganti dengan baling-baling yang masih utuh dengan ukuran dan tingkat ketenalanya sama dengan yang lama agaar tidak berpengaruh saat berputar nanti.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Ada beberapa yang mencoba mengelem baling-baling yang pecah, hanya saja saat kipas berputar begitu kencang akan akan pecah kembali. Jadi menurut kami kurang efisien jika tidak diganti.

Nah temen-temen demikianlah beberapa cara memperbaiki kipas angin yang berbunyi bersik saat dinyalakan yang bisa kamu coba untuk memperbaikinya sendiri dirumah. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas