Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Diesel Keluar Asap Putih

Keberadaan mobil keluarga bermesin diesel saat ini dari taahun ketahun semakin banyak penggunanya, contoh saja misal Toyota Inova, Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu Panther dan pabrikan Eropa lainya. Bukanya tanpa alasan, mobil bermesin diesel dipilih karena lebih lebih tangguh, bertenaga dan lebih hemat konsumsi bbm dengan harga solar yang lebih murah.

Namun sama halnya dengan mesin bensin, pada kondisi tertentu mobil diesel juga mengalami masalah yang perlu ditangani secara cepat agar kerusakan tidak merambat ke komponen boshpomp. Beberapa masalah yang kerap muncul adalah munculnya asap putih dari knalpot dengan jumlah yang cukup banyak.

Ya.. Berbeda dengan mobil bensin, mobil bermesin diesel akan mengeluarkan asap dari knalpot namun jika jumlah asap yang keluar cukup banyak dan tidak hilang meski mesin sudah cukup panas maka patut kamu curigai dan segaralah untuk memeriksanya ke bengkel.

Kendaraan bermesin diesel memang kelbih kuat dengan performa yang lebih setabil ketimbang mesin bensin, namun fakta dilapangan menujukkan bahwa mesin diesel memiliki raiso kerusakan 3 kali lebih besar dan butuh biaya cukup besar untuk melakukan perbaikan jika sudah menyentuh komponen boshpump.

Penyebab dan cara mengatasi mesin diesel keluar asap putih

Kerusakan yang paling mendasar pada mobil mesin diesel adalah keluarnya asap putih dari knalpot dengan jumlah yang cukup banyak. Jika tidak segera ditangani asap ini akan menggangu jarak pandang pengguna lain dan jika dibiarkan terlalu lama tentu bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Nah, dibawah ini merupakan beberapa poin menghilangkan asap putih yang keluar dari knalpot mesin diesel.

1. Bersihkan filter udara

Pertama, ketika udara kotor masuk ke ruang pembakaran mobil, hal ini bisa menjadi penyebab proses pembakaran diraung mesin tidak berlangsung dengan sempurna sehingga menghasilkan aasap putih yang tebal keluar dari knalpot.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Jadi, agar asap putih tidak keluar dari lubang knalpot kamu perlu membersihkan filter udara setidaknya setiap tiga bulan sekali atau setiap jarak tembuh 1000 km dan ganti jika kondisinya telaah rusak.

Pembersihan bisa dilakukan lebih cepat jika kamu sering melewati jalan berdebu dan pasir, hal ini akan mempercepat filter udara kotor.

2. Ganti seal yang telah rusak

Seiring dengan lamanya penggunaan beberapa sela mesin kekuatanya akan semakin menurun dan bisa menjadi penyebab mengapa knalpot mesin diesel keluar asap putih bahkan hitam pekat.  Seal yang aus juga bisa disebabkan gesekan yang terlalu kuat atau mengalamiu overheating.

Akibatnya jika seal aus/robek akan muncul celah yang mengakibatkan oli rembes ke ruang bakar. Jika oli sudah masuk keruang bakar, proses pembakaran tidak berlangsung sempurna dan menimbulkan asap putih akibat oli ikut terbakar. Jadi untuk mengatasinya kamu perlu melakukan peremajaan beberapa seal yang sudah aus.

3. Periksa komponen ECU

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Munculnya asap putih yang tak wajar keluar dari knalpot bisa menjadi penanda terjadinya kerusakan pada komponen electronic control unit atau ECU.

Kondisi Ecu mobil yang sudah tidak rusak atau akurat membuat pengaturan pada system pembakaran dalam ruang bakar menjadi tidak pas. Jumlah bahan bakar akan disempurkan banyak-banyak ke dalam ruang pembakaran meski sebenarnya belum saatnya.

Alhasil, bahan bakar menjadi terbuang dengan percuma, sementara pembakaran justru menghasilkan asap putih akibat jumlah bbm yang masuk keruang bakar terlalu banyak. Oleh karena itu untuk pemeriksaan lebih lanjut kamu perlu melakukan pengecekaan langsung ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

4.  Mengganti bagian turbo mesin


Khusus buat mesin mobil diesel yang sudah turbo seperti Panther Touring, Toyota Fortuner dan sejenisnya, penyebab asap putih keluar dari lubang knalpot bisa disebabkan oleh komponen turbo tersebut.

Jika system turbo mengalami masalah/kerusakan, maka oli akan merembes ke ruang mesin, sama seperti saat seal rusak tadi. Cara menghilangkan asap putih dari mobil diesel adalah dengan mengganti beberapa komponen yang aus dengan yang baru. Untuk mengetahuinya kamu bisa membawanya ke bengkel khusus mesin diesel untuk pengecekan langsung.

5.  Lakukan servis secara rutin

Untuk mencegah munculnya asap putih yang terlalu pekat pada knalpot mesin diesel, lakukanlah servis secara rutin untuk memeriksa beberapa komponen mesin dan park pendukugnya. 
Sebagai pemilik kendaraan kamu perlu memperhatikan suara mesin, getaran hingga dengungan yang muncul. Bisanya saat mesin mengalami masalah akan muncul suara-suara aneh seperti decitan dan suara aneh lainya yang muncul dari ruang mesin. 

Cek juga bagian oli untuk memaastikan kondisinya masih bagus atau tidak, jika sudah keruh kamau perlu menggantinya untuk menjaga performa mesin diesel kamu.

Memelihara mesin dan melakukan servis mobil merupakan salah satu bentuk pentuk kasih sayang yang bisa kita lakukan agar mobil selalu primaa dan nyamaan saat dikendarai terutama saat perjalan jauh tanpa khawatir mengalami trobel ditengah jalan.

Nah demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi mesin diesel keluar asap putih tebal. Intinya agar mobil berbahan bakar solar lebih awet dan tidak boros rajinlah untuk membersihkan filter oli dan ganti jika kondisinya sudah rusak. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas