Cara Mengetahui Aki Sudah Terisi Penuh Saat Dicas

Cara mengetahui aki sudah terisi penuh saat dicas - Hallo dulur... Sama halnya dengan komponen lain, aki pada kendaraan juga ada masa pakainya dimana akan rusak atau soak jika sudah lama digunakan. Umunya baterai accu ini mampu bertahan tiga tahunan bahkan lebih jika rutin merawatnya seperti selalu menjaga ketersediaan air aki khusus tipe basah. Agar lebih awet jika mobil atau motor jarang digunakan sebaiknya lepas aki atau cukup mencopot salah satu kabel yang menyalur ke mesin/body agar tidak soak.

Fungsi aki pada kendaraan adalah menyimpan dan melepas arus listrik saat dibutuhkan. Fungsi utamanya adalah untuk menyalakan mesin dimana arus listrik akan tersalurkan pada komponen mesin sehingga terjadi proses pembakaran. Saat mesin sudah nyala. fungsi lainya adalah memenuhi kebutuhan perangkat elektronic seperti lampu-lampu, klakson, menghidupkan tape/audio dan fitur lainya yang menempel pada mobil.

Ciri ciri atau tanda aki lemah ditandai dengan redupnya sinar lampu saat dinyalakan dan bunyi klakson terasa lebih pelan. Jika sudah begini tentu saja aki akan bekerja lebih berat untuk menyalakan mesin bahkan tidak kuat nyala meski dicoba beberapa kali.

Tanda yang paling umum dan mudah diketahui saat tegangan aki melemah adalah lampu peringatan indikator gambar aki pada panel dashboard yang tiba-tiba nyala.

Jika sudah lemah tentu kinerja aki mulai berkurang dimana sudah tidak kuat lagi untuk menyalakan mesin. Tentu ini sangat menjengkelkan terutama pada motor yang tidak dilengkapi kick starter seperti Nmax atau PCX.

Cara mengetahui aki sudah terisi penuh saat dicas

Pengecasan ulang menjadi langkah alternatif utuk mengembalikan kinerja aki, namun ini hanya bersifat sementara dan bisa lemah dan soak kembali tiga bulanan ke depan. 

Proses pengisian kembali battery aki juga tidak dilakukan secara asal, pasalnya jika pengecasan dibiarkan terlalu lama dan salah pemasangan kabel charger terbalik. Nah agar tidak timbul kerusakan dibawah ini ada beberapa poin cara mengetahui aki sudah terisi penuh saat dicas.

Lampu indikator

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Jika menggunakan charge digital maka saat aki sudah terisi penuh maka lampu indikator akan berhenti dengan sendirinya dan sudah tidak bergerak lagi layaknya saat mengecas ponsel. Namun lampu indikator ini hanya dilengkapi pada charger aki yang sudah modern atau bisa disebut cas aki digital.

Terdengarnya suara alarm

Beberapa alat charger aki mobil dan motor saat ini juga dilengkapi dengan timer dimana alarm akan berbunyi saat batas pengisian sudah yang sudah ditentukan selesai. Namun alat ini tidak bisa mendeteksi apakah battery akai sudah terisi penuh dengan sendirinya. Sehingga kamu perlu menyetting sendiri waktu yang dibutuhkan saat proses pengisian aki berlangsung penyesuiakan besar kecil kapasitas aki tersebut.

Charger akan berhenti dengan sendirinya

Beberapa alat charger canggih sudaha dilengkapi fitur dimana proses pengecasan akan mati dengan sendirinya saat battery aki terisi penuh. Sensor akan mendeteksi jika arus listrik yang di dalam elemen aki terisi penuh, sehingga kamu tidak perlu rebot bolak-balik untuk mengeceknya.

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Menggunakan multitester

Multitester merupakan salah perangkat elektronik yang bisa kamu pakai untuk mengetes kekuatan daya listrik yang masuk pada aki setelah dicat. Untuk mengeceknya kamu perlu meletakan kedua kabel tester pada kedua kutup aki.

Pada kondisi normal saat kendaraan posisi mati voltmeter yang ada pada multitester akan menunjukan listrik diangka 12 sampai 12.5 volt, jika kurang maka kamu perlu mengecasnya kembali.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Jika beberapa poin mungkin tidak ada pada charger aki rakitan sendiri, sehingga kita harus mengkira-kira sendiri saat proses pengecasan berlangsung. Jadi untuk mengetahui apakah aki sudah terisi penuh saat dicas kita bisa menggunakan kabel yang kedua kemudian tempelkan ke katup (+) kemudian ujung kabel yang satunya digesekan ke katup (-). 

Jika saat kabel digesekan mengeluarkan percikan aki yang besar berarti aki sudah terisi peunuh dan siap untuk digunakan. Sebaliknya jika percikan api yang keluar kecil maka arus listrik didalamnya masih lebih sehingga perlu dicas kembali. Aki yang sudah terisi penuh juga ditandai dengan suhu aki yang terasa panas saat dipegang tangan. 

Satu hal yang perlu diperhataikan saat mengecas aki adalah jangan lupa untuk membuka semua tutup air aki, khusus untuk tipe basah. Sehingga proses pengecasan berjalan maksimal.

Nah demikianlah beberapa poin cara mengetahui aki sudah terisi penuh saat dicas yang bisa kamu ketahui secara langsung. Pengecasan yang dibiarkan terlalu lama justru memberi dampak buruk pada accu tersebut. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kujunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas