Penyebab Dan Cara Mengatasi Oli Campur Air Pada Mesin Diesel

Penyebab dan ciri-ciri oli mesin bercampur air radiator -Hallo dulur... Belakangan ini mobil bermesin diesel makin banyak dicari baik yang bekas atau masih baru. Ya.. Dibandingkan mobil bensin, mesin dengan bbm solar lebih irit dan lebih bertenaga. Tak heran jika harga jualnya selalu stabil meski keluaran tahun 90an seperti Isuzu Panther yang saat ini masih banyak dipakai buat berkendara sehari-hari.

Namun sama halnya dengan mobil bensin, penggunaan mesin diesel dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan beberapa komponen didalamnya mengalai keausan, kerusakan ini bisa lebih cepat jika minim perawatan. Dan salah satu masaiah yang kerap terjadi adalah masuknya air pendingin radiator ke dalam ruang oli. Sehingga oli mesin akan bercampur dengan air yang mengakibatkan masalah besar jika dibiarkan terlalu lama.

Penyebab oli mesin mobil diesel campur air pendingin radiator

Salah satu penyebab oli mesin mobil diesel bercampur dengan air radiator adalah o-ring cylinder liner yang rusak/pecah. Meski o-ring tersebut terbuat daru matrual karet mentah yang tahan panas, bukan berarti tidak bisa rusak/aus. Hal ini bisa terjadi karena pengaruh dari suhu panas dinding block cylinder yang mencapai 600 derajat saat proses pembakaran berlangsung. Sehingga lama-kelamaan akan melelh dan pecah.

O-rinng cylinder liner merupakan gelang karet penyekat antara ruang air pendingin dan ruang oli mesin. O-ring ini terletak pada alur cylinder blok yang berhimpitan dengan crankcase. Sementara itu, crankcase merupakan tempat oli mesin. Sehingga jika o-ring ini sampai rusak ataau pecah, maka air akan mengalir ke ruang oli dan keduanya akan bercampur (oli dengan air).

Cara mengatasi oli mesin campur air pada mesin diesel

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

O-ring cylinder liner merupakan gelang karet penyekat antara ruang air pendingin dan ruang oli mesin. O-ring ini terletak pada alur cylinder blok yang berhimpitan dengan crankcase. Sementara itu, crankcase merupakan tempat oli mesin. Sehingga jika o-ring ini sampai rusak ataau pecah, maka air akan mengalir ke ruang oli dan keduanya akan bercampur (oli dengan air).

Setelah kita mengetahui beberapa poin penyebabnya , maka kamu harus bisa menemukan solusi untuk memperbaikinya. Cara memperbaikinya sebetulnya cukup simpel ya, yaitu dengan mengganti o-ring cylinder liner. Dan dibawah ini merupakan langkah-langkah melepas dan memasang o-ring cylinder liner pada mesin diesel, sebagai berikut.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

1. Lepas cylinder head beserta komponen didalamnya

2. Selanjutnya buka tutup cover crankcase untuk melepas baut connection road (tangkai piston)

3. Kemudian ambil piston dari b;ock cylinder

4. Lepaskan block cylinder dari crankcase

5. Selanjutnya kamu bisa melepas o-ring cylinder yang sudah rusak yang menempel pada alur block cylinder

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

6. Berikutnya bersihkan alur o-ring dan juga tempay dudukan block cylinder yang berada pada crankcase.

7. Jika sudah terlepas pasang o-ring liner baru dan usahakan terpasang rata dan tidak melintir/miring.

8. Sebelum kembali dipasang olesi dudukan block cylinder dengan pelumas, kemudian pasang kembali block cylinder tersebut pada crankcase dengan benar.

9. Setelah terpasang dengan benar, cek dengan mengisi air pendingin pada radiator dan pastikan tidak ada kebocoran air pada dinding crankcase.

10. Jika semua langkah sudah selesai, kini saatnya merangkai kembali bagian-bagian yang terlepas sebelumnya dengan berurutan dan pastikan terpasang dengan benar.

Nah demikianlah temen-temen beberapa poin penyebab dan cara mengatasi oli campur air radiator pada mesin diesel yang bisa kamu ketahui sejak dini. Jika beberapa kejadian tadi terjadi pasa mobil kamu ada baiknya untuk melakukan pengecekan secara langsung ke bengkel agar kerusakan tidak merembet pada komponen lainya. Sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas