Penyebab Motor Injeksi Tiba-tiba Mati Saat Mesin Panas

Penyebab motor injeksi tiba-tiba mati saat mesin panas - Hallo dulur... Untuk menjaga performanya, perawatan penting dilakukan agar motor kamu tidak mengalami mogok saat dipakai berpergian. Masalah pada mesin dan kelistrikan bisa saja terjadi kapan pun meski kendaraan yang kamu pakai tergolong keluaran terbaru baik jenis matic maupun bebek.


Beberapa problem yang sering terjadi adalah motor tiba-tiba mati mendadak saat mesin panas, tentu hal ini akan membuat pengendara binggung dan membuat rasa panic tersendiri. Mungkin bagi baikers yang paham dunia otomotif bisa bisa memperbaikinya sendiri meski ditengah jalan sekalupun,  namun ini berbeda untuk orang awan yang tidak mengetahuinya dan mau ngak mau harus mendorong sampai ke bengkel.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengapa mesin motor sering mati mendadak saat mesin panas. Jika kamu memahami apa saja yang menyebabkan hal tersebut, tentu akan mudah diatasi tanpa perlu mencari bengkel terdepat.

Namun tak sedikit yang tahu masalaah mesin motor mati saat panas khususnya yang sudah menggunakan system injeksi dimana banyak soket-soket penting yang perlu dilakukan pengecekan langsung dengan alat khusus seperti scanner.

Penyebab motor injeksi tiba-tiba mati mendadak saat mesin panas

Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mesin motor tiba-tiba mati saat kondisi panas, ada beberapa hal yang mempengaruhi mengapa kerusakan ini bisa muncul.


Nah, sebelum kamu memutuskan untuk memperbaikinya sendiri, cari tahu terlebih dahulu masalahnya. Sebab kendaraan dengan masalah yang berbeda, penanganannya juga juga berbeda. Sebab kerusakan semacam overheat ini harus segara diatasi agar kerusakan yang parah tidak terjadi seperti stang piston bengkok akibat terlalu panas.

Toh, matinya mesin motor tidak semua disebabkan oleh busi, bisa saja komponen lain rusak. Dan berikut adalah penyebab lainya yang bisa kamu cek sendiri.

Masalah pada busi


Seperti yang kami katakan tadi masalah semacam mesin tidak bisa dinyalakan atau tiba-tiba mogok bisa saja disebabkan karena masalah pada busi. Kepala busi atau ujung busi yang sudah longgar, basah atau kotor kehitaman membuat suplai arus listrik jadi terhambat sehingga proses pembakaran tidak terjadi.


Jika memang ini penyebabnya, kamu bisa menggantinya dengan yang baru sesuai atau sama dengan busi yang kamu pakai atau saat kondisi darurat kamu bisa mempersihakn ujung busi tersebut dengan cara mengamplasnya hingga bersih kemudian pasang kembali.

Pengapian yang lemah



Penyebab mesin motor mati mendadak saat panas juga bisa disebabkan pengapian yang semakin melemah.


Ya.. Seiring lamanya pemakian komponen spul api akan semakin melemah sehingga hal tersebut busi membuat mesin tiba-tiba mati akibat suplay listrik terhambat dan proses pembakaran tidak terjadi. 
Bisa juga terjadi karena spul eror sehinga beradu api antara satu dengan yang lainya. Jika hal ini terjadi, kamu bisa cek kabel hitam list merah dari spul bagaian bawah.

Untuk bisa mengeceknya tempelkan kabel pada bagian mesin kemudian coba untuk menyalakan motor dengan kick starter. Dari sinilah kamu bisa mengetahui pakah masih ada pengapian atau tidak, jika ada api akan keluar saat ujung kabel penempel bagian bodi motor. Tempelkan dibagian besinya ya sob, atau blok mesin jangan pada body plastinya.

Pengapian yang melemah juga bisa terjadi jika kompone CDI mengalami kerusakan sehingga tidak dapat mensuplai arus listrik menuju komponen busi.


Jumlah oli berkurang


Volume oli yang berkurang bahkan habis juga bisa menyebabkan mesin mati dan susah untuk dihidupkan kembali. 

Seperti yang kita tahu fungsi oli pada mesin adalah sebagai pelumas beberapa komponen mesin saat bekerja, jika jumlahnya berkurang bahkan habis tentu proses pelumasan tidak bisa terjadi sehingga menyebabkan mesin tiba2 mati dan sudah dihidupkan kembali.

Parahnya jika volume oli sampai habis bisa berdampak fatal yakni menyebabkan komponen didalam mesin macet, sehingga kamu perlu budget lebih untuk memperbaikinya.

Pastikan untuk mengganti oli secara rutin dan selalu cek jumlahnya terutama saat berpergian jauh dan pastikan gunakan oli sesuai spesifikasi mesin motor kamu.

Masalah pada fuel pump


Bisa dikatakan fuel pump atau pompa bensin menjadi komponen penting pada motor injeksi, dimana berfungsi untuk memompa bensin dari tangki menuju ruang bakar.

Jika fuel pump ini bermasalah tentu suplay bensin ke ruang pembakaran dapat terhambat sehingga membuat mesin mendadak mati. Keruskan pada fuel pump ini bisa terjadi akibat banyaknya kotoran yang menumpuk sehingga menyebabkan sumbatan.


Untuk malah pada fuel pump jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru. Agar tidak terjadi sumbatan pada pompa bensin ini sebaiknya jangan membiasakan jumlah BBM didalam tangki jumlahnya sedikit, setidaknya setengah tangki sehingga kondisi dalam tangki akan selalu bersih.

Injektor kotor/rusak


Apa bila motor injeksi kamu saat ini sudah berusia 5 tahun lebih atau jarak tembuhnya lebih dari 50.000 km lebih, maka kamu perlu melakukan pengecekan pada komponen injektornya. Tak sedikit para baikers yang mengabaikan servis rutin komponen injeksi ini.

Padahal dengan melakukan servis rutin dapat memperpanjang masa pakai motor kamu. Disarankan sevis atau perawatan setidaknya setiap jarak tempuh 10.000 km. Jika sudah melakukanya dengan baik, komponen injektor kamu akan bekerja dengan baik tanpa khawatir untuk menggantinya dengan yang baru.

Nah, demikianlah dari beberapa penyebab motor injeksi tiba-tiba mati saat mesin panas yang bisa kamu cek secara langsung. Jika merasa kesulitan atau kebinggungan tidak ada salahnya untuk menyerahkan pada ahlinya agar kerusakan tidak merambat ke kemponen lain. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas