5 Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor injeksi brebet saat mesin dingin

Penyebab motor injeksi brebet saat mesin dingin – Hallo dulur… Seiring dengan berkembangnya zaman banyak kemajuan teknologi yang mengikutinya, salah satunya adalah pada dunia otomotif tepatnya pada kendaraan bermotor. Dimana saat ini banyak teknologi canggih yang disematkan, salah satunya adalah terdapatnya fitur smart key dimana menyalakan mesin tanpa perlu kunci serta dilengkapi alarm pada system keamananya.

Sementaraa untuk mesin saat ini motor sudah menggunakan teknologi injeksi, sehingga berkendara semakin gesit tanpa khawatir boros bensin dengan emisi gas buang yang rendah. 

Sebetulnya teknologi injeksi pada motor masih tergolong baru, dimana jika dibandingkan dengan mobil yang sudah lama menggunakan system injeksi ini sejak tahun 90am silam khususnya untuk jenis sedan. 

Pengertian mesin motor injeksi

Injeksi merupakan suatu metode campuran antara bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan proses pembakaran yang lebih sempurna dari system karburator. Agar dapat bekerja injeksi membutuhkan perangkat bernama injektor yang bertuga menyuplai campuran antara bahan bakar dengan udara.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Teknologi injeksi merupakan penerus dari system karburator pada kendaraan bermotor tahun 2010 silam. Dalam hal keunggulan motor injeksi jelas lebih unggul dari beberapa aspek jika dibandingkan karburator yang lebih boros bahan bakar.

5 Penyebab dan cara memperbaiki motor injeksi brebet saat mesin dingin seperti kehabisan bensin

Tak sedikit yang mengeluhkan mengapa motor injeksi terasa brebet saat mesin dingin seperti kehabisan bensin, padahal motor sudah menggunakan teknologi injektor dimana proses pencampuran bbm dengan udara sudah disetting secara khusus.

Dalam hal ini ada beberapa indikasi mengapa motor injeksi bisa brebet saat mesin belum panas, penyebanya diantara lain karena pada system kelistrikan seperti pengapian, pengisian dan lainya atau karena saringan filter ineksi yang sudah kotor juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk lebih jelanya simak beberapa penjelasan dibawah ini.

Filter pompa injeksi yang kotor

Penyebab motor injeksi brebet juga bisa disebabkan filter pompa ineksi yang kotor. Sedangkan fungsi filter ini adalah untuk menyaring kotoran yang ada didalam tangka sebelum masuk keruang bakar.

Ketika filter ini kotor dan tersumbat maka proses penyaringan bbm tidak berjalan dengan baik, efeknya dalam jangka panjang bisa merusak komponen fuel pump. Selain itu juga bisa merusak dynamo fuel pump, jika sudah rusak maka kamu perlu menggantinya. 

Jika komponen filter ini kotor maka kamu cukup membersihkanya atau bisa menggantinya dengan yang baru. Agar tidak terjadi sumbatan seharusny filter ini perlu dibersihkan ketika motor servis.

Kerusakan pada sensor injeksi

Penyebab dan solusi motor injesi kamu brebet saat mesin dingin berikutnya adalah kerusakan pada sensor injeksi. Fungsi sensor ini adalah untuk mendeteksi atau mengatur jumlah bensin yang akan masuk ke dalam ruang bakar.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Sensor inilah yang menggantikan pengaturan sekrup pada system karburator. Sehingga jika sensor ini bermasalah suplai bensin bisa berkurang atau berlebuh yang akibatnya membuat motor brebet saat dinyalakan.

Jika sensor ini sudah tidak berfungsi sebagaimana fungsinya, maka jalan satu-satunya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Tekanan pompa bensin yang menurun

Bukan hanya saat kondisi dingin, motor injeksi juga bisa mengalami brebet saat rpm rendah, penyebabanya adalah karena tekanan yang dihasilkan dari pompa bensin atau fuel pump kurang stabil atau menurun.

Penuruan ini bisa terjadi jika fuel pump kotor sehingga membuat jumlah bensin yang masuk ke ruang bakar berkurang akibat terjadi sumbatan. Penyumbatan akibat kotoran yang ikut terbawa bensin ini bisa menurunkan kinerja fuel pump.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Jadi solusi masalah ini adalah dengan mengecek secara langsung kondisi fuel pump, kondisi fuel pump yang normal tentu membuat performa mesin kembali stabil.

Filter udara yang kotor


Penyebab lain mengapa motor injeksi bisa brebet bisa berhubungan dengan filter udara. Sudahkan kamu mengganti filter udara setelah jarak tempuk 12.000-14.000 sekali ?

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Jika belum bisa jadi penyebabnya karena filter udara kotor sehingga tidak bisa menyaring udara dengan sempurna. Kotoran pada filter ini disebabkan oleh kondisi jalan yang dilalui terlalu banyak debu sehingga udara yang masuk bercampur partikel debu dan lama kelamaan akan semakin menumpuk.

Agar tidak menimbulkan sumbatan, sementara kamu bisa membersihkan filter udara tersebut agar kinerja mesin kembali normal. Namun akan lebih bagus jika diganti dengan yang baru agar performa mesin selalu stabil.

Jarak renggang busi kurang tepat

Selanjutnya kamu bisa mengecek kondisi busi untuk mengetahu apakah penyebab motor brebet seperti kehababisan bensin. Ada beberapa hal yang bisa terjadi pada komponen kecil ini. Pertama jarak busi yang terlalu renggang bisa memicu percikan api yang dialirkan ke ruang bakar kurang sempurna.

Kedua karena busi kotor atau justru mati, busi yang kotor berwarna kehitaman seperti gosong menandakan campuran antara bensin dan udara kurang seimbang. Jika kotor kamu bisa memersikan ujung busi tersebut dengan mengamplasnya hingga bersih.

Jika jarak renggang busi kurang tepat, kamu perlu menyetel ulang hingga jarak yang sesuai. Jika ragu melakukan hal ini kamu bisa membawanya ke bengkel agar disetel ulang.

Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah penggunaan jenis bahan bakar yang tepat. Untuk menjaga ruang bakar tetap bersih disarankan menggunakan bbm dengan oktan tinggi, setidaknya 92 dan yang tak kalah penting adalah melakukan penggantian oli secara rutin.

Nah demikianlah ulasan mengenai penyebab motor injeksi brebet saat mesin dingin seperti kehabisan bensin yang perlu kamu ketahui. Semoga sedikit penjelasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat untuk menjaga performa mesin tetap stabil. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas