Ciri ciri dan Perbedaan Oli Mesran Super Asli dan Palsu

Ciri ciri dan perbedaan oli mesran super ali dan palsu - Hallo dulur... Motor merupakan salah satu kendaraan yang saat ini masih digemari masyarat untuk menunjang aktifitas sehari-hari seperti berangkat kerja dan lain sebagainya. Bukanya tanpa alasan, dibandingkan dengan mobil perawatan roda dua ini lebih gampang dengan biaya paajak yang murah.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Agar motor kamu tetap dalam performanya perawatan perlu rutin perlu dilakukan sehingga tidak mengalami trobel saat menempuh jarak yang cukup jauh. Salah satu perawatan yang perlu kamu lakukan adalah rutin melakukan penggantian oli mesin setiap dua bulan sekali atau selama jarak tempuh 2500 hingga 3000 km.

Dengan mengganti oli secara teratur tentu membuat mesin menjadi lebih awet, tidak cepat panas, tarikan lebih enteng dan mudah berakselerasi. 

Penggunaan pelumas mesin juga tidaklah asal, pilihlah oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor kamu apakah diformulasikan buat matic atau bebek. Pasalnya jika keliru dalam pengguaan tentu membuat performa mesin menurun dan pelumas lebih cepat aus atau gosong.

Selain penggunaan, pemakian pelumas juga tisak boleh asal. Pasalnya saat ini marak beredar oli palsu yang menggunakan kemasan dan merk ternama agar para pembeli tidak mencurigainya. 

Ya.. Oli palsu dibuat dari daur ulang atau dibaut dari oli bekas tap tapan berwarna hitam yang dijernihkan kembali agar mirip aslinya. Jika digunakan tentu saja oli palsu ini berdampak buruk pada mesin, jangka panjangnya membuat suara mesin lebih kasar, cepat panas dan membuat piston lebih cepat aus.

Ciri ciri dan perbedaan oli mesran super asli dan palsu

Salah satu oli yang marak dipalsukan adalah brand dari mesran dengan kemasan warna merah terang. Pelumas KW ini memang sulit dibedakan, pasalnya dari segi kemasan dan stiker 99% mirip aslinya. Nah agar tidak salah pilih, berikut merupakan beberapa ciri ciri oli mesran asli dan kw yang perlu kamu ketahui.

1. Kondisi kemasan/botol


Perbedaan pertama yang bisa kita lihat adalah dari botol kemasan, dimana mesran super palsu botol kemasanya cenderung lebih tipis dan kamu saat ditekan.

Sementara mesran super yang asli botol kemasanya terbuat dari plastik yang lentur dan tebal tanpa ada kecacatan sedikitpun pada kemasan tersebut.

2. Kondisi stiker


Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Dibandingan dengan yang asli stiker yang menempel pada botol castrol kw warnanya cenderung lebih pucat seperti pudar dan gampang sekalai saat stiker kita lepas. 

Perbedaan kedua ini memang sulit jika dilhat hanya dengan kasap mata, namun jika diperhatikan dengan teliti dan lebih dekat jelas stiker pada oli palsu kurang rapi bahkan ada yang terpasang dengan posisi miring.

3. Kondisi segel pada tutup kemasan


Ciri oli palsu lainya yang bisa kita lihat adalah pada tutup kemasan, dimana yang asli merekat lebih kuat dengan segel yang rapet, rapi dan mudah saat dibuka meski hanya dibukul dengan obeng sekalipun.

Baca juga 5 Perbedaan Oli Yamalube Super Sport Asli dan Palsu

Sementara yang palsu tutup botolnya cenderung lebih keras/kaku sehingga sulit untuk dibuka dengan segel tutup kemasan yang kurang rapi dan rapet.

4. Warna oli


Baca juga Kinclong mana? Perbedaan Kit Paste Wax Warna Biru dan Kuning

Perbedaan selanjutnya bisa kita lihat pada warna oli, dimana castrol asli warnanya kuning ke emasan dan bening. Sementara yang palsu warna olinya lebih kuning kecoklatan khas warna oli bekas yang sudah terbakar dengan teksur yang cenderung lebih kental.

Saat oli castrol palsu warna olinyaa memang bening namun dibagian oli yang paling bawah akan meninggalkan endapan seperti lumpur. Sehingga jika oli palsu ini digunakan maka akan cepat sekalu aus kaarena pada dasarnya oli kw ini oli bekas yang di daur ulang.

Sementara dari segi harga, jelas oli palsu ini lebih murah dan untuk peredaranya banyak dijual ditoko spare part/onderdil bahkan di toko-toko besar pun terkadang ada yang menjualnya.

Nah temen-temen demikianlah beberapa ciri ciri dan perbedaan oli mesran super asli dan palsu yang perlu kamu ketahui agar performa mesin kamu lebih awet dan stabil. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas