Cara Mengatasi Kunci Honda Vario 150 Tidak Bisa Diputar

Cara mengatasi kunci Honda Vario 150 tidak bisa diputar - Hallo dulur... Seiring berjalanya waktu teknologi teknologi canggih juga ikut berkembang tak terkecuali pada dunia otomotif baik roda empat atau roda dua. Misal pada sepeda motor saat ini sudah menggunakan fitur smart key dimana menyalakan mesin tanpa mengunakan kunci kontak seperti yang terdahulu. 

Dibandingkan kunci lama yang menggunakan magnet, fitur smart key diklaim lebih aman dari pihak pencurian karena dilengkapi pula alarm yang akan menyala dengan sendirinya saat sisi body mengalami benturan atau sengolan. Tentu ini sangat membantu kamu saat parkit ditempat yang sepi.

Namun sama halnya dengan perangkat elektronic lainya terkadang difur knop smart key juga tak luput dari permasalahan. Beberapa trobel yang sering terjadi adalah knop smart key macet dan tidak bisa diputar, jika hal ini terjadi otomatis mesin tidak bisa dinyalakan.

Selain karena lamanya pemakian banyak faktor yang menyebabkan knop pada motor Vario ini tidak berfungsi. Ya.. Penyebabnya utamanya adalah tumpukan kerak yang menumpuk sehingga knop terasa berat bahkan macet saat diputar. 

Mengapa bisa muncul kerak ? Hal ini bisa terjadi saat kita sedang mencuci motor dan tak sengaja air sabun masuk kedalam sehingga lama kelamaan akan menyebabkan tumpukan karat. Jadi agar perangkat elektronik kamu bekerja dengan baik. Lantas bagaimana cara memperbaikinya agar kembali normal ? Berikut penjelasanya.

Cara mengatasi kunci Honda Vario 150 tidak bisa diputar

Menyemprotkan cairan WD-40

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Ya.. Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, penyebab kunci smart key macet dan tidak bisa diputar disebabkan adanya tumpukan kerak sehingga perlu dihilangkan agar bisa diputar kembali.

Kamu bisa menyemprotkan cairan penghilang kerak/karat semacam WD-40 dengan cara menyemprotkanya pada sela smart key. Semprot beberapa kali dan cobalah untuk memutar-mutarnya hingga berfungsi kembali.

Mengencangkan kembali soket smart key

Seiring dengan lamanya pemakian beberapa komponen motor tentu mengalami masalah atau keausan sehingga perlu diganti agar berfungsi dengan baik, tak kecuali pada sistem smart key yang terkadang mengalami masalah.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Ya... Secara tiba-tiba terkadang kunci motor Vario 150 tidak bisa diputar, jika hal ini terjadi tentu menimbulkan rasa panik tersendiri karena motor tidak bisa dinyalakan.

Smart key yang macet biasanya disebabkan beberapa soket mengalami kendor akibat getaran saat motor digunakan.

Untuk memperbaikinya cobalah untuk membongkar body motor kemudian kamu bisa mengeceknya secara langsung pada kabel/soket yang mengarah pada smart key. Jika memang ada beberapa soket yang terlepas atau kendor cobalah untuk mengencangkan kembali agar knop dapat berfungsi kembali.

Mengoyang-goyangkan stang

Jika kunci motor kamu saat ini macet, tidak perlu panik dulu sob, cobalah berfikir tenang dan cara solusinya agar dapat berfungsi kembali.

Baca juga Cara Mencairkan Lem Alteco G Yang Sudah Beku dan Kering

Agar kunci bisa diputar kembali, cobalah untuk mengoyang-goyangkan stang dan dibarengi untuk mencoba memutar kunci beberapa kali. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi kunci motor yang tiba-tiba mendadak macet.

Baterai remot lemah/habis

Seiring penggunaanya baterai pada remot motor smart key juga lemah/habis sehingga bisa menyebabkan knop smart key tidak berfungsi atau tidak bisa diputar untuk menyalakan kelistrikan pada motor.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Jika memang sudah habis cobalah untuk menggantinya dengan yang baru agar remot dapat berfungsi kembali. Ciri baterai remot motor yang sudah lemah ditandai dengan redupnya lampu indikator yang menyala saat kita pencet.

Nah temen-temen, demikianlah beberapa poin cara mengatasi kunci motor Honda Vario 150 tidak bisa diputar beserta penyebabnya. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu, sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas