5 Cara Menghilangkan Asap Hitam Pada Mesin Diesel

Cara menghilangkan asap hitam pada mesin diesel - Hallo dulur… Hallo dulur… Belakangan ini banyak mobil bermesin diesel diproduksi guna memenuhu kebutuhan pasar, seperti Mitsubishi Pajero Sprot, Toyota Fortuner, Toyota Innova, Isuzu Panther serta mobil pabrikan Eropa lainya. Mesin berbahan bakar solar ini memang banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan yakni lebih irit bbm dan lebih bertenaga, sementara untuk tarikan memang lebih bagus mobil bensin.

Namun jika dibandingkan dengan mesin bensin, mobil diesel terdapat satu hal yang cukup menggangu yakni sering mengeluarkan asap dengan aroma yang kurang sedap khas bau solar. Bahkan mobil tipe tertentu bau solar ini tercium hingga kedalam ruang kabin, tentu ini menimbulkan rasa kurang nyaman saat berkendara. 

Memang hal umum jika mesin diesel mengeluarkan asap dari knalpot, beda lagi jika mobil bensin yang mengeluarkan asap tentu ini menjadi masalah pada mesin mobil kamu. Namun ini akan menjadi masalah jika asap yang keular dari mobil diesel berwarna hitam. Lantas apa penyebabnya ? dan bagaimana menghilangkanya ?

Penyebab mesin diesel mengeluarkan asap hitam

Mesin diesel mengeluarkan asap hitam bisa saja disebabkan filter udara yang kotor dan perlu diganti. Selain itu, bisa juga disebabkan pembakaran diruang mesin yang kurang sempurna.

Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa proses pembakaran diruang mesin diesel tidak sempurna, salah satunya adalah mutu/kualitas solar yang kurang baik.

Kualitas solar yanag kurang baik membuat penyumbakan pada filter solar sehingga suplai bahan bakar ke ruang mesin menjadi kurang baik.  Munculnya asap hitam juga menjadi penanda terjadinya masalah pada bosepomp.

Cara menghilangkan asap hitam pada mesin diesel

1. Mengganti filter udara

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengganti filter udara, pasalnya kebersihan filter perlu dijaga. Jika penyaring udara ini kotor, komponen ini tidak bisa menyaring udara yang masuk keruang mesin dengan maksimal. Hal hasil mobil kamu akan mengeluarkan asap hitam yang cukup menggangu pendara lain.

2. Perhatikan kondisi throttle body

Selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan pada kondisi throttle body pada mesin diesel, pastikan kondisinya dalam keadaan benar-benar bersih. Jangan sampai ada kotoran yang memasuki bagian tersebut. Jika terjadi sumbatan udara tidak bisaa tersaring dengan baik sehingga mengakibatkan asap berwarna kehitaman.

3. Bersihkan bagian nozzle

Fungsi nozzle adalah mengatar bahan bakar masuk ke dalam ruang silinder mesin. Pastikan kamu memakai bbm yang sesuai dan direkomendasikan paabrikan. Jika tidak, bahan bakar yang kamu pakai justru menghasilkan endapan kotoran dan memenuhi bagian nozzle.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Jika memang terlanjur menggunakan bbm yang kurang sesuaai segeralah bawa mobil kamu ke bengkel untuk membersihkaan nozzle tersebut guna menghindari kerusakan yang tidak kita inginkan.

4. Cek kondisi silinder

Apabila bbm tidak terbakar dengan sempurna, maka mesin diesel akan mengeluarkan asap perwarna hitam pekat. Pembakaran ini terjadi didalam ruang silinder. Jadi, apabila kondisi slinder tidak bekerja dengan baik, maka kemungkinana besar proses pembakaran tidak berlangsung dengan sempurna dan menghasilkan asap warna hitam. 

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jadi saat kamu melakukan perbaikan ke bengkel, jangan lupa untuk meminta mekanik mengecek kodisi silinder mobil kamu.

5. Modifikasi yang kurang sesuai

Apakah saat ini mobil kamu sudah dilakukan perubahan atau modifikasi ? Tujuan memodifikasi mesin adalah untuk mendapatkan tenaga yang lebih besar dengan tarikan lebih enteng. 

Apabila modifkasi yang kamu lakukan menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ke silinder lebih banyaak lagi, pastinya asap yang akan dikeluarkan oleh mesin mobil kamu jumlahnya juga semakin banyak. Hal ini juga bisa menjadi alasan asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam pekat.

Nah, diatas merupakan lima point cara menghilangkan asap hitam pada mesin mobil diesel yang bisa kamu lakukan sendiri dengan menjaga kebersihan fillter udara, dan ganti jika kondisinya sudah rusak. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas