Penyebab Aki Kering Panas Saat Dicas.. AWAS JEBOL !!!

Penyebab aki kering panas saat dicas - Hallo dulur… Agar mesin dapat bekerja atau menyala tentu membutuhkan komponen pendukung seperti kondisi aki yang normal, ketersediaan bbm dan semua kelistrikan tersuplai dengan baik. Untuk menyalakan mesin mobil atau mobil disini keberadaan aki memiliki peran penting dimana menyalurkan arus listrik saat kunci dalam posisi ON.

Ya.. Fungsi aki pada kendaraan adalah menyimpan arus listrik kemudian dialirkan kembali untuk menyalakan mesin. Namun proses penyimpan listrik ini tidak bisa bekerja jika kondisi aki sudah soak atau dinamo amper pada mobil rusak atau komponen kiprok tidak berfungsi pada motor.

Repot juga kan jika komponen aki ini soak, untuk motor sih masih ada kick starter buat nyalakan mesin. Kalau mobil gimana coba ? Mau didorong terus terusan ?

Secara garis besar aki kendaraan dibagi menjadi dua pilihan yakni aki kering dan aki basah, keduanya memiliki fungsi yang sama , namun soal perawatan keduanya berbeda.

Dibandingan versi basah, jenis aki kering lebih banyak dipakai baik untuk mobil maupun motor karena dinilai bebas perawatan dan lebih simpel tanpa perlu mengisi air aki zuur saat volumenya berkurang.

Meski memang, tidak semua tipe aki kering benar-benar merupakan aki kering(hanya aki MF saja), sebab masih memakai cairan elektrolit di sel akinya. Cairan elektrolik tersebut akan disekat sedemikian rupa dan ditutup secara permanen agar air aki tidak tumpah atau bocor saat mengalami koncangan.

Berapa lama masa pakai aki ?

Jika dirawat dan menjaga volume airnya, aki mampu bertahan 3 tahun lebih. Kerusakan bisa lebih cepat jika motor/mobil jarang digunakan. Jika kendaraan kamu tidak dipakai satu minggu lebih sebaiknya copot aki atau bisa mencopot kabelnya. Sehingga arus listrik yang tersimpan pada aki tidak akan hilang, ini berlaku pada semua jenis aki baik kering atau basah.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Sementara untuk aki kering tidak perlu mengisi air accu, sehingga perawatanya lebih gampang. Meski demikian aki kering juga ada masa pakainya dan bisa soak atau ngetrop sehingga perlu dicas ulang akan berfungsi kembali.

Penyebab aki kering panas saat dicas

Penyebab aki kering saat di cas sebenarnya bisa terjadi saat proses pengecasan itu sendiridan dari beberapa kasus merupakan hal yang normal. Namun jika dicas beberapa saat dan ternyata saat aki disentuh terasa panas yang membuat kulit terasa terbakar, maka ini menandakan ada hal yang tidak beres.

Dari beberapa analias dilapangan, berikut adalah penyebab aki kering panas saat dicas :

1. Menggunakan Mode Quick Charger

Penyebab pertama adalah karena menggunakan mode quick charge atau pengisian daya secara cepat.

Biasanya agar proses pengecasan berlangsung lebih cepat mode ini menggunakan ampere yang lebih besar dari mode normalnya, sehingga memberi efek menjadi lebih panas ketika sedang dicas.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Mode quick ini memang bisa membuat proses pengecesan bisa lebih cepat bahkan hganya butuh 10 menit saja aki sudah terisi arus listrik. Namun efek yang ditimbulkan adalah membuat aki jadi lebih panas.

Apakah ini berbahaya dan bisa merusak aki ? Jawabanya adalah tidak bila ampere yang ada pada mesin cas sudah memenuhi ketentukan berapa arus daya yang dibutuhkan sesuai dengan spek aki.

Perlu diperhatikan jika tiaap aki memiliki spek berbeda dalam proses pengecasan, yakni tergantung dengan kapasitas aki itu sendiri.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Contoh misal aki CTZ8V dari GS Astra yang memiliki spesifikasi pengecasan sebagai berikut :

Standar atau normal => 0.7 Ampere x 5 -10 jam

Cepat => 3.5 Ampere x 1 jam

Diatas merupakan mode normal dalam pengecasan aki GTZ8V adalah dengan menyuplai ampere sebesar 0.7 dengan waktu pengecasan 5 sampai 10 jam.

Sedangkan jika waktu pengecesan agar lebih cepat, maka bisa memakai ampere sebesar 3.5 ampere dan proses pengecesan pun dapat berlangsung selama satu jam bisa lebih bisa kurang tergantung kondisi aki juga.

2. Ampere aki terlalu besar

Penyebab lain saat aki kering dicas terasa panas adalah karena ampere yang dipakai ukuranya terlalu besar, bahkan di atas angka rekomendasi quick charger.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Sebetulnya pada casing aki sudah ada anjuran pengecasan beserta ukuran ampere yang harus disetting untuk pengecasan aki tersebut.

Namun karena tulisanya sudah pudar atau hilang. Maka terkadang proses pengecasan dilakukan secara asal dan hanya mengkira-kira saja.

Salah satu efek atau damapak buruk yang ditimbulkan saat proses pengecasan dilakukan secara asalah adalah membuat aki menjadi cepat panas dan memperpendak masa pakai aki tersbeut karena dapat merusak sel-sel pada aki dan membuatnya lebih cepat menguap.

Kita aambil contoh aaki GTZ8V tadi yang batas maksimal pengisian saat dalam mode cepat adalah 3.5 aampere.Jika ternyata ampere disetting ke angka 6 ampere bahkan 8 ampere lebih dan pengecasanya dilakukan selama satu jam lebih, maka sangat jelas aaki menjadi cepat panas bahkan sangat panas seperti terbakar saat tersentuh kulit.

3. Waktu pengecasan aki terlalu lama

Baca juga 8 Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Body Motor

Ampere sudah disetting ke anjuran dari spesifikasi aki, namun waktu pengecasab ternyata tidak sesuai atau terlalau lama, jadi secara otomatis suhu pada aki akan sangat karena arus listrik terus mengalis ke sel-sel aki.

Kami sendiri pernah mengalami kejadian mengecas aki, dimana sampai 24 jam masih menancab charge. Efeknya pakai mana ? Efeknya tentu membuat aki sangat panas seperti wajan yang selalu ada diatas api yang lupa dimatikan.

Agar masa pakainya lebih awet dan bisa menyimpan arus listrik kembali, perhatikan saat proses pengisian aki berlangsung. Sebab jika dibiarkan terlalu lama dicahrger, maka aki dapat rusak dan parahnya bisa meledak. Aman lebih aman saat lupa mencabutnya, sebaiknya agunakan charger yang memiliki fitur berhenti mengisi secara otomatis saat aki sudah terisi penuh.

Nah diatas merupakan beberapa penyebab aki kering panas saat dicas ulang. Namun terkadang pengecasan ulang accu yang sudah mati ini hanya bersifat sementara dan kapan saja bisa soak kembali. Jadi jika ada budget lebih kami sarankan mengganti dengan yang baru. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas