6 Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak

Penyebab ac mobil kadang dingin kadang tidak - Hallo dulur… Keberadaan AC sangat dibutuhkan untuk mendinginkan ruang kabun yang terasa sumpuk dan panas saat siang hari. Kondisi kabin yang sejuk tentu berkendara akan semakin nyaman tanpa khawatir kaca depan beraksi ngembuan saat musim hujan. Namun seiring lamanya pemakian terkadang mesin pending ini tidak berfungsi dengan normal.

Beberapa permasalahan yang kerap terjadi pada AC mobil yang kerap terjadi adalah saat dinyalakan justru udara yang keluar terasa panas, kadang dingin kadang tidak atau kurang dingin pada siang hari. Trobel ini kerap terjadi pada kendaraan lawas yang memang beberapa komponenya terlah aus.

Sebaiknya rawatlah mesin pendingin kabin ini, pasalnya biaya perbaikan ac mobil yang tidak dingin pada siang hari cukup mahal bahkan bisa menyentuh angka jutaan jika kerusakanya cukup parah seperti harus mengganti kompresor atau kerusakan pada system radiatornya. Kalaupun hanya penggantian atau isi ulang freon saja sih cuman 200 ribuan. Namun sebelum memutuskan untuk mengisi freon kembali sebaiknya cek apakah ada kebocoran atau tidak sehingga freon tidak cepat habis dalam jangka depat.

Penyebab ac mobil kadang dingin kadang tidak 

Nah berikut adalah beberapa penyebab ac mobil tiba-tiba kadang dingin kadang tidak yang membuat jengkel saat berkendara diwaktu siang hari yang sedang panas-panasnya. Berkut ulasanya.

1. Freon mulai berkurang atau usianya sudah tua

Baca juga Cara Termudah Menghilangkan Bekas Double Tape 3m Pada Body Mobil

Mesin pendingin tak lepas dari yang namanya freon, dimana freon ini berfungsi untuk mendukung komprrsor ac agar dapat menghisap, mencairkan serta menyebarkan udara dingin yang dibembuskan oleh blower.

Jika kendaraan kamu mengalami masalah ac seperti kadang dingin kadang tidak atau bahkan sama sekali tidak dingin bisa mengecek langsung ketersedian gas freon ini.

Jika memang sudah habis atau jumlahnya berkurang kamu bisa melakukan pengisian ulang agar ac kembali dingin kembali.  Sebelum di isi kembali sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ada kebocoran atau tidak sehingga freon kaamu tidak berkurang kembali yang membuat ac tidak dingin kembali. Kamu bisa minta tolong tukang ac untuk mengeceknya secara langsung.

2. Exsra fan kompresor rusak

Kerusakaan pada exsra fan juga bisa menjadi penyebab ac mobil kading dingin kadang panas. Fungsi extra fan adalah menyalurkan udara dingin ke dalam ruang kabin dengan bantuan udara dari blower dan bersirkulasi untuk mendinginkan ruangan yang mulai panas.

Jad, bila extra fan dan bagian dalam kompresor sampai rusak maka udara dingin tidak bisa dipompa dengan baik oleh kompresor sehingga udara dingin yang keluar terkadang tersendat.

3. Evaporator kotor

Baca juga 3 Perbedaan Oli Shell Kuning dan Biru...Mana Yang Unggul

Evaporator merupakan salah satu komponen pada ac mobil yang berfungsi untuk menampung uap dingin yang sebelumnya dihasilkan dari ezpansion valve. Sering dengan usia dan lamanya pemakian evaporator akan kotor dan banyak residu debu yang menumpuk.

Penumpukan debu pada evaporator tentu akan menghalangi uap dingin yang akan keluar lewat blower mobil sehingga sirkulasinya terganggu. Inilah yang menyebabkan ac mobil kamu kang dingin kadang enggak.

4. Filter AC tersumbat


Seiring dengan usia ac mobil dan lamanya pemakian kotoran dan debu akan menmpuk pada filter ac mobil, sehingga cairan freon yang akan disalurkan dari kondensor menuju expansion valve akan terganggu.

Hal inilah yang membuat evaporator hanya dapat menampung uap dingin dari expansion valve dengan kapasitas yang lebih sedikit sehingga udara dalam kabin akan terasa lebih panas akibat mesin pendingin ac tidak bekerja dengan baik.

5. Kerusakan pada magnatic cluth

Kutub magnet atau lebih sering disebut magnetic clutch merupakan salah satu bagian dari kompresor ac dimana berfungsi menghubungkan putaran mesin dengan kompresor lewat vbelt.

Jadi, jika ac mobil kamu tidak berfungsi dengana normal, bisasaja penyebab utamanya adalah kerusakan pada magnetic clutch akibat pengoperasian ac dilakukan tidak benar.

Salah satu contoh misalnya seringnya mematikan dan menghidupkan kembali ac mobil untuk menghemat konsumsi bbm. Sehingga membuat kinerja magnetic clutch mengalami putus sambung.

6. Sekring AC putus/leleh

Agar semua komponen mobil dapat berfungsi dibutuhkan sebuah sekring sebagai penghandar arus listrik dan menghindari korsleting yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

Jika saat ini ac mobil kamu kadang dingin kadang tidak bisa jadi penyebanya adalah kerusakan pada sekring. Seiring dengan usia dan lamanya pemakian tentu sekring akan rusak atau meleleh sehingga terlu diganti agar berfungsi dengan baik.

Jika sekring ini tidak berfungsi dengan baik tentu akan menganggu arus listrik yang mengalir ke mesin komproser, sehingga kinerja kompresor juga terganggu untuk mempompa freon untuk mendinginkan ruang kabin.

Nah temen-temen demikianlah ringkasan dari 6 penyebab ac mobil kadang dingin kadang tidak yang menggangu kita berkendaraan pada siang hari yang sedang panas panasnya. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, sekian dan terimakasih kunjunganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

bengkel cat mobil murah berkualitas