9 Cara Membuat Tarikan Motor Beat Karbu Lebih Enteng dan Kencang

Cara membuat tarikan motor beat fi lebih enteng dan kencang - Hallo dulur... Seiring dengan lamanya pemakian performa motor tentu berkurang tidak seperti saat masih baru, ditambah lagi jika jarang dirawat atau jarang melakukan servis tentu akan mempercepat kerusakan pada komponen tertentu. Penggantian oli secara rutin bisa kamu lakukan untuk menjaga performa mesin kamu dan untuk jenis matic mengganti oli garden secara berkala juga penting dilakukan.

Honda Beat merupakan salah satu motor matic dengan kapasitas mesin 110cc yang sudah dikeluarkan pihak Honda sejak 2008 silam dan sampai sekarang masih banyak yang menggunakanya untuk berpergian sehari-hari. Namun semenjak 2014 motor beat sudah menggunakan teknologi FI atau Injeksi untuk system pembaakaranya, sehingga lebih irit dan gesik dibanding yang masih karburator.

Dari segi performa beat karbu dan injeksi jelas berbeda, sementara untuk urusan perawatan sebetulnya tak jauh beda ya masbro. Hanya saja biaya untuk perbaikian system injeksi lebih mahal dan tak semua bengkel bisa melakukanya. Namun yang menjadi permasalahan adalah kapasitas mesin motor beat terlalu kecil sehingga tarikan motor terasa berat terutaama saat putaran bawah.

Sebetulnya untuk mengembalikan tarikan motor beat kembali enteng bisa kita lakukan dengan melakukan servis. Namun agar performa mesin lebih optimal anda perlu mengganti beberapa parak tertentu yang telah aus. Lantas apa saja yang perlu diganti ? Untuk mengetahuinya simak penjelasanya dibawah ini.

Cara membuat tarikan motor beat karbu lebih enteng dan kencang

Mengganti roller CVT

Berbeda dengan motor manual yang menggunakan rantai, performa motor matic sangat tergantung pada kinerja CVT yang notabennya merupakan system pengerak motor matic. Pada box CVT terdiri dari beberapa komponen yang fungsinya saling keterkaitan.

Baca juga Cara Mudah Mengatur Jam di Speedometer Vario 125&150

Agar menghasilkan performa mesin yang optimal dan tarikan lebih enteng, maka kamu perlu merombak komponen pada box cvt tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan part-part aftermarket yang banyak dijual di took variasi. Lantas apa saja ynag perlu diganti agar tarikan mesin lebih enteng ?

Untuk membuat tarikan honda beat kembali lebih enteng kamu perlu mengganti roller bawaan pabrik dengan ukuran roller yang lebih ringan.

Kamu bisa menggantinya dengan roller berbobot 10 gram unuk mengganti roller bawaab pabrik yang beratnya 15 gram atau lebih besar.

Dengan mengganti ukuran roller yang lebih ringan, maka tarikan motor matic kamu akan lebih enteng. Namun ada hal yang perlu dikorbankan yakni top speet pada putaran atas akan terasa lebih pelan meski gas sudah diputar dalam-dalam.

2. Mengganti per CVT dan per sentrifugal



Mengganti roller cvt bertujuan untuk meningkatkan tarikan putaran bawah sehingga motor semakin lincah dan enteng. Bagi kamu yang mengedepankan kecepatan maka harus mengimbanginya dengan mengganti juga per cvt serta per sentrifugalnya.

Untuk mendapatkan performa terbaik kamu bisa mengganti per cvt dan per sertrifugal dengan kekerasan 1.500 rpm sehingga tarikan motor beat kamu akan lebih enteng dengan kecepatan yang selalu terjaga. Semua komponen tersebut bisa kamu dapatkaan ditoko variasi.

Sebagai alternatifnya kamu bisa memberli paket upgrade CVT Honda Beat yang banyak tersedia ditoko online dengan kisaran harga 400 sampai 600 ribuan dengan paket yang terdiri dari mangkok kampas ganda, roller, per cvt dan per sentrifugal.

3. Menggunakan noken as racing


Cara membuat tarikan honda beat lebih enteng dan kencang berikutnya adalah adalah dengan menggunakan noken as racing. Fungsi noken as adalah untuk mengatur buka tututp klep sehingga berperan penting terhadapat performa mesin motor kamu. 

Baca juga Tips Cara Setting Karburator Honda Beat Biar Irit Bensin

Namun sayangnya harga noken as racing buat motor Honda Beat ini masih cukup mahal yakni kisaran 400 sampai 500 ribuan belum termasuk ongkos pasanagnya.

Ada beberapa merk noken as yang bisa kamu pakai buat motor Honda beat, diantaranya BRT Racing, VIP Racing atau Kawahara. Ketiga merk tersebut memang menjajikan sebuah performa yang signifikan sehingga membuat tarikan beat yang berat kembali lebih enteng.

4. Menaikan rasio kompresi


Cara lain untuk membuat tarikan motor beat lebih kencang adalah dengan menaikan rasio kompresi mesin, cara ini hanya bisa dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Jadi pastikan kamu mendatangi bengkel yang memang paham betul seputar mesin.

Pasalnya kesalahan dalam menaikan rasio mesin cukup berbahaya, sebeb butuh perhitungan yang pas agar untuk mendapatkan settingan yang sempurna. Apabila setingan pas, tarikan motor kamau akan menjadi lebih enteng sehingga membuat motor melaju lebih cepat.

5. Mengganti kampas kopling racing


Meski ukuranya kecil, namun keberadaan kampas ganda kopling sangat berpengaruh terhadapat performa motor matic kamu. Per ini menjadi bagian dari komponen transmisi pada box cvt Honda Beat. Nah agar tarikann mesin bisa lebih enteng, kamu bisa mengganti per bawaan pabrik dengan per kampas kopling racing merk KTC Kytaco atau produk lainya.

Baca juga Cara Alami Menghitamkan Body Motor Matic Secara Permanen

Kelebihan menggunakan per kampas kopling racing adalah memiliki nilai rpm lebih tinggi.Ada beberapa pilihan yang terdiri dari 1.000 rpm, 1.500 rpm dann 2.000 rpm. Maka Semakin tinggi nilai angkanya, maka semakin keras pernya. 

Pemakian perkampas kopling juga tidak boleh asal, apabila mesin masih standar kami sarankan untuk memakai yng 1.000 rmp atau maksimal 1.500 rpm.

6. Ganti oli secara berkala


Ada beberapa penyebab mengapa tarikan motor honda beat menjadi lebih berat dan mesin cepat panas, salah satunya adalah karena oli yang dipakai sudah melebihi batas pakainya dan perlu diganti dengan yang baru.

Baca juga [TERUNGKAP] Cara Membedakan Oli MPX 2 Asli dengan Oli Palsu

Seharusnya penggantian oli mesin bisa diganti selama-lamanya sekitar dua bulanan atau saat jarak tempuh motor sudah menyentuh angka 2.000 sampai 3.000 km, mana yang tercapai terlebih dahulu. 

Selain membuat tarikan mesin menjadi lebih berat juga membuat mesin lebih cepat panas, sebab tingkat kekentalan oli sudah menurun dan parahnya bisa membuat konsumsi bbm lebih boros. Sehingga agar perfoma mesin selalu stabul lakukan penggantian oli secara terjadwal.

Lantas oli apa yang sesuai buat motor Honda Beat ?

Ada beberapa merk oli yang bisa kamu pakai buat motor Beat kamu. Sebetulnya PT Astra Honda Motor AHM sudah menyedian oli khusus buat motor honda yakni AHM SPX-2 dan MPX 2 yang spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin motor honda.

7. Menggunakan CDI Racing


Bagi kamu yang masih pakai beat karburator kami sarankan untuk mengganti CDO bawaan pabri dengan CDI racing agar tarikan lebih enteng dan kencang. Setidakanya ada beberapa merk yang bisa kamu pilih, salah satunyaa yang terbaik dan paling banyak dipakai adalah CDI BRT Powermax Hyperband.

CDI BRT Powermax Hyperband bisa kamu pakai buat mesin motor beat yang masih standar pabrik atau yang sudah di tune up guna kebutuhan balap. Penggunaan CDI tersebut akan mengoptimalkan system pengapian honda beat kamu sehingga performa mesin dapat meningkat.

Meski harga CDI racing tidaklah murah, namun sebanding dengan performa yang didapat. Tarikan motor akan jauh lebih enteng dan kemampuan berakselerasinya semakin optimal.Sebab performa mesin motor sangat berpengaruh dengan pengapian yaitu CDI.

8. Bore up mesin


Bore up mesin juga menjadi salah satu langkah untuk emmbuat tarikaan motor matic kamu terasa lebih enteng, namun cara ini cukuplah beresiko. Jadi sebelum melakukanya sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dampak buruknya dikemudian hari. Jika asal bore up tanpa perhitungan matang justru membuat mesin jebol.

Ada beberapa komponen mesin yang perlu diganti saat melakukan bore up, seperti cylinder head, piston, ring piston, dan klip piston.

9. Mengganti throttle body


Satu cara lagi untuk membuat tarikan honda beat kamu semakin lebih enteng yakni dengan mengganti thorettle body bawaan pabrik. Kamu bisa menggantinya dengan throttle body milik Vario 150 yang ukuran diameternya lebih besar.

Sebagai pertimbangan, diameter throttle body bawaan motor beat lama adalah 19mm dan untuk yang sudah eSP memiliki  diameter 22mm. Sedangkan diameter Throttle body Vario 150 ukuranya mencapai 26mm.

Tujuanyan mengganti throttle body yang lebih besar disini adalah agar asupaan udara yang masuk ke ruang mesin jumlahnya semakin bertambah sehingga jumlah bahan bakar yang disemprotkan oleh injector semakin lebih besar. 

Namun cara penggantian throttle ini cukup rumit dan ribet, sebab dudukan intake Honda Beat berbeda dengan Vario 150 sehingga perlu melakukan penyesuian agar bisa dipasang.

Nah demikianlah beberapa penjelasan dari cara membuat tarikan motor beat karbu lebih enteng dan kencang saat berakselerasi. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa membantu kamu, sekian semoga bermanfaat dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas