Ciri-ciri dan Penyebab koil Mobil Rusak dan Lemah

Ciri-cri dan penyebab coil mobil rusak dan lemah - Hallo dulur... Seiring dengan lamanya pemakian beberapa komponen mobil perlu pembaharuan agar tidaak mengalami trobel ditengah jalan. Pasalnya semua komponen mesin bekerja saling keterkaitan sehingga jika salah satu rusak atau lemah tentu menghambat park lain untuk bekerja, dan parahnya menjadi penyebab mesin mati mendadak.

Salah satu komponen yang memiliki fungsi vital pada mobil adalah keberadaan koil. Fungsi coil pada mobil adalah  menaikan tegangan listrik dari 12 volt menjadi 25.000 dari hasil induksi elektromaknetik yang dihasilkan dari kumparan primer dan sekunder, panas yang dihasilkan inilah yang digunakan untuk menciptakan percikan api pada busi sehingga mesin dapat menyala.

Tak sedikit para pemudik kemarin yang mengalami mobil mogok/mati akibat kinerja koil yang melemah bahkan mati, sehingga tidak ada arus listrik yang di alirkan ke busi untuk proses pembakaran. 

Jika sudah rusak coil mobil ini tidak bisa diperbaiki ya masbro. Sehingga kita perlu menggantinya dengan yang baru atau seken/bekas yang masih bagus, kalaupun bisa diperbaiki mungkin tidak bertahan dalam jangka yang lama dan berkendara menjadi kurang aman.

Ciri ciri dan penyebab koil mobil rusak dan lemah

Sebetulnya koil mobil yang sudah lemah bisa kita ketahui dengan mudah. Nah berikut merupakan ciri ciri koil mobil yang sudah lemah atau rusak yang bisa kamu cek secara langsung.

1. Percikan yang keluar dari busi lebih kecil

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Ciri ciri koil mobil lemah yang pertama adalah percikan api yang keluar dari busi lebih kecil dari biasanya. Jika kondisi koil normal percikan api yang keluar dari busi terlihat lebih besar dan berwarna biru.

Sebaliknya jika koil lemah api yang keluar dari ujung busi berwarna merah keemasan dan hanya sedikit percikan api yang keluar. Meski sudah diganti dengan busi yang baru namun masih kecil api yang keluar sudah dipastikan koil kamu bermasalah.

Untuk mengeceknya kamu perlu melepas busi kemudian tempelkan pada blok mesin dengan posisi busi masih menancap kabel koil dan coba untuk menyalakan mesin beberapa kali untuk memancing percikan api dari busi.

Agar tidak terkena setrum lakukan secara hati-hati dan pastikan yang kita pegang adalah cop bus. jika tidak terbiasa kamu bisa minta tolong bengkel untuk mengeceknya langsung.

2. Suhu menjadi sangat panas 

Ciri kedua yang bisa kita ketahui adalah koil menjadi sangat panas setelah perjalanan cukup jauh. Untuk mengeceknya kamu perlu meraba/memgangnyta secara langsung, koil yang panas bisa disebabkan Karen beberapa bagian koil yang sudah mulai melemah.

Problem ini bisa terjadi karena usia koil yang sudah tua. Jika koil sudah bermasalah, tegangan yang dihasilkanpun kurang maksimal sehingga mengganggu kinerja busi untuk proses pembakaran.

3.  Munculnya percikan api pada koil

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Percikan api yang keluar dari koil bisa disebabkan karena lapisan kawat pada koil sudah terkelupas, seingga menyebabkan suhu panas lebih meningkat dan menyebabkan munculnya percikan api.

Jika percikan api ini muncul pada komponen koil mobil kamu, dapat dipastikan memang koil sudah melemah dan mengalami kerusakan sehingga perlu diganti agar tidak mengalami mogok ditengah jalan.

4. Musin susah dinyalakan

Tidak hanya karena aki yang lemah, mesin yang susah dinyalakan juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada koil. Jika koil rusak percikan api yang keluar melemah sehingga tidak mampu menghasilkan percikan api ke busi untuk proses pembakaran.

5. Performa mesin menurun

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Koil yang sudah melemah juga bisa membuat performa mesin menjadi menurun dan kurang stabil, bahkan bisa mmebuat tarikan mesin menjadi brebet saat digunakan. Hal ini disbebabkan karena proses pembakaran kurang maksimal karena suplai listrik dari koil sudah melemah

6. Mesin tiba-tiba mati mendadak

Mesin yang tiba-tiba mati mendadak dan sulit distarter kembali juga ada indikasi kerusakan pada koil mobil. Jadi, jika beberapa ciri tadi terjadi pada mobil kamu sebaiknya laukan perbaikan ke bengkel terdekat agar tidak mengalami mogok ditengaha jalan.

Penyebab koil mobil rusak dan lemah

Kerusakan koil mobil bisa terjadi pakain saja, ada beberapa penyebab mengapa koil mobil lebih cepat rusak dan lemah yang perlu kamu ketahui, berikut adalah faktor kemungkinan penyebabnya.

1. Bocornya kabel busi

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Penyebab koil mobil lemah pertama adalah kebocoran pada kabel busi. Ya,, salaah satu komponen pada busi kendaraan ada yang terbuat dari karet termauk sop busi. Karena berbahan karet tentu mudah sekali rapuh jika terpapar oleh panas dari mesin terus menerus.

Akibabnya busi menjadi kurang kokoh lagi dan menyebabkanterjadinya kebocoran. Inilah yang membuat koil busi menajdi cepat melemah. Agar hal ini tidak terjadi rutinlah untuk melakukan pengecekan setidaknya setelah mobil selesai kamu cuci.

2. Kualitas koil yang buruk

Terkadang, saat koil mengalami kerusakan, banyak orang yang mencari solusi dengan cara mengantinya dengan yg baru. Keputusan ini merupakan hal yang wajar untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Akan tetapi, pastikan koil yang kamu pilih benar-benar baik, berkualitas dan sesuai spesifikasi mesin mobil kamu. Hindari pemakian koil bekas atau merk palsu yang tidak jelas. Meski hargannya jaul lebih murah tentu saja koil bekas tidak tahan lama karena sebelumnya sudah pernah digunakan.

3. Pakai pakai koil yang sudah lama

Jika masa pakai koil kamu sudah lama dan belum pernah diganti, jangan heran jika koil mulai lemah dan rusak. Karena pada dasarnya semua komponen pada mobil memiliki batas masa pakai dan memerlukan pembaharuan untk menjaga performa mesin.

Secara garis besar, masa pakai koil mobil mampu bertahan 5 tahunan bisa kurang bisa lebih tergantung perilaku pengedara tersebut.

Nah temen-temen demikianlah beberapa poin ciri-ciri dan penyebab koil mobil rusak dan lemah yang bisa kamu cek secara langsung sebelum berpergian dengan jarak yang cukup jauh. Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas