Penyebab dan Ciri-ciri Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Penyebab dan ciri-ciri fuel pump motor injeksi rusak - Hallo dulur... Bisa dikatakan hampir semua kendaraan motor keluaran terbaru baik jenis bebek dan matic saat ini sudah memakai system injeksi untuk proses pembakaranya. Diandingkan menggunakan karburator teknologi injeksi ini memeliki beberapa keunggulan diantaranya lebih hemat konsusmi bensin tanpa mengurangi performa mesin dengan emisi gas buang yang lebih rendah.

Agar dapat bekerja system injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap atau mengalirkan bensin dari tangka penyimpanan untuk disemprot ke injector. Karena fungsinya yang sangat vital kondisi pumpa bensin ini harus dalam kondisi normal sehingga mesin tidak mengalami brebet akibat suplai bensin yang terhambat.

Ada dua hal yang menjadi penyebab rusaknya fuel pump atau pompa bensin motor, pertama karena factor usia dan kebiasaan sering membiarkan tangka bahan bakar nyaris kosong. Umunya fuel pump ini mampu bertahan hingga lima tahun lebih apabila diperlalukan dengan normal. Mangsudnya adalah selalu menjaga jumlah bensin setidaknya setengah tangka, jika membiasakan kosong banyak residua tau kotoran didalam tangka ikut masuk ke penyaringan fuel pump yang membuat kerusakan.

Berbeda dengan motor yang menggunakan system karburator, mesin injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap bensin dari tangka menuju ruang bakar. Biasanya buat motor yang sering digunakan sehari-hari, pompa bensin ini minta diganti setidaknya dalam jangka lima tahunan. Ujar salah satu mekanik bengkel resmi Ahhas Honda.

Fungsi lain dari fuel pump adalah untuk menjaga tekanan dari bensin ke injector agar tetap tinggi. Jika sudah semakin lemah, maka gejala pertama yang bisa diraasakan saat berkendara adalah tarikan motor terasa brebet seperti kehabisan bensin. Tak jarang motor juga mengalai mogok karena suplasi bensin ke ruang pembakaran kurang stabil.

Ciri-ciri fuel pump injeksi motor rusak

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

1. Motor susah distarter

Tanda pertama jika pompa bensin ini rusak adalah motor akan sulit dinyalakan meski menggunakan kick starter sekalipun. Jika pompa melemah, maka tekanan pasokan bensin ke injector pun ikut melambat. Sehingga membuat mesin harus dicoba beberapa kali untuk dinyalakan.

Hal ini bisa terjadi karena fuel pump tersebut telah kotor dan mengalami sumbatan, sehingga membuat suplai bensin ke ruang bakar menjadi tersendat.

Setelah mesin berhasil dinyalakan, saat gas diputar pun suara mesin masih terasa brebet. Hal ini disebabkan karena kurangnya pasokan bensin yang masuk ke ruang pembakaran.

2. Indikator cek engine selalau berkedip

Selain sulit dinyalakan, ciri lainya adalah indikator cek engine yang berkedip. Pada motor injeksi memang sudah dilengkapi indikator cek engine yang dikemas jadi satu pada speedometer, sehingga jika system injeksi mengalami masalah lampu indikator ini akan berkedep secara otomatis. Tak kecuali kerusakan pada pompa bensin yang membuat cek engine berkedip.

Namun, kerusakan fuel pump tidak selalu ditandai dengan Manfunction Indicator Lamp MIL stsu kode kerusakan pada panel instrumen menyala.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Jika kondisi normal saat kunci kontak posisi ON maka MIL akan menyala selama 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saart MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada system sensor. Apabila tidak terjadi keruskan maka MIL akan mati.

Jadi jika lampu ini berkedip dan disertai beberapa gejala yang sudah kami sebutkan diatas tadi, maka besar kemungkinan terjadi masalah pada pompa bensin sehingga perlu diganti.

3. Suara pompa melemah

Tanda-tanda fuel pump motor rusak berikutnya adalah ketika kita memutar kunci motor ke posisi ON akan selalu terdengar bunyi dengungan selama beberapa detik. Ya.. Suara ini berasal dari tangki kendaraan, ketika fuel pump rusak atau melemah maka bunyi yang keluar saat kontak ON tidak lagi terdengar nyaring atau hanya pelan.

Jika beberapa ciri-ciri fuel pump rusak tadi terjadi pada kendaraan kamu, maka sudah seharusnya untuk melakukan pengecekan ke bengkel resmi secara langsung untuk mendeteksinya.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Untuk mengetahui kerusakanya, biasanya bengkel resmi akan langsung melakukan pengecekan dan tes langsung terhadap motor kamu menggunakan alat full pressure guage. Alat ini memang berfungsi untuk mendeteksi/membaca kerusakan yang terjadi pada fuel pump bensin motor.

Jika memang kerusakan terjadi pada fuel pump atau pompa bensin motor kamu, maka cara satu-satunya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Mengganti pompa bensin ini harus satu set yang berisikan motor pompa, IC control, fuel leverl gauge dan seringan. Sehingga kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk menggantinya, untuk furl pump asli atau genuine bisaa 450 ribuan.

Nah demikianlah beberapa penjelasan dari ciri-ciri fuel pump motor injeksi rusak yang bisa kamu deteksi sejak dini. Ada baiknya untuk merawat kendaraan kamu mulai dari hal kecil seperti menjagaa volume tangki bensin. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas