Penyebab dan Cara Mengatasi Aki Basah Mobil Yang Soak dan Tekor

Penyebab dan cara mengatasi aki basah mobil yang soak dan tekor - Hallo dulur... Pada sebuah kendaraan bermesin peran aki disini sangatlah penting dimana berfungsi untuk menyuplai arus listrik agar pada mesin dan koponen lain seperti headlamp, klakson dan lainya. Agar dapat bekerja sebagai mana fungsinya kondisi accu harus benar-benar baik jika sudah soak tentu akan kesulitan menyalahkan mesin terutama pada modil dan motor PCX/Nmax yang tidak dilengkapi kick starter.

Sama halnya dengan komponen lain aki juga ada masa pakainya baiak untuk tipe kering atau basah. Setidaknya aki mampu bertahan 3 sampai 5 tahun jika rajin merawatnya, khusus tipe aki basah kamu perlu menjaga ketersedian air accu dan jangan sampai habis atau dibawah level pengisian minimal. Sementara untuk jenis kering tidak perlu mengisi air accu.

Sebaiknya jika mobil jarang digunakan hingga 4 sampai 7 hari lebih kamu bisa melepas kabel aki agar tidak tidak tekor saat akan menyalakan mesin.

Ya.. Aki soak merupakan salah satu masalah yang sangat menjengkelkan bagi mobil, pasalnya dapat membuat sistem kelistrikan dan menyebabkan mesin tiba-tiba mogok ditengah jalan. Tentu hai ini tidak mau terjadi padaa kendaraan kamu. 



Jadi untuk menghindari pobrem tersebut kamu perlu mengetahui penyebab aki mobil cepat trobel atau soak beserta cara mengatasinya agar bisa dipakai kembali dengan normal.

Penyebab aki mobil soak dan tekor

1. Mobil jarang dipakai

Seperti yang sudah kamu singgung tadi penyebab kuat aki cepat tekor adalah karena mobil jarang digunakan sehingga suplai listrik terganggu dan mulai berkurang, sehingga kinerja aki menjadi kurang optimal saat mobil akan dinyalakan. Sehingga kita perlu menyetrum ulang aki tersebut, karena jika dipaksa justru membuatnya soak.

Untuk menjaga suplai arus listrik, jika mobil kamu jarang dipakai 4 sampai 5 hari lebih paling tidak kamu bisa panaskan mobil sampai tempertatur suhu panas dengan begitu masa apakai aki bisa lebih lama. 

Aki mobil yang ngedrop ditandai dengan suara klakson yang terdengar melemah dan beberapa sinar sinar lampu kurang terang, Namun hal ini juga bisa terjadi jika kabel aki tekor, jadi kamu perlu mengeceknya terlebih dahulu.

2. Air accu habis

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Faktor penyebab lain mengapa aki mobil cepat tekor adalah volume air aki yang dibiarkan habis dan kamu tidak menyadarinya. Problem ini bisa terjadi pada tipe aki basah dan tidak bisa terjadi pada aki kering. 

Agar masa pakainya lebih awet, tindakan yang bisa kamu lakukan adalah selalu rutin mengejek air aki, jika jumlah/volumenya sudah dibatas level minimal kamu bisa mengisinya hingga batas/garis maksimal pengisian. Untuk mengetahuinya kamu bisa melihat indikator yang terdapat pada wadah aki basah.

3. Kebutuhan arus listrik yang tidak seimbang

Kebalikanya dengan jarang digunakan, meski sering dipakai buat rutinitas sehari-hari ternyata bisa membuat aki mobik kamu cepat rusak atau soak. Loo kok bisa ?

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Prbolem ini bisa terjadi saat suplai arus listrik yang diperlukan buat oprasinal mobil jumlahnya terlalu besar dengan kapasitas aki yang kamu pakai.

Jadi agar hal ini tidak terjadi pastikan beberapa aksisoris pendukung seperti headlamp/forklem tambahan dan audio atau sejenisnya tidak membutuhkan arus listrik yang banyak agar aki mobil kamu tidak cepat rusak.

Jadi, sebelum pasang aksesoris yang butuh arus listrik sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel atau setidaknya yang paham hutungan arus listrik.

4. Menggunakan lampu projector

Salah satu aksesoris mobil  yang menyedok listrik cukup banyak adalah mengganti headlamp standar dengan projector. 

Jadi, sebelum digunakan, kamu perlu mengetahui spesifikasi lampu tersebut dan berapa daya listrik yang dibutuhkan, kemudian sesuaikan dengan jumlah/kapasitas aki yang kamu gunakan. Jika memakan daya listrik yang terlalu besar sebaiknya urungkan penggunaanya jika kapasitas aki terlalu kecil.

5. Kapasitas aki yang terlalu kecil

Pastikan spesifikasi aki yang kamu gunakan sesuai dengan kapasitas mesin mesin mobil kamu. Jika mesin mobil dengan CC besar maka penggunaanya pun terlu disesuaikan sehingga tidak perlu kerja keras untuk menyalakan mesin, karena suplai arus listrik dari aki terlalu kecil. Dan hal inilaah yang bisa membuat aki cepat rusak baik untuk jenis basah atau kering.

6. Masa pakai aki yang telah lama

Semua komponen mobil tentu ada masa pakainya dan perlu diganti agar berfungsi sebagaimana fungsinya, tak terkecuali pada komponen aki dimana jika sudah menginjak 3 tahun lebih terkadang kinerjanya sudah mulai berkurang. 

Aki yang sudah lemahg ditandai dengan redupnya cahaya lamapu dan suara klakson tidak terdengar nyaring seperti biasanya atau mulai melemah.

Cara mengatasi dan memperbaiki aki basah mobil yang sudah soak dan tekor

Sebetulnya aki yang sudah tekor atau rusak masih bisa diperbaiki dan digunakan kembali, namun ini hanya bersifat sementara karena kapan pun bisa rusak kembali. Jadi ini bisa menjadi langkah alternatif jika belum ada budget membeli aki baru. Berikut beberapa langkah cara mengatasi dan memperbaiki aki mobil yang rusak dan tekor agar bisa dipakai kembali.

1. Persiapan alat dan bahan


Sebelumnya kamu perlu menyiapkan seperti kunci 10 inchi, obeng minus, air accu zuur, lap dan suntikan tinta yang ukuranya diseuaikan.

2. Lepas aki dari mobil

Selanjutnya kamu bisa melepas aki dari mobil dengan cara melepas kabel dari kutup positif terlebih dahulubaru lepas kabel negatifnya.  Mengapa harus yang positif terlebih dahulu ? Ini bertujuan agar tidak ada percikan api yang menyambar akibat gesekan dari logam(obeng/kunci) dengan body mobil.

3. Lepas tutup aki

Berikutnya lepas semua tutup aki satu persatu menggunakan obeng minus tadi, jika tidak ada obeng kamu bisa pakai ujung pisau atau benda sejenisnya yang ujungnya gepeng. Lepaskan secara perlahan agar tidak ada kontak langsung air accu dengan kulit tangan.
Selanjutnya kamu bisa membuang seluruh air aki yang tersisa didalamnya hingga bersih, kamu juga bisa membersihkan komponen timah didalamnya dengan mengocok-ngocoknya beberapa kali dengan air aki hingga bersih dan keringkan.

4. Isi air aki/ciran aki zuur


Setelah semua tutup aki terbuka, kamu akan melihat lubang-lubang berukuran kecil didalam aki. Selanjutnya kamu biusa memasukan air/cairan accu zuur ke dalam lubang tersebut dengan bantuan suntikan printer tadi. Jika tidak ada suntikan kamu juga bisa pakai corong kecil untuk menungkan air accu.

Pengisian dapat dilakukan hingga menyisakan ruang 1cm di bawah lubang aki atau hingga garis batas level pengisian. Jika terlalu banyak justru rawan merembes keluar saat mengalami goncangan dan parahnya bisa membuat cat terkelupas saat terkena tumpahan air accu.

Berikutnya kamu bisa memasang kembali tutup aki hingga rapat. Sebelum digunakan tentu aki yang sudah selesai diperbaiki perlu di cas kembali beberapa jam hingga terisi penuh arus listrik.

Memperbaiki kaki mobil basah ini juga berlaku buat motor dengan proses pengerjaan yang sama yakni mengisi ulang air accu zuur.

Nah demikianlah temen-temen beberapa poin penyebab dan cara mengatasi aki basah mobil yang soak dan tekor yang bisa kamu kerjakan sendiri dirumah sebelum memutuskan untuk membeli yang baru. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas