Penyebab Air Radiator Mendidih dan Menyembur Keluar

Penyebab air radiator mendidih dan menyembur keluar - Hallo dulur… Perawatan mobil perlu dilakukan untuk menghindari mobil dan motor kamu mogok ditengah perjalanan, pasalnya saat kendaraan menempuh jarak yang cukup jauh mesin akan bekerja lebih keras dan bisa mengalami overheat. Ya.. Trobel pada mesin ini kerap terjadi pada kendaaran tua yang usianya sudah 10 sampai 20 tahun lebih sehingga perlu tindakan khusus agar perjalanan mudik kamu lebih aman.

Banyak faktor yang menyebabkan mengapa mesin mobil lebih cepat panas dan yang paling perpengaruh adalah keberadan radiator yang tidak berfungsi dengan normal. 

Fungsi radiator pada kendaraan adalah untuk melindungi blok mesin dari suhu panas berlebih saat mobil berjalan dengan rak tertentu. JIka radiator bekerja dengan sempurna, maka suhu mesin akan lebih stabil sehingga kinerja pistron tidak terganggu.

Agar dapat mendinginkan mesin radiator membutuhkan cairan pendingin yang bisa disebut coolant, dimana air coolant akan dipompa mengelilingi area mesin untuk mengeluarkan hawa panas dan akan di dinginkan melalui kisi-kiki radiator dan berputar kembali kearea mesin, begitu seterusnya.

Penyebab air radiator mendidih dan menyembur keluar

Tak sedikit temen-temen yang mengalami ari radiator tiba-tiba mendidih dan menyembur keluar dari tabung pengisian. Jika hal ini terjadi indikator temperature pada speedometer akan naik keatas, dalam suhu normal jarum temperature ini akan stabil ditengah. Nah berikut adalah beberapa penyebabkan air radiator panas dan muntah

1. Kebocoran pada gasket silinder

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Penyebab tiba-tiba air radiator mendidih dan meluap pertama bisa karena paking gasket mengalami kerusakan. Hal ini bisa dicek melalui munculnya gelembung udara yang keluar dari pendingin atau busa di reservoir ekspansi.

Gasket yang rusak akan mempengaruhi kemampuan pompa air untuk mengalirkan cairan pendingin coolant ke area mesin. Dampaknya tentu panas pada mesin akan berlebih sehingga air akan mendidih dan bisa menyembur keluar jika suhunya terlalu panas.

2. Thermostat tidak bekerja dengan baik

Air radiator yang mendidih juga bisa disebabkan oleh thermostat yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Mengingat tuhas thermostat  adalah mendeteksi suhu oanas dan diraancang untuk membuka pendingin dalam mesin saat suhu mesin mulai panas.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Fungsi lain dari thermostat adalah mendorong cairan pendingin collant dari dalam radiator mengalir ke dalam mesin dan kembali lagi ke radiator untuk didinginkan agar suhu temperatir di ruang bakar tetap stabil.

Jikoa komponen thermostat ini mengalami masalah, tentu berpotensi menjadi penyebab mesin overheating, sehingga jika air radiator tiba-tiba mendidih kemungkian besar thermostat rusak, jadi cek terlebih dahulu untuk memeastikanya.

3. Rusaknya tutup radiator

Meski terlihat sepele tutup radiator memiliki fungsi lebih yang tidak kamu ketahui. Tutup radiator terdiri dari tiga seal independen yang terdiri dari seal utama, tekanan dan segel balik. Ketiga lapisan yang ada di tutup radiator tersebut berfungsi mengontrol tekanan, ekspensi dan aliran cairan pendingin ke saluran sisem radiator.

Apabila tutup radiator sudah tidak berfungsi dengan baik, tentu bisa menjadi penyebab air radiator mendidih, karena sirkulasi yang tidak tepat dan panas berlebih akan terjadi saat tutup radiator tidak dalam kondisi terbaik. Untuk mengeceknya kamu bisa melihat per yang ada dibalik tutup, jika sudah kehilangan elastisitasnya besar kemungkinan mengalami kerusakan.

4. Kipas radiator mati

Fungsi kipas pada radiator adalah untuk mendinginkan cairan yang masuk keruang kisi-kisi ac kemudian dialirkan kembali keruang mesin dan berputar seterusnya.

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Jika kipas ini mati atau hidup tapi berputar sangat pelan maka proses pendingin air radiator coolant akan terhambat sehingga mesin akan cepat panas overheat, dan parahnya air radiator akan ikut mendidih dan muntah keluar dsri tangki penyimpanan.

Selain mendinginkan air radiator, fungsi kipas disini juga bisa menjaga suhu mesin tetap stabil dan tidak mengalami overheat saat menempu jarak jauh.

5. Cairan pendingin habis

Sebelum menempuh jarak yang cukup jauh kamu perlu mengontrol ketersediaan air radiator pada tangi penyimpanan, jika volumenya kurang kamu bisa mengisinya kembali hingga level batas pengisian dan pastikan tidak ada kebocoran baik pada selang atau bak pengisian.

Baca juga Cara Menghilangkan Bekas Lem Alteco Pada Cat Mobil 

Jika cairan radiator ini habis tentu tidak ada air yang mengalir ke area mesin untuk mendinginkanya, sehingga mesin akan cepat panas dan mengalami overheat yang menimbulkaan air radiator mendidih dan indikator pada speedometer akan meningkat.

Untuk menghindari air radiator habis ditengah jalan, sebaiknya cek ketersediaan air pendingin ini setelah mobil berjalan 3 sampai 4 jam terutama pada kendaran tuaa yang mesinya lebih cepat panas.

6. Radiator tersumbat

Penyebab air radiator tiba-tiba mendidih juga bisa disebebkan karena radiator tersumbat. Ya.. Seiring dengan lamanya pemakian kerak dan lumpur akan mengendap dan mumpuk pada kisi-kisi radiator, jika tersumbat tentu sirkulasi air jadi terhambat sehingga proses pendingin mesin pun terganggu.

Kerak dan lumpur pada radiator berasal dari air yang kita gunakan yang mengandung mineral tinggi sehingga lama kelamaan akan menimbulkan kerak dan kotoran yang menyebabkan sumbatan, bahkan bisa menyebakan korosi. Jidi agar radiator tetap bersih sebaiknya gunakan air pendingin dari coolant.

Jika radiator sudah tersumbat kamu perlu membersihkan radiator tersebut dan perlu melalu proses korok radiator agar benar-benar bersih dan kerak terangkat. 

Nah temen-temen demikianlah beberapa penyebab air radiator mendidih dan menyembur keluar yang menyebabkan mesin cepat panas atau overheat. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas