Tips Mengganti Ukuran Roller Mio Sporty Biar Kenceng



Tips Mengganti Ukuran Roller Mio Sporty Biar Kenceng - Hallo dulur... Motor matic keberadaanya saat ini memang mengalahkan jenis bebek. Bukanya tanpa alasan, kendaraan matik lebih gampang dioprasikan sehingga saat membawa barang bawaan terasa lebih nyaman dan tarikan yang tak mau kalah dengan motor manual atau sport. Bahkan pada merk tertentu dibekali mesin bercc besar seperti Honda PCX atau Yamaha Nmax.


Nah beberapa motor matic lama yang saat ini masih banyak di incar pecinta motor bekas adalah Mio Sporty. Ya.. Mio merupakan salah satu jenis matik Yamaha yang diproduksi sejak awal 2003 hingga 2008. Sejak kemunculanya matic Yamaha ini memang digemari masyarakat terutama kaum hawa, bahkan penjualanya mengalahkan Yamaha Nuvo yang diperkenalkan terlebih dahulu.

Seiring berjalanya waktu generasi Mio mengalami perobakan dimana yang awalnya masih menggunakan karburator, kemunculan Yamaha mio terbaru seperto Mio M3 atau Mio J saat ini sudah menggunakan system injeksi untuk proses pembakaaraanya sehingga lebih irit bbm dan semakin gesit.

Seperti yang kita tahu Jenis motor matic memakai CVT sebagai pengeraknya atau pengganti rantai seperti pada motor manual. Pada box CVT terdiri dari beberapa komponen yang bekerja saling keterkaitan seperti keberadaan fan belt dan roller.

Roller merupakan komponen yang berada di dalam pulley dengan ukuran berbeda pada setiap jenis dan kapasitas mesin kendaraan matic. Namun umunya roller memiliki ukuran 8 gram hingga ukuran 18 gram. Masa pakai roller mampu bertahan 20.000 km hingga 25.000 km-an tergantung merk yang kamu gunakan, jika masih ori bawaan pabrik tentu bisa bertahan lebih lama.

Namun meski roller belum menyentuh masa pakai atau dalam kata lain kondisinya belum aus, ternyata tak sedikit yang mengganti roller ke ukuran tertentu agar tarikan motor lebih enteng sehingga nyaman buat aktifitas sehari-hari.

Mengganti ukuran roller mio sporty biar kenceng

Menggubah ukuran roller standar dengan racing juga bisa membuat mio sporty lebih kenceng meski usianya sudah sepulih tahun lebih.


Acuan mengubah ukuran roller

Bila ingin mengganti ukuran roller, ada beberapa acuan tersediri yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, berikut penjelasanya.

1. Gunakan roller yang lebih ringan dari berat roller standar untuk mengejrar akselerasi (Tarikan lebih enteng pada putaran bawah)

2. Gunakan ukuran roller yang lebih berat daru berat roller sebelumnya (standar) untuk memberi kecepatan top speed(lebih maksimal padaa putaran atas)

 
Nah dari acuan diatas, setidaknya kita bisa mengetahui bahwa untuk menentukan berapa ukuran roller agar tarikan motor matic mio sporty biar kenceng maka kita perlu tahu terlebih dahulu ukuran dari roller motor matic kita.

Berikut adalah beberapa daftar ukuran roller standar dari motor matic Yamaha Mio yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum menggantinya.

Yamaha Mio GT 9.5 gram

Yamaha Mio J 9,5 gram

Yamaha Mio Soul 10,5 gram

Yamaha Mio 11 gram

Yamaha Mio M3 10 gram

 Yamaha Mio Smile 10,5 gram

Mengganti ukuran roller mio sporty biar kenceng


Nah dari acuan diatas, setidaknya kita bisa mengetahui bahwa untuk menentukan berapa ukuran roller agar tarikan motor matic mio sporty biar kenceng maka kita perlu tahu terlebih dahulu ukuran dari roller motor matic kita.


Sudah kami singgung sebelumnya bahwa untuk menentukan ukuran roller agar tarikan mesin lebih enteng pada putaran bawah, maka kamu perlu mengerahui terlebih dahuluberapaa ukuran roller standar dari matic yang kamu gunakan.

Nah agar tarikan matic Mio Sporty kamu lebih enteng dan kencang maka kamu bisa mengganti ukuran roller yang lebih ringan dari sebelumnya. Misal jika roller standar ukuranya 9,5 gram maka kamu bisa menggantinya dengan yang lebih kecil yakni 8 gram. 

Ganti roller secara keseluruhan dan jangan diseling agar tidak terjadi keausan yang berdampak fatal pada CVT.

Roller sendiri sering diukur berdasarkan satuan berat yakni gram, jadi untuk menentukan ukuran roller yang sebelumnya gunakan kita tinggal menimbang roller tersebut (ingat yang ditimbang hanya satu buah roller saja).

Kesimpulan

Jadi bisa kita simpulkan untuk membuat tarikan motor matic mio biar kenceng, kita perlu mengganti ukuran roller yang lebih ringan dari ukuran roller standarnya.

Nah, demikianlah artikel mengenai mengganti ukuran roller mio sporty biar kenceng tanpa boros bbm. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya. Selalu utamakan safety dalam berkendara iya sob...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas