Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Lemah Tanpa Dicas

Cara memperbaiki aki kering yang lemah tanpa dicas - Hallo dulur... Bisa dikatakan accu atau aki merupakan komponen terpeting pada sebuah kendaraan mobil atau motor, sehingga keberadaanya harus dalam kondisi sehat. Fungsinya sendiri adalah untuk menyalurkan arus listrik saat mesin dinyalakan. Fungsi lainya adalah menyimpan aliran listrik berbentuk kimiawi yang dihasilkan dari komponen dinamo amper.

Selain tidak dapat menyalakan mesin kondisi aki yang lemah atau soak dapat menggangu kinerja beberapa komponen kendaraan yang membutuhkan aliran listrik untuk mengoprasikanya. Seperti sinar lampu yang mulai redup, suara klakson yang terdengar semakin melah dan menganggu beberapa kontrol lainya.

Bisa dikatakan battery aki merupakan satu-satunya komponen sumber kelistrikan pada semua jenis kendaraan. Dalam duniaa otomotif aki dibedakan menjadi dua tipe yakni jenis basah dan kering.

Lantas apa perbedaan aki kering dan aki basah ?

Umunya aki kering ini berwarna hitam pekat yang di dalamnya terjdapat cairan berbentuk padat atau lebih ke bentuk gel. Sementara pada box aki basah cenderung lebih bening dengan cairan yang lebih encer seperti air. Perbedaan lain adalah pada perawaatan, dimana aki basah butuh perawatan rutin seperti mengisi air aki saat jumlahnya berkurang. Beda dengan aki kering yang tidak butuh perawatan atau bisa disebut MF maintenance free.

Cara memperbaiki aki kering yang sudah lemah tanpa dicas

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Meski tanpa perawatan pemakian aki kering ini juga ada masaanya dimana arus listrik yang disimpan semakin lemah sehingga menganggu kinerjanya untuk menyalakan mesin.

Beberapa orang tentu berfikir jika aki sudah lemah atau soak dapat dicas kembali agar bisa digunakan seperti biasanya. Namun kali ini kami akan memberi sedikit tips perbaiki aki kering yang sudah lemah tanpa dicas, penasaran ? Berikut ulasanya.

1. Lepas aki dari motor

Pertama kita perlu melepas aki dari motor terlebih dahulu agar mudah dikerjakan dan bersihkan jika kondisi aki kotor.

2. Lepas penutup aki

Selanjutnya kita bisa copot penutup aki menggunakan pisau yang tajam dan obeng (-) untuk mencongkelnya. Copot dibagian atas aki yang ada tulisan Do Not Open yang sudah ada garisnya menggunakan pisau.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Setelah terbuka lepaskan ke enam seal yang terbuat dari karet diatas lubang aki dengan mencongkelnya secara hati-hati agar tidak rusak.

3. Proses pengisian air aki zuur

Tahap selanjutnya adalah pengisian air aki. Siapkan air aki biasa dengan botol berwarna biru dan air aki zuur berwarna merah. Campur kedua air aki tersebut dengan perbandingan 1 : 1 dengan menggunakan gelas takar atau cukup mengkira-kiranya.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Untuk memasukan air ini kita perlu spet atau suntikan untuk memasukanya ke dalam elemen aki. Tuangkan air aki sebanayak 20ml atau sampai penuh disetiap lubang aki, lakukan secara hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi saat terkena kulit.

4. Tutup kembali

Jika semuanya sudah terisi air accu, selanjutnya kamu bisa menempelkan tutup aki yanag sudah kita buka tadi dengan cara mengelemnya hingga rapat, kamu bisa pakai lem sealer atau lem besi jua bisa yang penting rapat. Selumnya jangan luma untuk memasang kembali ke enam seal karet yang sudah kiat copot dan tunggu hingga lem kering dan air aki tidak merembes keluar.

Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning


5. Pasang kembali aki

Jika semua tahap diatas sidah selesai kita bisa memasang aki kembali ke motor tanpa melalui proses cas karena akan kita cas ke motornya langsung. Jadi pengecasan kita lakukan di sepeda motor itu langsung, tidak perlu menggunakan alat charger untuk mengecas. Karena pada dasarnya motor sudah dirancang untuk bisa mengecas sendiri jika sepul dan kiproknya bagus maka motor bisa mengecas sendiri secara otomatis.

Jika sudah, nyalakan motor dengan kick starter untuk menyalakan mesin. Hidupkan mesin kurang lebih 30 menitan untuk menyalurkan arus listrik ke aki. Agar cepat terisi sebaiknya motor dibawa jalan beberapa menit muter-muter komplek hingga aki terisi.

Untuk mengeceknya matikan motor, kemudian nyalakan dengan tombol starter. Jika masih belum kuat coba untuk menyalakan mesin kembali agar aki terisi penuh arus listrik.

Nah temen-temen demikianlah cara memperbaiki aki kering yang lemah tanpa dicas buat motor kamu. Namun tips ini hanya bertahan beberapa bulan ke depan, turorial ini memang banyak dipakai jasaa tukar tambah accu. Sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas