Cara Mengatasi Kick Starter Matic Macet Tidak Bisa di Engkol

Cara mengatasi kick starter matic macet tidak bisa di engkol - Hallo dulur… Sebagian besar baikers tahan air lebih banyak memilih menggunakan starter elektrik untuk menyalakan mesin terutama pada kaum hawa. Karen acara ini terbilang lebih praktis, cepat ketimbanag memakai kick starter. Pasalnya bila pakai engkol starter untuk  menyalakan mesin, motor perlu distandar tengah dulu baru bisa diengkel.Terlalu ribet dan butuh tenaga lebih.

Kebiasan menggunakan electric starter untuk menyalakan mesin bisa terganggu bahkan tidak bisa dipakai kembali apa bila aki sudah soak sehingga mau tidak mau kita menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor. Namun tak sedikit yang mengeluhkan saat akan digunakan kick starter malah ngelos alias atau bahkan macet, sehingga terasa keras saat ditekan.  

Kick starter Motor

Bisa dikatakan kick starter merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah motor yang menjadi alternative kedua untuk menyalakan mesin motor. Komponen ini lebih dikenal masyarakat dengan sebutan starter manual. Namun Kick starter ini sudah tidak tersematkan lagi pada kendaraan matic keluaran terbaru seperti pada motor Nmax, PCX dan lainya, Tentu ini akan merepotkan jika kondisi aki telah lemah.

Penyebab kick starter motor matic macet tidak bisa diengkol

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Kejadian kick starter motor matic atau bebek ngelos dan macet bukanlah hal baru, pasalnya para baikers tahan air pernah mengalaminya terutama pada kendaraan yang usianya sudah 5 tahun lebih.  Lantas apa yang jadi penyebab starter manual motor tidak bekerja ? Berikut ulasanya dibawah ini.

1. Engkol starter yang mulai kotor karena banyaknya tumpukan debu dan kotoran yang masuk sehingga seret saat akan digunakan.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

2. Pelumas yang mulai mengering juga bisa menyebabkan starter engkol menjadi keras dan menyebabkana timbulnya karat pada per kick starter.

3. Penyebab lain starter engkol macet dan keras adalah disebabkan tumpukan karat akibat jaraing dibersihkan atau dicuci setelah kehujuanan.

Dari ketiga penyebab tersebut, mungkin karatlah yang menjadi penyebab kuat starter manual tidak berfungsi. Hal tersebut tidak lain karena keberadaan kick starter sangatlah jarang digunakan karena para pengguna lebih memilih memakaia starter elektrik untuk menyalakan mesin karena lebih simpel, cepat tanpa tenaga lebih.

Nah jika saat ini starter engkol motor kamu macet, berikut tips cara memperbaikinya sendiri tanpa perlu repot ke bengkel.

Cara mengatasi kick starter matic macet tidak bisa di engkol

1. Agar kick starter dapat digunakan kembali seperti semula, kamu perlu membuka box CVT dengan bantuan kunci T 8. Jika sudah terbuka bersihkan tumpukan debu, kotoran dan karat yang menempel disekitar area kick starter bagian dalam. Bersihkan menggunakan bensin dengan kuas cat. Jika ada karat gunakan cairan anti karat semacam WD-40 untuk merontokanya.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

2. Setelah bersih, sebelum dipasang kembali kami sarankan untuk memperikan pelumas pada bagian per stopper dan alur gir penghubung sehingga saat di engkol akan lebih enteng.

3. Jangan lupa untuk mempersihkan bagian luarnya, semprotkan cairan WD-40 pada lubang kick starter atau bisa mencucinya dengan bensin.

Sebelum digunakan kembali, kami sarankan untuk menggunakan kick starter beberapa kali pada poisis kunci off. Hal ini bertujuan agar perlumas yang kamu tuangkan pada gigi dana per menyebar kesmua sisi. 

Nah demikianlah tips cara mengatasi kick starter matic macet tidak bisa di engkol dan ngelos yang bisa kamu perbaiki sendiri dirumah. Agar tidak kembali rusak, ada baiknya untuk menggunakan starter engkol ini setidaknya 2 atau tiga hari sekali. Sekian, semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas