Review Perbedaan Oli Enduro Racing dan Yamalube Sport

Perbedaan oli enduro racing dan yamalube sport - Hallo dulur.. Dengan memiliki kendaraan pribadi tentu akan memudahkan kamu berpergian kesuatu tempat lebih cepat ketimbang naik transportasi umum seperti bus dan lainya. Ya.. Dibanding dengan mobil, motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia karena lebih lincah, cepat dan yang lebih penting adalah bisa masuk gang yang sempit sekalipun.

Nah, agar motor kamu lebih awet dan tidak rewal ditengah jalan kinerja mesin perlu dijaga dengan melakukan servis secara berkala untuk mengetahui beberapa komponen yang sudah aus dan perlu diganti agar berkendara makin aman dan nyaman.

Yang tak kalah penting adalah penggantian oli mesin secara terjadwal atau setelah jarak tempuhnya 2500-3000 km. Hal ini dilakukan untuk menjegah terjadinya kerusakan pada mesin motor. Terlambat mengganti oli akan menyebabkan mesin lebih cepat panas dan tidak dapat mendinginkan mesin dengan baik sehingga membuat performa motor kamu menurun.

Penggunaan oli pun tak boleh asal, sesuaikan dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin motor kamu. Parahnya, saat ini marak beredar oli palsu yang dibaut dari daur ulang oli bekas tap tapan. Tentu saja jika oli kw ini sampai masuk ke dalam mesin motor kamu bisa membuat suara mesin terdengar lebih kasar karena tidak mampu melumasi komponen dengan baik. Jangka panjangnya bisa membuat komponen di dalamnya lebih cepat aus.

Perbedaan oli enduro racing dan yamalube sport

Nah salah satu merk oli populer yang banyak dipakai baikers tanah air adalah oli Pertamina Enduro Racing dan Yamalube Sport.. Sesuai dengan namanya kedua oli ini memang diformulasikan khusus buat motor sport yang butuh aksilerasi tinggi. Lantas apa yang menjadi pembeda kedua oli ini ? Berikut penjelasanya.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Perbedaan bahan

Perbedaan pertama adalah dari segi bahan, dimana oli Enduro Racing dibuat dari bahan dasar sintetik. Sedangkan Yamalube Sport terbuat dari bahan dasar semi sintetik.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Oli semi sintetik adalah Oli yang terbuat dari bahan dasar minyak bumi dengan ditambah zat adiktif. Jadi dari  segi bahan Enduro Racing lebih unggul karena sudah berbahan dasar sintetik.

Beda spesifikasi

Spesifikasi oli Enduro Racing adalah SAE 10W- 40 / API SL dan untuk Yamalube Sport adalah 10W-40 /API SL. 

Kedua oli sport ini memang memiliki spesifikasi sama, yang membedakan adalah pada stadarisasi JASO Japan Auto Standar Organization. Untuk Endoro Racing JASOnya adalah JASO FA2. Pada oli dengan spesifikasi JASO FA2 kemampuan melumasinya jauh lebih baik dari pada JASO FA dan tidak menggangu kinerja kopling dan tidak membuat kampas kopling mudah selip.

Sementara untuk Yamalube Sport memiliki standarisasi JASO FA saja. Jadi untuk spesifikasi masih unggul Enduro Racing dari Yamalube Sport.

Kesimpulan

Jadi bisa disimpulkan oli Enduro Racing lebih unggul dari Yamalube Sport, baik dari segi bahan serta spesfikasinya.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Penggunaan pelumas dengan spesifikasi yang bagus untuk membuat performa mesin lebih meningkat, mudah berakselerasi dan tidak membuat kopling selip, tak heran jiga Enduro Recing banyak dipakai untuk kebutuhan balap yang butuh kecepatan.

Jadi buat kamu yang masih memakai Oli Yamalube Sport atau merk lain dan berkeinginan untuk beralih menggunakan Enduro racing kamu bisa menguras terlebih dahulu oli yang ada di dalam mesin sampai habis sehingga oli yang dulu kamu pakai tidak tercampur dengan pelumas yang akan kamu gunakan karena beda merk.

Nah, demikianlah perbedaan oli mesin Enduro Racing dan Yamalube Sport untuk pelumas motor kamu. Jadi ada baiknya kamu menggunakan pelumas sesuai dengan spesifikasi mesin motor kamu sehingga masa pakainya lebih awet. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas